Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Tempat Kuliah Online Murah dengan Kualitas Baik di Indonesia

by Kyla Damasha on 28 Oktober, 2019

Program kuliah online yang murah saat ini sudah mulai banyak dicari oleh masyarakat. Pendidikan merupakan salah satu hal yang harus bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dari berbagai kalangan tanpa terkecuali. Hanya saja, banyak yang justru lebih memilih untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi dikarenakan berbagai alasan, salah satunya karena sibuk bekerja.

Dahulu, kuliah sifatnya konvensional yakni mahasiswa diharuskan datang ke kampus setiap ada kelas. Tetapi, saat ini segalanya telah berubah. Mendapatkan ijazah dari Perguruan Tinggi tidak perlu lagi dilakukan secara konvensional, bahkan secara online pun juga bisa.

Lalu, bagaimana caranya berkuliah secara online? Mungkin diantara kalian masih ada yang belum terlalu familiar mengenai kuliah online ini.

Sesuai dengan namanya, kuliah online adalah kuliah yang dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan hanya bermodalkan komputer dan akses internet saja.

Dibatasi dengan layar komputer, antara mahasiswa dan dosen tetap dapat melakukan interaksi layaknya aktivitas kuliah pada umumnya. Sistem seperti ini sangat cocok bagi kamu yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki waktu untuk pergi ke kampus, apalagi mengerjakan segudang tugas yang diberikan.

Nah, bagi kamu yang tertarik dengan kuliah online dan tengah mencari tempat kuliah online yang murah, tak perlu khawatir! Karena saat ini sudah banyak sekali institusi pendidikan yang menawarkan kuliah online yang murah bagi para calon mahasiswa.

Tetapi, sebelum kita membahas mengenai deretan tempat kuliah online yang murah, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal mengenai kuliah online ini, khususnya untuk kamu yang masih awam.

Mengenal Kuliah Online

Sesuai dengan namanya, kuliah online ialah aktivitas perkuliahan yang dilakukan sepenuhnya secara online. Antara dosen dan mahasiswa dapat membuat kesepakatan bersama mengenai waktu yang tepat untuk melakukan proses perkuliahan itu sendiri.

Sehingga para mahasiswa yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi, tentu kuliah online bisa dijadikan sebagai solusi dalam mengenyam pendidikan dan mendapatkan ijazah. Mengapa harus kuliah online?

Departemen Pendidikan Amerika Serikat pernah melakukan sebuah penelitian dengan melibatkan mahasiswa dan menunjukan bahwa ternyata mahasiswa yang berkuliah secara online memperoleh nilai akademis yang lebih baik dibandingkan mahasiswa yang berkuliah secara konvensional.

Hal tersebut dikarenakan selain pengetahuan yang dimiliki, para mahasiswa juga cenderung selangkah lebih maju dalam hal teknologi sehingga dapat menerima berbagai macam perubahan yang dihadapinya, apalagi di era yang serba modern seperti saat ini.

Bagaimana tidak? Untuk dapat mengakses mata kuliah mereka tentu harus menggunakan aneka ragam software ataupun aplikasi agar bisa berinteraksi dengan para dosen atau pihak kampus yang terkait. Dengan fakta seperti itu, para mahasiswa secara tidak langsung setidaknya harus terbiasa dalam menggunakan blog, email, Wiki, Twitter, ePortfolio, discussion board dan masih banyak lagi.

Selain itu, untuk dapat melakukan perkuliah secara bertatap muka dengan dosen mereka pun juga harus terbiasa menggunakan teknologi seperti webinar, podcast, social networking, dan lain-lain.

Kelebihan Kuliah Online
Kekurangan Kuliah Online
Tempat Kuliah Online yang Murah dengan Kualitas Baik di Indonesia

Setelah kamu melakukan pertimbangan yang cukup matang dan telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi melalui kuliah online, maka langkah selanjutnya yaitu mencari tempat kuliah online yang murah namun memiliki kualitas baik.

Meski secara online, tentu kamu juga ingin dong apabila dapat mengenyam pendidikan di institusi yang berkualitas. Nah, di sesi kali ini kita akan membahas mengenai tempat kuliah online yang murah namun memiliki kualitas yang baik. Dimana sajakah itu?

1. Universitas Terbuka (UT)

UT memang dikenal sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang menyediakan kuliah online yang murah di Indonesia. Mahasiswa yang mengenyam pendidikan disini juga tersebar di seluruh penjuru kota dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Lalu, mengapa dinamakan Universitas Terbuka?

Hal tersebut dikarenakan Perguruan Tinggi satu ini memang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka, tanpa melakukan tatap muka melainkan menggunakan media. Yang dinamakan sebagai ‘terbuka’ yaitu bahwa mahasiswa yang mengenyam pendidikan disini dapat berasal dari kalangan manapun tanpa ada pembatasan usia, tahun ijazah, waktu registrasi, masa belajar, hingga frekuensi mengikuti ujian. Para calon mahasiswa hanya perlu menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat) untuk bisa mendaftar.

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja Zaman Now)

Bagi kamu yang tengah mencari kuliah online yang murah, Universitas Terbuka bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Meskipun biaya kuliah sudah termasuk uang kuliah, registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, registrasi karil, dan masih banyak lagi biaya lainnya yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh, UT masih menjadi salah satu Perguruan Tinggi dengan kuliah online yang murah, yakni tidak lebih dari Rp3 juta per semesternya.

