Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

10 Tempat Wisata di Lombok Selain Pantai yang Wajib Dikunjungi

by Surtan Siahaan on 27 Oktober, 2017

Wisata di Lombok - CekAja

Bicara soal tempat wisata di Lombok, semua orang pasti merekomendasikan pantai. Padahal, Lombok juga terkenal dengan destinasi lainnya, mau tahu daftarnya?

Bagi yang berniat liburan ke Lombok namun ingin mendatapatkan destinasi wisata yang lebih beragam, berikut ini pilihan yang saying bila tidak dikunjungi.

1. Air Terjun Mangku Sakti

Air terjun satu ini terbilang unik karena warna airnya yang putih kebiru-biruan. Selain itu, bebatuan yang terpahat secara alami di sepanjang aliran air terjun membuat formasi unik menyerupai ngarai. Nah, lokasi air terjun unik ini berada di Dusun Sajang, Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur.

Letaknya berada sekitar 175 km dari Kota Mataram dan dapat ditempuh sekitar 4 jam melalui rute Mataram–Pusuk.

Namun, setelah tiba di Desa Sajang, kita harus melanjutkan jalan kaki sejauh 4 kilometer menuju air terjun. Untuk masuk ke area wisata ini, terdapat tiket Masuk dengan harga Rp5.000 per orang.

2. Air Terjun Benang Kelambu

Salah satu air terjun dengan pemandangan tercantik di Lombok. Sesuai namanya, air terjun ini persis seperti tirai yang terjuntai dari ketinggian. Hal ini terjadi karena proses air yang jatuh tidak langsung ke dasar jurang melainkan melewati celah-celah tanaman.

Air terjun cantik ini terletak di Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Lokasinya tidak terlalu jauh yakni hanya 32 km dari Kota Mataram.

(Baca juga: Ke Bali, Dana Sendiri Vs Paket Wisata, Mana Lebih Hemat?)

Waktu tempuh diperkirakan hanya sejam perjalanan. Jika tidak tahu lokasinya, tanyakan saja pada petugas hotel karena air terjun ini cukup popular. Tiket masuk ke air terjun hanya Rp5.000 per orang.

Widget TRV Insurance

3. Air Terjun Tiu Kelep

Untuk mendatangi air terjun yang tak kalah cantik ini butuh upaya ekstra. Psalnya, lokasinya cukup terpencil. Kita butuh pemandu untuk sampai di air terjun ini. Lokasinya sendiri berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

Jaraknya sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram atau sekitar 3 jam perjalanan. Karena tidak ada kendaraan umum yang melewatinya, wisatawan wajib membawa kendaraan sendiri. Untuk masuk ke lokasi air terjun kita wajib membayar Rp5.000 per orang.

4. Gua Bangkang

Ingin merasakan sensasi bertualang ala Indiana Jones? Datanglah ke gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar ini. Gua ini terletak di Dusun Bangkang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Gua yang terletak di antara Pantai Kuta dan Pantai Mawun ini harus dijangkau dengan berjalan kaki karena letaknya berada di bawah bukti.

5. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan destinasi utama untuk pendakian di Lombok. Tak hanya pendaki local, para turis manacenaga juga banyak yang khusus datang ke Lombok untuk mendaki Rinjani.

Jika tertarik mendaki Rinjani menggunakan jasa agen travel, terdapat paket senilai Rp3,1 juta dengan fasilitas berupa guide dan perlengkapan pendakian.

6. Sumber Air Panas Aik Kalak

Bila kebetulan sedang berada di Rinjani, wajib untuk datangi tempat ini. Air yang memiliki kandungan belerang ini juga ampuh menyembuhkan berbagai penyakit seperti encok dan penyakit kulit.

Nah, jika tertarik mengunjungi wisata air panasa Kalak, lokasinya terletak tak jauh dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Untuk mencapai tempat ini, kita harus mendaki setidaknya  satu hari dari pos awal pendakian.

7. Desa Bayan Sasak

Ingin tahu seperti apa kehidupan manusia 5.000 tahun yang lalu? Tak perlu punya mesin waktu untuk mengetahuinya karena di Lombok, tepatnya di Desa Bayan Sasak terdapat masyarakat lengkap dengan perumahan dan aktivitasnya yang tak berubah sejak dahulu kala.

Di sini, kita bisa menemukan rumah asli suku Sasak yang mirip seperti lumbung padi. Lokasi desa ini terletak di kaki Gunung Rinjani.

8. Wisata Pohon Purba Lian

Ada lho tempat wisata di Lombok yang mirip dengan lokasi shooting FIL The Hobbit. Namanya Pohon Purba Lian yang berlokasi di Dusun Menanggabaris, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur.

(Baca juga: Jadi Kandidat Ibukota, Ini 7 Wisata Wajib di Palangka Raya)

Di daerah ini memang banyak terdapat pohon-pohon purba yang usianya sudah ratusan tahun dengan ketinggian hingga 50 meter dan diameter hingga 5 meter. Bila tertarik melihat langsung pohon-pohon raksasa ini, kita butuh waktu perjalanan selama 2,5 jam dari Kota Lombok. Jangan lupa siapkan kamera untuk merekam keindahan dan keunikan lokasi ini.

9. Taman Narmada

Taman kuno yang dahulu dijadikan sebagai tempat khusus bagi raja raja Mataram ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Lembuak Narmada. Pemandangan di taman ini sangat cantik dan tertata rapi meskipun usia taman kuno ini sudah mencapai 290 tahun.

10. Hutan Sesaot

Di Kecamatan Narmada juga terdapat hutan seluas 5.000 hektar dengan mata air bening yang mengelilinginya. Bagi yang hobi dengan olahraga outbond, kita bisa bersepeda, trekking dan camping di hutan yang dipenuhi keanakaragaman hayai khas Lombok. Tertarik mencoba?

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami