Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tempat Wisata Murah yang Harus Kamu Kunjungi di Yogyakarta

by Surtan Siahaan on 1 Mei, 2016

kelola uang ala miliarder - CekAja.com

Awal Mei 2016 akan jadi minggu yang menggembirakan banyak orang di Indonesia. Apa lagi yang menjadi alasannya jika bukan akhir pekan panjang lantaran hari libur yang berderet selama tiga hari.

Kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk berlibur. Buat kamu yang memang sedang mencari ide liburan, kenapa tidak merencanakan untuk liburan di Yogyakarta.

Selain banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari pantai, gunung hingga tempat bersejarah, Yogyakarta juga relatif menjadi target wisata murah.  Tidak heran jika setiap liburan, kota ini selalu jadi sasaran para wisatawan. Nah, berikut ini sejumlah lokasi wisata murah yang bisa kamu datangi di Yogyakarta:

Pantai Parangtritis

Buat kamu yang suka ke pantai, Yogyakarta merupakan daerah yang punya deretan pantai menarik. Yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang terkenal dengan mitos sebagai kerajaan yang didiami ratu pantai selatan atau Nyai Roro Kidul ini relatif mudah dijangkau dari Yogyakarta.

Parangtritis menawarkan keindahan ala pantai selatan yang kepada para pengunjungnya cukup dengan uang masuk Rp 3 ribu rupiah per orang. Di pantai ini juga terdapat berbagai permainan yang bisa kamu sewa di antaranya ATV senilai Rp 50 ribu rupiah per 15 menit. (Baca juga: Liburan Tahun Baru Murah di Yogyakarta)

Pantai Pok Tunggal

Tidak seberapa jauh dari Kota Yogyakarta, di Gunung Kidul terdapat Pantai Pok Tunggal. Pantai cantik ini sedang ngehits akhir-akhir ini. Asyiknya lagi, untuk menikmati keindangan pasir putih yang membentang luas serta deburan ombak air laut di Pantai Pok Tunggal, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 10 ribu per orang.

Widget TRV Insurance

Pantai Indrayanti

Tidak kalah dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti menjadi salah satu pantai yang paling terkenal di wilayah Yogyakarta. Pantai ini masih berada di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai yang diambil dari nama penemunya, Indra dan Yanti ini sering disebut-sebut sebagai pantai yang paling romantis di Yogyakarta.

Untuk masuk dan menikmati indahnya pantai Indrayanti, kamu hanya cukup mengeluarkan uang Rp 10 ribu per orang. Di pantai ini juga terdapat cottage yang bisa disewa pengunjung dengan harga terjangkau.

Pantai yang satu ini menjadi pantai favorit para turis asing maupun lokal karena alamnya masih indah dan terjaga. Bahkan, kamu masih bisa menemukan beberapa primata liar seperti monyet yang berlompatan dari balik tebing.

(Baca juga: Jika Belum Lakukan 5 Kebiasaan Ini, Kamu Gak Akan Pernah Kaya)

Istana Air Tamansari

Lokasinya persis di tengah kota Yogyakarta. Istana air taman sari dibangun pada tahun 1758-1759 oleh Raja Mataram yang memerintah pada saat itu, Sultan Hamengku Buwono I. Dulunya, Istana Air Tamansari ini merupakan bangunan yang sangat sejuk dan indah. Di dalamnya terdapat taman permandian dan temnpat peristirahatan raja. Untuk masuk ke sini cukup dengan uang Rp 5 ribu.

Museum Ullen Sentalu

Buat kamu yang suka dengan udara dingin, Yogyakarta punya banyak kawasan puncak, salah satunya bernama Kaliurang. Di tempat ini banyaki lokasi wisata yang bisa dikunjungi di antaranya Museum Ullen Sentalu yang terletak di daerah Pakem, Kaliurang Yogyakarta. Tiket masuknya juga murah meriah. Hanya dengan uang Rp 25 ribu kamu bisa wisata sambil mempelajari budaya dan kehidupan bangsawan Yogyakarta pada zamannya.

Biaya Rencana Liburan Luar Negeri - CekAja.com

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono beberapa bulan pasca Perjanjian Giyanti pada tahun 1755. Kini keraton tetap menjadi istana resmi kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat meskipun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesia pada 1950.

Memasuki keraton, kamu akan merasakan nuansa jawa yang kental baik karena pertunjukan gamelan/wayang untuk menyambut pengunjung, arsitektur bangunan, maupun para abdi dalem yang memakai beskap dan blangkon jawa.

Bangunan istana kini sebagian besar beralih fungsi menjadi museum yang memperlihatkan barang-barang antik, sejarah RI, lukisan sultan HB terdahulu termasuk lukisan buatan Raden Saleh.

Untuk masuk ke dalamnya, hanya perlu merogoh kocek Rp 12.000 per orang dan tambahan Rp 1.000 untuk setiap kamera yang dibawa. Tersedia juga pemandu istana yang fasih berhasa Jepang, Mandari, Belanda, Jerman, Prancis, bahkan Rusia.

(Baca juga: Ini Buktinya Bila Pria Kaya Suka Wanita Sederhana)

Benteng Vredeburg

Benteng warisan Belanda yang terletak persis di pusat kota Yogyakarta ini juga salah satu tempat tujuan wisata yang layak dikunjungi bila ke Yogyakarta. Di tempat ini sejumlah pejuang kemerdekaan Indonesia pernah ditawan. Gedung ini juga terkenal dengan peristiwa serangan umum 1 Maret 1947. Untuk masuk ke benteng kuno yang masih terawat ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek Rp 2 ribu per orang.

Jalan Malioboro

Jalan yang sangat terkenal di seantero Yogyakarta ini juga tempat tujuan wisata yang sayang dilewatkan bila liburan ke Yogyakarta. Jalan Malioboro merupakan jalan setapak yang membelah kawasan pusat kota Yogyakarta tempo dulu. Meski masuk ke kawasan ini gratis, kamu bisa menikmati keaslian Yogyakarta melalui bangunan bangunan kuno yang terawat juga pasar tradisional, tempat wisatawan menengok orang asli Yogyakarta.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami