13 Tempat Wisata Anak di Jabodetabek, Bisa Bermain Sekaligus Belajar!

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Ada banyak tempat wisata anak di Jabodetabek yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Di dalam satu tempat, pengunjung bisa bermain sekaligus belajar. Ini rekomendasinya untukmu!

Memilih menghabiskan waktu bersama keluarga tentu adalah hal yang menyenangkan.

Selain menyegarkan piiran, wisata bersama anak maupun anggota keluarga lain juga membuat hubungan keluarga menjadi lebih erat.

Buat kamu yang ingin mengajak keluarga berwisata namun memiliki anggota keluarga yang masih anak-anak, ada baiknya jika memilih tempat wisata yang tepat.

Pastikan tempat yang kamu kunjungi memiliki arena bermain, kegiatan menarik, namun tetap mengedukasi anak.

Sehingga dalam setiap momen, anak bisa mengambil pelajaran khusus dari kegiatan yang dilakoninya selama berwisata.

Di Jabodetabek, enggak susah kok untuk menemukan tempat wisata yang ramah anak. Ada banyak pilihan tempat wisata anak di Jabodetabek yang bisa dikunjungi bersama keluarga tercinta.

(Baca Juga: 7 Alamat Wisata Kuliner di Jakarta yang Ramah Anak)

Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jabodetabek

Berikut ini beberapa tempat wisata anak di Jabodetabek yang direkomendasikan untukmu. Catat, dan atur waktu untuk mengunjunginya, ya!

1. Taman Mini Indonesia Indah

Alamat: Area Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Tempat wisata anak di Jabodetabek yang pertama adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Walaupun terdengar mainstream, namun tempat ini wajib kamu kunjungi.

Sebab, dalam satu tempat, kamu sudah bisa mengunjungi banyak area menarik yang bisa dipakai belajar dan bermain.

Seperti area anjungan rumah daerah dari 34 provinsi di Indonesia, bermain wahana air di Snow Bay, edukasi ke ruang pamer luar angkasa di Skyworld TMII, piknik di area taman terbuka, sampai melihat replica dinosaurus di Taman Legenda.

Lengkap banget, kan?

2. Taman Impian Jaya Ancol

Alamat: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Jakarta Utara.

Selain TMII, Ancol juga menjadi tempat wisata anak di Jabodetabek yang lengkap. Ada banyak spot dan kegiatan menarik yang bisa dilakukan.

Mulai dari melihat aneka fauna laut di Seaworld, berkunjung ke kebun binatang Faunaland, melihat atraksi hewan lucu di Ocean Dream Samudra, bermain outbond di Outbondholic, piknik di Allianz Ecopark, berenang di Atlantis atau pantai Ancol, dan masih banyak lagi.

3. Jakarta Aquarium

Alamat: Neo Soho Mall, Lantai LG-LGM, Jl. Letjen S Parman Kav.28, Jakarta Barat.

Buat kamu yang ingin memilih area indoor yang lebih nyaman dan dijamin enggak panas, kamu bisa mengunjungi Jakarta Aquarium.

Di sini, kamu dan keluarga bisa melihat berbagai hewan laut yang hidup di dalam akuarium besar dengan desain modern minimalis.

Tempat wisata anak di Jabodetabek ini memiliki konsep sajian pemandangan alam bawah laut yang dikombinasikan dengan sisi hiburan. Jadi, pas banget untuk dikunjungi bareng anak!

4. RPTRA Kalijodo

Alamat: Area RPTRA Kalijodo, Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Mau ke tempat wisata anak di Jabodetabek yang gratis? Kunjungi saja berbagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang ada di Jakarta.

Pemerintah setempat sudah memiliki ratusan RPTRA yang tersebar di berbagai area, salah satunya RPTRA Kalijodo yang dikenal sangat luas.

Anak-anak bisa bermain di area playground dengan berbagai fasilitas seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Ada juga area taman, skatepark dan cycling park, serta ruang perpustakaan untuk anak.

Koleksi buku anak di RPTRA bisa dibaca dan dipinjam dengan proses yang mudah.

5. Scientia Square Park

Alamat: Jl. Scientia Boulevard, Kelapa Dua, Tangerang.

Berpindah ke area Tangerang, ada Scientia Square Park yang wajib kamu kunjungi. Ini adalah taman besar yang memiliki spot menarik.

Area playground anak, wall climbing, trampoline, area taman dan peternakan mini (dengan koleksi sapi, kerbau, kolam ikan, dan alpaca yang lucu), serta kafe dan taman bunga matahari yang instagramable banget.

Anak-anak bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan di tempat wisata anak di Jabodetabek ini.

6. Peak to Peak Indoor Climbing

Alamat: Ruko Alam Sutera No.18, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Anak-anak biasanya menyukai permainan yang mengguncang adrenalinnya. Coba saja kenalkan dengan olahraga wall climbing di Peak to Peak Indoor Climbing.

Di sini, anak-anak akan didampingi trainer khusus untuk mengenalkan dan mengajarkan wall climbing dengan baik.

Area indoor dijamin aman dan nyaman. Peralatan penunjang keselamatan juga lengkap, sehingga cocok untuk anak.

Jika orang dewasa juga tertarik, mereka juga bisa mengikuti kelas wall climbing untuk orang dewasa dengan area dinding yang berbeda.

7. Trans Studio Cibubur

Alamat: Jl. Alternatif Cibubur No.230 Trans Studio Mall Cibubur, Lantai 3, Cimanggis, Depok.