Program yang ditawarkan oleh kuliah online yang murah di UT terdapat dua, yaitu program sarjana atau diploma bagi mahasiswa di dalam negeri dan program sarjana dan diploma bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri. Untuk program-programnya itu sendiri, secara garis besar terdiri dari:

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Program Studi Matematika dan Program Studi Statistika
  • Program Studi Biologi dan Program Studi Teknologi Pangan
  • Program Studi Agribisnis
  • Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Fakultas Ekonomi
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Akuntansi Sektor Publik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Studi Administrasi Niaga, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Program Studi Ilmu Komunikasi, dan Program Studi Sosiologi
  • Program Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepegawaian dan Program Studi Ilmu Perpustakaan
  • Program Studi Sastra Inggris bidang Penerjemah
  • Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dan Program Studi Pendidikan Ekonomi
  • Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Fisika, dan Program Studi Pendidikan Kimia

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://www.ut.ac.id/

2. Universitas Mercubuana

Mungkin hampir semua masyarakat Indonesia sudah tahu mengenai Perguruan Tinggi satu ini. Mercubuana atau yang disingkat UMB memang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang cukup ternama, khususnya di Indonesia.

Kampusnya itu sendiri tersebar di beberapa wilayah, seperti di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Bekasi. Namun, meskipun kampus satu ini sudah memiliki nama, mungkin masih banyak orang yang belum tahu bahwa Mercubuana menyediakan kuliah online yang murah bagi masyarakat yang ingin melanjutnya pendidikan ke Perguruan Tinggi namun tidak memiliki waktu karena berbagai keperluan.

Kelebihan dari kuliah online yang murah dari Mercubuana ini ialah bahwa mahasiswa dapat memilih sendiri mata kuliah yang diambil serta waktu kuliah yang diinginkan.

Walaupun program kuliah online yang murah di Mercubuana masih lebih tinggi dibandingkan UT, tetap saja biaya yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan berkuliah secara konvensional.

Bagi yang ingin mendaftar di program kuliah online yang murah disini, Mercubuana menyediakan tiga program yang bisa dipilih, yaitu program S1, program S2, dan Program S3, dengan studi yaitu:

Program S1

  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Komputer
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Fakultas Seni dan Kreatif
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Psikologi

Program S2

  • Magister Manajemen
  • Magister Ilmu Komunikasi
  • Magister Teknik Industri
  • Magister Teknik Elektro
  • Magister Akuntansi
  • Magister Teknik Sipil
  • Magister Teknik Mesin

Program S3

  • Manajemen Sumber Daya
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Keuangan

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://kk.mercubuana.ac.id/

3. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Selain Universitas Mercubuana, Binus juga dikenal sebagai salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia. Dengan fasilitas pembelajaran yang memadai serta dosen pengajar yang berkualitas membuat para lulusan Binus sebagian besar mampu bersaing hingga di ranah internasional.

(Baca juga: Maudy Ayunda Pilih Harvard University, Begini Tips Survive Kuliah di Amerika)

Nah, apabila kamu bercita-cita ingin mengenyam pendidikan di Binus namun terhalang oleh aktivitas lainnya yang padat, kamu bisa mengambil program kuliah online yang murah yang disediakan oleh Perguruan Tinggi satu ini.

Bagi sebagian orang, Binus memang dikenal sebagai salah satu Universitas yang cukup mahal dan hanya kalangan tertentu saja yang bisa mendapatkan pendidikan disana. Tetapi jangan salah, program kuliah online yang murah dari Binus memiliki biaya yang cenderung lebih terjangkau lho.

Hanya saja, program kuliah online yang murah ditawarkan oleh Binus ini hanya sebatas S1 dan S2 saja. Tetapi, tidak ada salahnya menjadikan Binus sebagai kandidat kuat tempat bagimu melanjutkan pendidikan.

Bagi yang belum tahu, Binus menyediakan program untuk lulusan SMA yang ingin lanjut ke S1 dan untuk lulusan D3 yang ingin lanjut ke S1, di mana masing-masing dari program tersebut memiliki kisaran biaya yang berbeda-beda. Secara garis besar, program kuliah online murah yang ditawarkan oleh Binus, antara lain:

SMA ke S1

  • Teknik Industri
  • Akuntansi
  • Business Management
  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika

D3 ke S1

  • Akuntansi
  • Business Management
  • Sistem Informasi
  • Teknik Informatika

S2

  • Master of Management Information System
  • Master of Information Technology
  • Master of Industrial Engineering
  • Master of Communication
  • Masster of Accounting

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi https://onlinelearning.binus.ac.id/

Meskipun kamu memiliki jadwal yang padat karena bekerja, bukan berarti hal tersebut menjadi alasan untuk tidak melanjutkan pendidikan. Percaya atau tidak, mau sesukses apapun kamu dalam berkarir, tingkat pendidikan akan tetap menjadi bahan pertimbangan ketika di masa depan nanti.

Jadi, yuk segera lanjutnya pendidikanmu dengan mengambil program kuliah online yang murah di beberapa Universitas yang baru saja disebutkan.

Jangan khawatir soal biaya, kamu bisa memanfaatkan kredit tanpa agunan (KTA) yang bisa kamu pilih sendiri sesuai kebutuhan lewat CekAja.com untuk keperluan kuliahmu.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda