12 Tempat Jual Beli Barang Bekas Online Terbaik dan Terlengkap!

8 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Mengetahui tempat jual beli barang bekas online terbaik, ternyata penting loh! Khususnya buat kamu yang sering belanja online, namun tak jarang barang yang didapatkan tidak sesuai, atau kamu yang sedang menekuni bisnis jual beli barang bekas.

Pasalnya, adanya tempat jual beli barang bekas online terbaik, memudahkan para pelaku bisnis barang bekas dalam menjual produknya serta memperluas pasar.

Sementara, untuk masyarakat awam sendiri, keberadaan tempat jual beli barang bekas online terbaik, memudahkan mereka dalam menjual kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai, atau yang disebut dengan istilah preloved.

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja tempat jual beli barang bekas online terbaik, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan daftar beserta ulasan lengkapnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Daftar Tempat Jual Beli Barang Bekas Online Terbaik

1. Carousell

Tempat jual beli barang bekas online terbaik yang pertama adalah Carousell. Meski marketplace yang satu ini lebih banyak diincar oleh konsumen untuk membeli peralatan makeup dan fashion wanita, namun ini juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk jual beli barang bekas.

Bagaimana tidak, aplikasi keluaran perusahaan Singapura ini memberikan banyak kemudahan untuk para penggunanya, dalam melakukan transaksi antara pembeli dan penjual.

Tidak hanya itu, fitur yang disajikan pun sangat beragam, seperti kamera yang bisa langsung digunakan untuk memotret barang, lalu edit foto barang, hingga mengunggahnya di dalam satu aplikasi, yaitu Carousell.

Kemudian, para penjual juga bisa menuliskan keyword pada barangnya, agar mudah ditemukan oleh calon pembeli. Fitur chatting pun dihadirkan, untuk memudahkan aktivitas komunikasi antara penjual dan pembeli.

Buat kamu yang ingin coba berjualan barang bekas di Carousell tidak perlu khawatir, sebab sistem pembayaran aplikasi ini sudah terjamin keamanannya.

(Baca Juga: Cara Sukses Bisnis Barang Bekas)

2. Tokopedia

Berikutnya ada Tokopedia, yang menjadi tempat jual beli barang bekas online terbaik versi CekAja.com. Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia seringkali dijadikan tempat untuk menjual barang-barang preloved, meskipun Tokopedia sendiri bukan marketplace khusus untuk jual beli barang bekas.

Hal tersebut dikarenakan, Tokopedia memberikan fitur-fitur menarik yang dapat dinikmati para penggunanya, baik selaku penjual maupun pembeli.

Untuk pembeli sendiri, mereka akan dimanjakan dengan adanya fitur wishlist. Yang mana, fitur ini bisa digunakan oleh para pembelinya untuk menambahkan barang-barang yang diinginkan atau yang hendak dibeli.

Selain memudahkan para pembeli, fitur ini juga menguntungkan para penjual, karena para penjual akan mendapatkan notifikasi otomatis dari Tokopedia, apabila ada calon pembeli yang ingin atau sudah membeli produknya.

3. Shopee

Selain Carousell dan Tokopedia, Shopee juga menjadi salah satu tempat jual beli barang bekas online terbaik. Ini dikarenakan, Shopee menjadi marketplace terlengkap, karena kamu bisa menemukan berbagai macam barang dengan harga yang murah di sini, tidak terkecuali barang bekas.

Disediakannya fitur chat, membuat alur komunikasi antara penjual dan pembeli menjadi lancar. Tidak hanya itu, Shopee juga memiliki fitur review dan rating, yang bisa diisi oleh pembeli sebagai bentuk penilaian terhadap kualitas barang yang dijual.

Dengan begitu, penjual dapat tahu apa saja yang harus ditingkatkan atau diperbaiki dari produk yang dijualnya.

4. OLX

Siapa yang tidak tahu OLX? Rasanya tidak ada. Sebab, e-commerce yang dahulunya bernama tokobagus.com ini, sejak awal kehadirannya memang sudah dikenal sebagai tempat jual beli barang bekas online terbaik dan terpercaya.

Pada aplikasi ini, para penjual diberi kebebasan untuk menjual berbagai jenis barang bekas, mulai dari barang elektronik, pakaian, properti, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya yang masih layak jual dan pakai.

Dengan demikian, para pembeli pun bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis barang bekas yang dibutuhkan.

Belum selesai sampai disitu, buat kamu yang ingin menjual barang bekas namun tidak tahu berapa harga jual yang akan diberikan, jangan khawatir.