Trans Studio Cibubur adalah theme park yang memiliki wahana seru untuk anak dan orang dewasa, sertaberbagai spot edukasi untuk anak.

Antara lain spot Action Zone, Zombie Wars, Beach Walk, dan masih banyak lagi spot lainnya.

Dengan desain theme park yang modern serta berada di dalam ruangan, dijamin bikin kamu dan keluarga betah berlama-lama di sini karena keseruan dan kenyamanannya.

(Baca Juga: 15 Desa Terbaik di Indonesia, Keindahannya Cocok Jadi Tujuan Wisata)

8. Agrowisata Belimbing Dewa

Alamat: Kel. Pasir Putih, Sawangan, Depok.

Enggak usah jauh-jauh pergi ke luar kota untuk menikmati area wisata buah. Agrowisata Belimbing Dewa menawarkan area wisata edukasi ke kebun belimbing terbesar di Depok.

Lebih dari 500 petani belimbing menanam buahnya di sini.

Kamu bisa berkeliling area perkebunan, melakukan piknik bareng keluarga, belajar proses penanaman belimbing, serta memetik sendiri buah belimbing yang siap panen.

9. Taman Bunga Wiladatika

Alamat: Jl. Jambore No.1,Harjamukti, Cimanggis, Depok.

Tempat wisata anak di Jabodetabek lainnya adalah Taman Bunga Wiladatika. Di sini, kamu dan keluarga bisa melakukan piknik, berkeliling area taman sambil berolahraga, atau melihat koleksi bunga.

Ada juga spot air mancur ikonik yang menjadi ciri khas taman ini sejak dulu.

Waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah di pagi dan sore hari. Sebab udaranya sejuk dan menenangkan. Serasa berada di taman bunga luar kota, deh.

10. Devoyage Bogor

Alamat: Bogor Nirwana Residence, Jl. Boulevard No.240, Mulyaharja, Bogor Selatan, Bogor.

Memberikan anak edukasi tentang tempat-tempat ikonik di berbagai negara kini bisa dilakukan di Devoyage Bogor.

Kamu bisa berkeliling di taman dengan miniatur bangunan ikonik dunia. Mulai dari menara Eiffel mini, area rumah khas Belanda, menaiki perahu kecil di kanal ala Venice, dan masih banyak spot lainnya.

Selain mengenalkan anak dengan ciri khas negara-negara lain, kamu dan keluarga juga bebas selfie di tempat wisata anak di Jabodetabek ini.

11. Istana Bogor

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda, Bogor Tengah, Bogor.

Mengelilingi Kota Hujan Bogor tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Istana Bogor.

Bersama dengan keluarga, kamu bisa memperluas pengetahuan anak tentang info sejarah bangunan dan melihat kemegahan istana yang diwarisi sejak jaman penjajahan Belanda ini.

Anak-anak juga bisa memberi makan rusa dengan wortel yang biasanya dijual oleh pedagang kaki lima setempat.

Istana Bogor dibuka untuk umum pada momen terbatas. Pengunjung bisa datang tanpa membayar biaya masuk, namun harus mengenakan pakaian rapi seperti batik atau kemeja.

Pastikan juga usia anak yang diajak minimum 10 tahun.

Untuk pilihan lainnya, kamu bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor atau sekadar berjalan-jalan di area pedestrian Istana Bogor sambil memberi makan rusa istana.

12. Sirkus Waterplay

Alamat: Jl. Wibawa Mukti II No.4, Jatiasih, Bekasi.

Sirkus Waterplay bisa menjadi tempat wisata anak di Jabodetabek yang cocok untuk keluarga. Kamu bisa bebas berenang dan menikmati wahana air terlengkap di dalam ruangan.

Ada banyak pilihan spot yang bisa dituju, mulai dari kolam air dingin, kolam air hangat, serta ada pula ruang sauna, gym, layanan pijat refleksi, baby spa, sampau salon muslimah.
Kebayang kan seperti apa keseruannya?

13. Snow World International Revo Town

Alamat: Revo Town Mall, Jl. Ahmad Yani, Pekayon Jaya, Bekasi.

Tempat wisata anak di Jabodetabek yang terakhir adalah Snow World International Revo Town. Di sini, kamu bisa merasakan musim dingin dengan salju seperti di luar negeri.

Spot seru yang wajib dikunjungi bersama keluarga dan anak tercinta antara lain area hutan mini yang dipenuhi dengan tumpukan salju, dan istana es.

Dengan suhu yang sangat dingin, semua pengunjung akan diberikan jaket tebal anti air agar lebih bebas bermain salju dan es di dalam ruangan.

Anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang pembentukan es dan salju di musim dingin. Seru banget, kan?

Itulah daftar tempat wisata anak di Jabodetabek yang bisa menjadi pilihanmu menghabiskan waktu dengan keluarga.

Nikmati promo menarik untuk masuk ke berbagai tempat wisata di Indonesia dengan pembayaran kartu kredit cicilan ringan.

Segera cek perbandingan kartu kredit yang pas untukmu melalui sistem CekAja.com.

Kamu akan mendapat rekomendasi kartu kredit terbaik, lengkap dengan detil manfaat, besaran bunga, serta cara pengajuan yang mudah.

Pengajuan kartu kredit melalui CekAja.com dijamin aman dan terpercaya.

Buruan, nikmati kebebasan belanja dan transaksi lainnya dengan kartu kredit yang diajukan via CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah