Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tepat Gak, Belanja Lebaran Pakai Kartu Kredit?

by JTO on 24 Juli, 2014

Halo Mbak Prita, saya Aldi. Mau tanya tentang persiapan lebaran nih Mbak. Pertanyaannya, boleh gak sih gunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan di hari raya? Pada saat hari raya, selain kebutuhan membeli bahan-bahan kebutuhan, terkadang saya pun harus ajak keluarga untuk liburan ke tempat-tempat rekreasi. Transaksi yang saya lakukan pun terkadang menggunakan kartu kredit. Bagaimana pengaturan yang harus saya lakukan? Memang, ada tambahan THR yang saya dapat, namun terkadang tidak cukup, dan malah habis untuk membayar tagihan dan hutang.

Salam,

Aldi

 

Prita menjawab:

 

Hi Mas Aldi, apa kabar? Menggunakan kartu kredit untuk belanja lebaran tentu sah-sah saja. Apalagi banyak kartu kredit yang memang menawarkan promo diskon khusus, atau promo tertentu. Ditambah lagi, Anda bisa mengumpulkan poin hadiah yang nantinya dapat ditukarkan dengan berbagai hal menarik.

Namun, bahaya yang dapat terjadi adalah Anda melakukan pembelanjaan diluar batas kemampuan finansial. Anda menganggap kartu kredit sebagai tambahan penghasilan yang memudahkan untuk melakukan pembelian segera, meski keuangan belum mampu. Sehingga, setelah lebaran usai, Anda bisa menghadapi utang kartu kredit yang berlebihan.

Coba batasi penggunaan kartu kredit dengan hanya satu kartu kredit saja yang saat ini memberikan promo yang paling menarik sesuai dengan gaya hidup keluarga Anda.

Nah, supaya penggunaan kartu kredit dapat lebih membawa manfaat coba ikuti tips saya berikut ini.

  1. Batasi limit kartu kredit Anda sesuai dengan dana yang Anda miliki. Misalkan limit kartu kredit Anda adalah Rp. 20 juta. Maka, telepon ke card centre dan minta agar dilakukan pembatasan limit hanya sebesar satu bulan gaji Anda.
  2. Buatlah anggaran atau rencana belanja lebaran agar tidak melebihi batasan limit yang telah Anda tetapkan. Coba gunakan kartu kredit hanya untuk pembelian khusus misalnya beli tiket masuk ke taman wisata
  3. Bayar kartu kredit Anda setelah Anda melakukan pembelanjaan. Tujuannya supaya Anda tidak menumpuk utang kartu kredit.

Gunakan kartu kredit yang Anda miliki dengan cermat. Jangan tergoda untuk melakukan pembelian impulsif yang mungkin akan Anda sesali di kemudian hari. Live a Beautiful Life!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami