Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jadi Tuan Rumah Sea Games 2019, Filipina Punya Banyak Tempat Wisata Indah

by Miftahul Khoer on 5 Desember, 2019

Filipina saat ini sedang sibuk menjadi tuan rumah Sea Games 2019 ke-30 dengan berbagai kontroversi karena pelayanannya yang dianggap belum siap sebagai tuan rumah. Kesemrawutan penyelenggaraan Sea Games tersebut bahkan membuat sang Presiden Rodrigo Duterte meradang.

Tapi, tinggalkan dulu sejenak hiruk pikuk event olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut untuk menengok keindahan alam dan destinasi wisata yang ada di negara bekas jajahan Spanyol tersebut. Kalau kebetulan kamu sedang berada di Filipina untuk mendukung para atlet dan tim nasional Indonesia bertanding, sempatkan diri untuk menyambangi beberapa objek wisata berikut:

Pantai Boracay merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu sambangi bila mengunjungi Filipina. Pantai ini terletak 315 km sebelah Selatan Manila dan menawarkan keindahan alam yang mengesankan.

Untuk mencapai pantai tersebut, kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi mulai dari kapal ferry, pesawat terbang, serta kombinasi kapal ferry dan bus sesuai dengan ketersediaan waktu dan anggaran yang ada.

Kalau kamu ingin berhemat, ferry adalah alternatif terbaik namun waktu tempuhnya bisa mencapai 10 jam.

Pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di dunia sehingga pemerintah setempat menerapkan aturan pembatasan jumlah turis yang datang per hari hanya 19.200 orang saja dari sebelumnya yang bisa mencapai 40.000 untuk menjaga kelestarian kawasan tersebut.

Banaue Rice Terraces adalah kawasan persawahan Banaue di Ifugao dan merupakan area persawahan tertua di negara tersebut yang dibuat oleh Suku Batad yang ddiperkirakan telah berusia 2000 tahun.

Keunikan dari tempat wisata tersebut adalah karena adanya sistem pengairan dengan teknologi sederhana, namun tampak menakjubkan.

(Baca juga: Kontroversi di SEA Games 2019, Harap Bersabar, Ini Ujian!)

Tempat ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dengan luas wilayah 10.360 km persegi dan sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995 silam.

Di tempat ini kamu juga bisa mendapatkan pengalaman dengan menyaksikan kehidupan masyarakat lokal yang telah berlangsung ratusan generasi dan kamu juga bisa ikut mencoba menanam padi dan sayuran di persawahan Banaue.

  • Chocolate Hills

Chocolate Hills adalah area perbukitan dengan formasi geologi kubah batu gamping yang ditumbuhi rerumputan di setiap bukitnya. Pada saat musim kemarau, rerumputan tersebut berubah warna menjadi coklat yang menawan.

Di kawasan ini tidak hanya ada satu bukit cokelat saja, melainkan ada sekitar 1.500 bukit dengan ketinggian bervariasi mulai 30 meter hingga 120 meter. Kawasan ini juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia karena keunikan yang dimilikinya serta menjadi salah satu tempat wisata paling ramai dikunjungi wisatawan di Filipina.

Kamu bisa pergi ke tempat ini dari Manila menggunakan jalur darat ataupun laut ke arah Selatan.

Di area perbukitan tersebut kamu bisa berjelajah menggunakan ATV mengikuti rute yang sudah disediakan untuk bereksplorasi. Kamu juga bisa berfoto ria di sana dan sebaiknya kamu datang pada pagi ataupun sore hari untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

  • Tubbataha Reef

Tempat ini layaknya Bunaken di Sulawesi Utara, yang merupakam tempat wisata bawah laut yang kaya dengan berbagai jenis karang dan biota laut menakjubkan lainnya dan berada di Laut Sulu. Dengan keindahannya tersebut, kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata terbaik dunia.

Hal menarik lainnya adalah di lokasi menyelam ini adalah 75% spesies karang dari seluruh dunia ada di tempat ini. Selain itu, 40% spesies ikan karang dunia juga ada di sana sehingga UNESCO menjadikan tempat ini sebagai situs warisan dunia untuk wisata bawah laut.

(Baca juga: 50 Pulau Terbaik di Dunia 2019, Ternyata Bali Salah Satunya!)

Selain itu, di tempat ini ada sekitar 600 spesies ikan, 12 spesies lumba-lumba, dan juga 11 spesies hiu sehingga sangat memanjakan mata dan memberikan pengalaman menarik saat menyelam.

Untuk menikmati keindahan maksimal dari tempat ini, sebaiknya kamu datang di bulan Maret hingga Juni karena pada bulan-bulan tersebut bentangan laut di sekitar destinasi wisata ini sangat jernih dengan jarak pandang bisa mencapai 30 hingga 45 meter di bawah permukaan air laut.

Filipina layak menjadi salah satu opsi tujuan wisata yang perlu kamu kunjungi karena selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, banyak destinasi wisata kelas dunia yang ada di negara tersebut.

Gunakan juga kartu kredit PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, untuk memesan hotel dan tiket pesawat demi mendapatkan tarif promo yang murah. Cari, bandingkan, dan ajukan kartu kredit BRI sesuai kebutuhan kamu lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.