Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tempat Mendapatkan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan Proses Cepat

by Satrya Agung on 13 April, 2016

Cara Cairkan Dana Pensiun BPJS JHT - CekAja

Sekarang semua orang maunya serba cepat. Bukan hanya mi saja yang instan, tapi apa pun itu harus instan. Mau berpergian, maunya yang cepat.

Pesan makanan, juga yang delivery-nya cepat bahkan jika lebih dari 30 menit maka si pembeli akan mendapatkan voucher potongan harga sebagai permintaan maaf atas keterlambatan. Bahkan untuk pinjaman saja kini orang-orang maunya pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat.

Bayangkan, sudah minjam uang, tidak menggunakan jaminan, dan maunya diproses dengan cepat. Kalau pembeli yang maunya diproses cepat masih masuk akal, tapi kalau pinjam uang? Apakah mungkin?

Pinjaman Tanpa Agunan

Dengan meningkatnya jumlah permintaan akan mendapatkan pinjaman tanpa agunan yang beriringan dan berbanding lurus dengan bertambahnya lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman tersebut maka tak heran syarat “Cepat” menjadi salah satu komponen yang berpengaruh besar.

Tak bisa dipungkuri bahwa bagi kreditur atau si pemberi pinjaman juga mendapat keuntungan dari meminjamkan uangnya pada nasabah. Keuntungan tersebut diambil dari besar bunga atas pinjaman tersebut.

Namun selain kata “Cepat”, kata lain yang juga mempunyai nilai penting adalah “Aman”. Tentu kamu tidak akan mau meminjam uang pada tempat yang keamanannya belum tentu baik. Kamu sebagai debitur berhak mendapatkan perlindungan hukum karena meskipun sebagai pihak yang berhutang kamu tetap mempunyai hak – dan kewajiban, tentunya – yang salah satunya adalah perlindungan hukum. Jadi, jika hendak meminjam uang jangan cepat terpedaya akan janji manis yang mengumbar bahwa proses pinjaman bisa sangat cepat, seperti proses 1 hari atau bahkan 1 jam. Perhatikan dan teliti apakah calon debitur tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK apa tidak.

Kelayakan Penyedia Pinjaman

Ini menjadi penting karena sekarang makin banyak yang menawarkan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat. Ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Apalagi bagi yang sedang sangat butuh pinjaman uang. Sehingga akan sangat gampang sekali kalap dan buta mata dengan slogan tersebut. Padahal tanpa disadari ia telah melupakan aspek keamanannya juga.

Sebenarnya sangatlah gampang membuktikan apakah tempat peminjaman uang tersebut aman, yakni dengan menanyakan dan meminta bukti apakah mereka terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) apa tidak. Jika tidak terdaftar maka lebih kamu urungkan niat kamu untuk meminjam uang pada mereka.

Dan seharusnya bagi lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman tanpa agunan ini memiliki website yang mana sebagai media promosi dan identitas mereka. Dan jika mereka sudah tergabung dengan OJK maka harusnya mereka bisa mencantumkan logo OJK pada website yang mereka miliki. Sebagai bukti dan penguat bahwa mereka bukan lembaga keuangan abal-abal.

CekAja sebagai Solusi Penyedia Pinjaman

Sebagai contoh, CekAja.com sebagai fintech yang mana juga mempunyai produk pinjaman tanpa agunan telah terdaftar, diatur dan diawasi oleh OJK. Bukan hanya itu, tapi juga diawasi oleh Bank Indonesia serta Fintech Indonesia. Di sini terlihat, bahwa CekAja.com diatur dan diawasi oleh 3, bukan hanya 1, tapi 3 lembaga besar di Indonesia. Dengan demikian ini akan menimbulkan kepercayaan diri dan rasa aman pada masyarakat yang ingin mengajukan pinjaman lewat CekAja.com.

Jadi, apakah kamu tetap mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan proses cepat saja? Tanpa mempedulikan keamanan? Semuanya kembali pada keputusan diri kita masing-masing. Dengan artikel ini diharapkan kita semua bisa menambah pengetahuan di bidang finansial. Semoga bermanfaat ya.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami