Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Tebar JARING, Desa Sendang Biru Malang Jadi Sasaran OJK

by Rafly Aditia on 5 November, 2015

CekAja.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meluncurkan sebuah program bernama JARING pada bulan Mei lalu dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan para stakeholders terkait informasi database yang dimiliki oleh kelautan dan perikanan, pembiayaan, serta pemetaaan risiko bisnis dan dukungan regulasi dari para otoritas yang terkait.

Untuk itu, OJK melakukan kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) demi meningkatkan pertumbuhan pembiayaan di sektor kelautan dan perikanan.

Kali ini, yang menjadi sasaran OJK adalah Desa Sendang Biru, Malang Jawa TImur. OJK Menjalankan program JARING di Desa Sendang Biru kemarin, Rabu (4/11), dengan beberapa kegiatan yaitu pengenalan produk asuransi nelayan, peluncuran produk simpanan, dan sebagainya.

Melalu kegiatan ini OJK memberikan beberapa pelayanan keuangan seperti pelayanan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif serta penanda tanganan perjanjian kerja sama antara KKP dan OJK.

Setidaknya, ada delapan bank yang melibatkan diri untuk masalah pembiayaan dalam program ini antara lain; Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTPN, Bank Danamon Indonesia, Bank Permata, Bank Bukopin, dan yang terakhir Bank Sulselbar bahkan Industri Konsorium Non Bank juga ikut terlibat dalam program ini.

Data terakhir menyebutkan bahwa penyaluran kredit baru ke sektor kelautan dan perikanan telah mencapai angka 4,41 triliun di bulan September 2015. Hal ini menunjukkan bahwa OJK bersama 8 bank partner terpilih masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus segera direalisasikan karena program ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan pembiayaan sektor KP sebesar 7,2 triliun rupiah atau 66,2 persen dari tahun sebelumnya yang berhasil menyentuh angka 10,8 triliun pada bulan Desember 2014. (*/)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.