Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tempat Wisata Penghilang Penat di Jalur Mudik Lampung, Cek Yuk!

by Tisyrin N. T on 29 Mei, 2019

Imbas dari harga tiket pesawat yang mahal, sebagian masyarakat pun memilih moda transportasi lainnya seperti bus atau mobil pribadi untuk mudik. Untuk menghilangkan bosan di jalan, tak ada salahnya mampir ke tempat wisata di sepanjang jalur mudik.

tempat wisata di jalur mudik

Bagi kamu yang memilih jalur darat untuk mudik ke Pulau Sumatera, kini sudah bisa menikmati tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi hingga Palembang. Namun, sebagian ruas tol masih beroperasi secara fungsional alias belum beroperasi penuh. Dan, tak ada salahnya pula jika kamu tetap menggunakan Jalan Lintas Sumatera.

Tol Trans Sumatera adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digarap Hutama Karya dengan berlandaskan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014. Jalan tol ini nantinya secara utuh akan membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh dengan panjang 2.765 kilometer dan terbagi dalam 24 ruas.

Nah, bagi kamu yang mudik menggunakan mobil pribadi ke Pulau Sumatera, sering-seringlah berhenti untuk beristirahat agar tidak kelelahan. Selain di rest area, tempat wisata yang ada di sepanjang jalur mudik juga bisa jadi pilihan untuk menghilangkan penat dan bosan.

Inilah beberapa tempat wisata di Lampung yang lokasinya mudah diakses dari Jalan Lintas Sumatera atau jalan tol Trans Sumatera, mampirlah sebelum menempuh perjalanan ke kota-kota yang lebih jauh!

Menara Siger

Enaknya mudik dengan mobil pribadi yaitu gak perlu buru-buru. Kamu bisa istirahat kapan saja kalau badan sudah mulai capek. Nah, di kawasan Menara Siger, kamu dapat melepas lelah sejenak sembari menatap pemandangan yang menyegarkan mata.

Sebelum kembali memacu gas melintasi tol Trans Sumatera, istirahatlah sejenak usai menempuh penyeberangan dari Merak ke Bakauheni. Mampirlah ke Menara Siger yang letaknya tak jauh dari Pelabuhan Bakauheni.

Kamu dan keluarga bisa mampir sebentar sembari menikmati pemandangan Selat Sunda dari ketinggian. Pemandangan berupa jajaran pulau-pulau kecil di tengah lautan tenang berwarna biru akan menyambutmu. Kamu juga dapat mengamati aktivitas hilir mudik kapal di Pelabuhan Bakauheni.

(Baca juga: 6 Tips Menyetir Mobil Jarak Jauh Agar Mudik Aman)
Pantai Embe Kalianda

Pantai Embe Kalianda terbilang sangat mudah diakses sehingga cocok kamu hampiri di tengah perjalanan mudik. Lokasinya mudah diakses dari Jalan Lintas Sumatera. Selain itu, lokasinya juga hanya berjarak sekitar 15 km dari Gerbang Tol Kalianda atau dapat ditempuh sekitar 20 menit.

Pantai Embe memiliki bentangan pasir putih dan menyajikan pemandangan Teluk Lampung yang tenang. Kamu juga akan melihat keindahan Gunung Rajabasa dari Pantai Embe.

Pantai ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang akan membuat pengunjung betah. Nah, menyenangkan bukan bersantai menikmati semilir angin pantai sebelum melanjutkan perjalanan?

Pantai Embe juga lokasinya berdekatan dengan beberapa pantai lain yang tak kalah cantik seperti Pantai Sapenan dan Pantai Bagus. Tak jauh dari Pantai Embe, terdapat hotel bintang 4 Grand Elty Krakatoa yang bisa kamu jadikan tempat menginap jika masih enggan melanjutkan perjalanan. Grand Elty Krakatoa terletak di pinggir pantai yang juga menyajikan suasana tenang dengan air laut yang biru jernih.

Pantai Pasir Putih 

Pantai Pasir Putih letaknya di pinggir jalur Lintas Sumatera. Jadi, bagi kamu yang mudik lewat jalur ini, bisa menjadikan Pantai Pasir Putih sebagai tempat istirahat. Pantai tersebut lokasinya di Desa Tarahan, Lampung Selatan.

Seperti namanya, pantai ini punya bentangan pasir yang putih. Kamu juga bisa bersantai dengan ditemani pepohonan yang rindang. Mengingat pantai ini berada di kawasan milik TNI Angkatan Darat, ada nuansa khas militer yang menghiasi pantai ini.

Jadi, tertarik untuk datang? Kamu bisa beristirahat sambil menikmati debur ombak dan angin pantai yang semilir. Pastinya, cara ini sangat efektif untuk mengumpulkan energi kembali sebelum melanjutkan perjalanan.

Slanik Waterpark

Slanik Waterpark lokasinya tak jauh dari jalan tol Trans Sumatera. Nah, mengajak anak-anak bermain air sebelum melanjutkan perjalanan tentu akan menyenangkan bukan? Mampirlah ke Slanik Waterpark  yang merupakan wisata air terbesar di Lampung. Namun, jika dalam kondisi sedang berpuasa saat mudik, ingatkan anak-anak ya agar jangan sampai ada air dari kolam yang terminum.

Di Slanik Waterpark, terdapat banyak wahana seperti perosotan, kolam renang, ember tumpah, dan sebagainya. Tentunya rasa lelah di perjalanan bisa hilang dengan bermain-main sejenak. Anak-anak pun akan merasa gembira dan tidak bosan. 

(Baca juga: Daftar Tarif Tol dan Jalur Mudik yang Bisa Kamu Pilih Tahun Ini)
Masjid Istiqlal Bandar Jaya

Salah satu tempat yang nyaman untuk beristirahat di tengah perjalanan mudik lewat darat adalah masjid. Kamu bisa memilih Masjid Istiqlal Bandar Jaya di Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Lokasi Masjid Istiqlal Bandar Jaya berada di Jalan Lintas Sumatera. Mengingat lokasinya yang strategis, banyak pengendara singgah ke masjid ini. Masjid tersebut merupakan masjid paling besar di Lampung Tengah.

Nah, jangan lupa lengkapi perjalanan mudikmu dengan asuransi terbaik ya. Cek pilihannya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami