Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

5 Ide Tempat Liburan Akhir Tahun Terbaru di Jakarta

by Tisyrin N. T on 17 November, 2017

mudik Jakarta _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Kini, Jakarta telah punya beberapa tempat baru yang dapat dijadikan tujuan wisata liburan akhir tahun keluarga yang menyenangkan.

Kalau mendengar kalimat liburan keluarga di Jakarta, apa yang terbayang di benak kita? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab Taman Mini Indonesia Indonesia Indah (TMII), Kebun Binatang Ragunan, dan Dufan.

Nah, selain ketiga tempat yang sudah sangat terkenal tersebut, Jakarta telah memiliki sederet tempat baru yang menarik, cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Mulai dari yang bernuansa laut hingga yang bersifat edukatif. Liburan pun akan terasa lebih bermakna.

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota dan bingung untuk mencari promo tiket pesawat, cukup mengajak keluarga keliling Jakarta. Selain hemat biaya, kita juga akan menyadari bahwa Jakarta punya banyak potensi wisata. Yuk cek daftar tempatnya berikut ini:

Widget TRV Insurance

 

Fauna Land

Fauna Land Ancol - CekAja

Bosan ke kebun binatang biasa? Sebagai alternatif, bisa mengajak keluarga untuk perjalanan liburan nanti ke Fauna Land. Tempat ini adalah kebun binatang mini di area Taman Impian Jaya Ancol. Tempat ini baru dibuka pada bulan April 2017.

Selain mengangkat tema Papua, koleksi Fauna Land juga sebagian besar berasal dari Indonesia Timur. Tempat yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektare ini menyajikan nuansa alam karena menghadirkan taman dan danau.

Nuansa Papua terasa dengan adanya gazebo yang dibuat seperti rumah adat Papua, Honai. Ada pula pilar-pilar dengan ukiran yang dibuat oleh orang Papua asli.

Beberapa satwa yang ada di Fauna Land antara lain burung, kura-kura, kuda, keledai dan lainnya. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini mulai dari memberi makan hewan, berpose dengan hewan, hingga menunggang kuda.

Fauna Land buka setiap hari yaitu Senin – Jumat pukul 09.30 – 18.00 WIB. Sementara pada Sabtu dan Minggu buka pada pukul 08.00 – 18.00 WIB. Harga tiketnya jauh lebih mahal dari kebun binatang biasa yaitu Rp50.000.

Jakarta Aquarium

Aquarium Jakarta - CekAja

Dalam rangka peringatan ulang tahun ke – 30, Taman Safari Indonesia Group menghadirkan Jakarta Aquarium. Jakarta Aquarium bertempat di mal yang berdiri baru-baru ini yaitu NEO Soho.

Ajak anak-anak melihat binatang laut mulai dari ikan, bintang laut, teripang, hingga kerang. Tak hanya melihat aneka biota laut, ada banyak aktivitas lain yang ditawarkan oleh Jakarta Aquarium. Salah satunya yaitu makan bersama penguin di sebuah restoran.

Aktivitas lain yaitu berfoto di spot khusus yang menjadikan hasilnya seolah-olah sedang menyelam. Yang tak kalah menyenangkan adalah menonton pertunjukan Pearl of The South Sea yang menceritakan tentang kerajaan laut di Indonesia. Dalam pertunjukan ini, tidak hanya kemampuan akting yang memukau, ada pula suguhan trik, ilusi, dan tarian bawah laut.

Ada pula teater 5 dimensi yang membawa penontonnya menjelajah lautan. Kemudian pengunjung juga bisa menjajal sea trekking, yaitu kegiatan menyelam dengan ikan pari di tank utama dengan menggunakan pengaman seperti helm. Seru sekali bukan menghabiskan masa wisata akhir tahun di Jakarta Aquarium?

Taman Kalijodo

Taman Kalijodo - CekAja

Kawasan Kalijodo dulunya merupakan tempat prostitusi, kini telah berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo atau sering disebut Taman Kalijodo. Dengan beberapa fasilitasnya yang menarik, bahkan kini tempat ini jadi salah satu pilihan tempat hangout di Jakarta.

Taman Kalijodo punya lintasan jogging, playground untuk anak, skate park, lintasan sepeda, outdoor gym, dan lainnya. Bagi yang suka berfoto, terdapat grafiti pada tembok berukuran besar yang sangat cantik untuk berfoto.

Taman Kalijodo berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Untuk mengunjunginya dengan mudah, terdapat bus khusus yang siap mengangkut penumpang dari depan Balai Kota Jakarta.

Asyiknya, penumpang bisa menaiki bus tingkat wisata tersebut secara gratis. Bus tingkat wisata itu beroperasi setiap hari. Pada hari Senin – Jumat, bus beroperasi pukul 11.00 – 19.00 WIB, sedangkan pada hari Sabtu pukul 09.00 – 23.00 WIB, dan Minggu pukul 12.00 – 19.00 WIB.

Air mancur menari Monas

Air Mancur Monas - CekAja

Selain Taman Kalijodo yang bisa jadi pilihan wisata murah meriah, Jakarta juga punya Monas. Sudah bosan dengan Monas? Tenang, ada yang baru di Monas yaitu air mancur menari. Monas kembali menampilkan air mancur menari setelah vakum beberapa tahun. Air mancur menari ini diresmikan kembali pada Agustus 2017.

Pertunjukan air mancur berlangsung pada akhir pekan yaitu Sabtu dan Minggu malam dan bisa dinikmati gratis. Pertunjukan pertama berlangsung pukul 19.30 WIB dan pertunjukan kedua pukul 20.30 WIB.

Air mancur akan bergerak dengan iringan lagu nasional dan lagu daerah. Agar semakin indah, air mancur menari juga hadir dengan berhias lampu warna-warni. Terdapat pula teknologi screenwater yang menampilkan video serta teks lagu. Jadi, datanglah ke Monas jika ingin liburan akhir tahun yang murah meriah.

Gedung Perpusnas baru

Gedung Perpusnas - CekAja

Tidak hanya untuk bersenang-senang, kita dapat menggunakan waktu liburan untuk menambah pengetahuan dengan mendatangi Gedung Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang baru.  Gedung Perpusnas yang baru diresmikan pada September 2017 oleh Presiden Joko Widodo.

Lokasi alamat gedung Perpusnas baru bertempat di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Keunikannya adalah, gedung tersebut merupakan yang tertinggi di dunia untuk perpustakaan. Gedung berada di atas lahan dengan luas 11.975 meter persegi, sementara luas bangunannya adalah 50.917 meter persegi. Dengan tinggi 126,3 meter, gedung ini memiliki 27 lantai.

Gedung Perpusnas memiliki beberapa fasilitas selain menyediakan koleksi buku yaitu  ruang teater, zona promosi budaya baca, layanan multimedia, hingga layanan anak, lansia, dan disabilitas. Di depan gedung juga ada bangunan yang berfungsi seperti museum.

Di Perpusnas, pengunjung juga bisa melihat koleksi naskah asli Nagarakretagama karya Empu Prapanca dan Babad Diponegoro yang ditulis oleh Pangeran Diponegoro. Keduanya merupakan warisan budaya dunia UNESCO.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.