OLX akan memberikan saran kisaran harga untuk barang yang akan kamu jual. Jadi, kamu tidak perlu lagi bingung memikirkan berapa harga jual yang akan diberikan.

5. Kaskus

Meski dikenal sebagai forum diskusi, Kaskus juga ternyata memiliki aplikasi jual beli. Yang mana, aplikasi ini membebaskan para penjualnya untuk menjual barang-barang yang masih baru, ataupun yang sudah bekas.

Forum yang sudah sangat dikenal dengan sebutan gan untuk pengguna pria, serta ganwati untuk pengguna wanitanya ini, memiliki keunggulan berupa sistem transaksi yang aman dan nyaman.

Terlebih, dihadirkannya fitur private message membuat aktivitas komunikasi antara penjual dan pembeli menjadi lebih mudah.

6. BelanjaBekas

Bagi sebagian orang, BelanjaBekas mungkin menjadi tempat jual beli barang bekas yang asing didengar. Hal itu dikarenakan, BelanjaBekas hanya tersedia di Play Store saja.

Lebih dari itu, BelanjaBekas yang berdiri di bawah salah satu perusahaan distributor barang elektronik ini, pada awalnya juga hanya berfokus pada barang-barang elektronik bekas.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, BelanjaBekas melakukan transformasi menjadi marketplace, yang khusus menjual barang-barang bekas atau preloved, mulai dari fashion, barang elektronik, otomotif, peralatan kesehatan hingga perabotan rumah tangga, dengan berbagai macam harga.

Kemudian, akses BelanjaBekas pun semakin terbuka luas. Kamu bisa mengaksesnya melalui situs resmi BelanjaBekas dan langsung mencari barang-barang yang dibutuhkan, dengan harga yang ramah kantong.

7. Jualo

Di urutan ketujuh ada Jualo, yang menjadi tempat jual beli barang bekas online terbaik versi CekAja.com. Di aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai macam barang bekas yang kamu butuhkan, dari berbagai daerah.

Jika kamu ingin membeli barang bekas yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal, kamu bisa menggunakan fitur geo-search yang tersedia.

Karena, fitur tersebut akan memberikan informasi terkait jarak penjual yang ada disekitar daerahmu. Fitur ini menariknya juga dapat digunakan oleh para penjual, loh!

Selain berfungsi sebagai tempat jual beli barang bekas, Jualo juga mendukung adanya barter atau tukar menukar barang antara pembeli dan penjual. Dengan demikian, Jualo menjadi aplikasi yang sangat menarik untuk digunakan.

8. Bukalapak

Tempat jual beli barang bekas online terbaik yang satu ini, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, marketplace ini memberikan peluang yang sama, untuk semua orang yang ingin membuka lapak jualannya secara online.

Kamu bisa menemukan berbagai macam barang bekas, yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu, mulai dari harga terendah hingga tertinggi. Selain itu, Bukalapak juga menyediakan berbagai jenis metode pembayaran, yang bisa digunakan para penggunanya.

Beberapa metode pembayaran tersebut, di antaranya yaitu melalui BukaDompet, transfer bank, CIMB Clicks, Mandiri ClickPay, Alfa Group, BCA KlikPay, Indomaret, serta kartu kredit Visa dan Mandiri. Bagaimana, sangat banyak bukan pilihan metode pembayarannya?

9. Prelo

Di awal kehadirannya, Prelo merupakan sebuah marketplace yang khusus menjual barang-barang kebutuhan wanita. Namun, kini Prelo semakin berkembang, karena sudah menjadi situs untuk jual-beli barang-barang bekas atau preloved.

Selain itu, pasar dari marketplace yang satu ini pun kian beragam. Karena, situs ini mendukung para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa titip dan penyewaan barang.

Sehingga, tidak hanya para pelaku bisnis barang bekas saja yang bisa menggunakan, serta menjadi bagian dari marketplace yang satu ini.

10. eBay

Buat kamu kolektor barang bekas, yang seringkali membeli barang bekas dari berbagai penjuru dunia, pasti sudah tidak asing dengan marketplace yang satu ini. Ya, eBay menjadi marketplace terpercaya, bagi pecinta barang bekas di seluruh penjuru dunia.

Hal tersebut dikarenakan, di eBay kamu tidak hanya bisa membeli barang bekas, tetapi juga bisa membeli barang bekas yang kamu miliki ke seluruh dunia.

Terlebih, eBay juga memberikan sistem transaksi pembelian barang yang sangat mudah. Tidak hanya itu, eBay juga memiliki fitur coupon yang bisa digunakan para pembelinya, agar transaksi menjadi lebih hemat.

11. Locanto

Sebagai e-commerce yang serupa dengan eBay, Locanto juga menjadi tempat jual beli barang bekas online terbaik, untuk kamu yang ingin memperluas pasar hingga ke jangkauan internasional.

Locanto pun sejatinya sama seperti e-commerce lainnya, karena memiliki pelayanan khusus untuk penjual dan pembeli, yang tentunya dibarengi dengan kualitas terbaik. Fitur-fitur yang diberikan pun Locanto pun sangat memudahkan transaksi para penggunanya.

12. Instagram

Siapa sangka, Instagram yang dikenal sebagai media sosial generasi milenial, ternyata juga menjadi tempat jual beli barang bekas online terbaik? Mengingat banyaknya orang yang menggunakan media sosial satu ini, kamu bisa memanfaatkan Instagram sebagai ladang usaha.

Di langkah awal, kamu bisa memanfaatkan followers atau pengikut akun Instagram yang kamu miliki sebagai target pasar.

Atau mungkin, kamu bisa membuat akun baru khusus bisnis jual beli barang bekas mu sendiri, lalu menggunakan hashtag yang sesuai agar barang bekas yang kamu jual mudah ditemukan pengguna lainnya.

Jika kamu menggunakan Instagram sebagai media untuk berjualan barang bekas, pastikan kamu memasang foto yang menarik, dengan caption yang berisi penjelasan lengkap barang beserta harganya. Dengan begitu, pengguna lain dapat mengetahui dengan jelas barang yang dijual.

Tips Sukses Bisnis Jual Beli Barang Bekas Online

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui tempat jual beli barang bekas online terbaik, maka kini saatnya kamu mengetahui tips sukses bisnis jual beli barang bekas online.

Karena, meskipun ini bisnis barang bekas, namun rintangan yang harus dilewati pun sama besar dengan bisnis barang-barang baru.

Maka dari itu, mengetahui tips sukses bisnis jual beli barang sangat penting. Adapun tips sukses bisnis barang bekas yang perlu diketahui, yaitu:

  • Fokus terhadap kategori atau jenis barang yang akan dijual, seperti misalnya sepatu saja, pakaian saja atau barang elektronik saja
  • Memberikan harga yang masuk akal, setidaknya sesuai dengan kualitas barang bekas yang dijual
  • Memastikan bahwa barang bekas yang dijual adalah barang yang masih bagus dan layak pakai
  • Rutin mencari barang-barang bekas untuk update produk
  • Menjual barang bekas di beberapa e-commerce atau media sosial untuk memperluas pasar
  • Jika memiliki lokasi jualan, pastikan lokasi tersebut strategis dan mudah ditemukan
  • Rajin melakukan promosi barang, baik dalam bentuk brosur, banner, spanduk, hingga memanfaatkan kekuatan media sosial dan word of mouth.

(Baca Juga: Cara Jadikan Barang Bekas Jadi Uang)

Itulah tempat jual beli barang bekas online terbaik yang bisa kamu jadikan referensi. Semua tempat tersebut, bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk kamu menjalankan bisnis barang bekas.

Sebab, dengan memanfaat semua platform yang sudah disebutkan di atas, maka kamu juga secara tidak langsung memperluas jangkauan pasar, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Sehingga, semua orang bisa dengan mudah menemukan dan membeli barang bekas yang kamu jual.

Namun, kamu harus memastikan terlebih dahulu, bahwa semua barang bekas yang kamu jual memiliki kualitas baik dan layak pakai. Karena jika sudah masuk ke pasar internasional, kamu sudah tidak bisa lagi main-main dengan bisnis.

Kamu harus selalu meng-upgrade kualitas, serta jenis-jenis barang bekas yang akan kamu jual. Tentu, untuk bisa melakukan upgrade kualitas diperlukan modal yang tidak sedikit. Mengingat harga barang bekas berkualitas baik dan langka, memiliki harga jual yang cukup tinggi.

Dengan begitu, modal yang kamu butuhkan pun bisa dikatakan cukup besar. Apabila tabungan bisnis atau pribadi yang kamu miliki saat ini, belum mencukupi untuk melakukan upgrade barang, jangan khawatir.

Kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai, untuk mencukupi modal tersebut melalui CekAja.com. Di sana, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

Tidak hanya itu, proses pengajuan pinjaman dana tunai pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani