Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Terbongkar Rahasia Cara Mudah Pinjam Uang di Bank

by Satrya Agung on 9 Oktober, 2016

Ada anggapan bahwa meminjam uang di bank susah-susah gampang. Pendapat ini muncul karena ketidak tahuan masyarakat akan cara mudah melakukan pinjaman uang di bank.

Padahal jika kita tahu trik dan kiat agar pinjaman bank disetujui tentu akan mempermudah proses pinjam meminjam ini.

Pilihan untuk mengajukan pinjaman pada bank ini tentu didasari kebutuhan yang besar. Jika uang yang dibutuhkan tidak besar ada banyak cara lain yang bisa ditempuh. Mulai dari meminjam uang teman atau menggadaikan barang berharga di pegadaian.

Alasan mengajukan pinjaman pada bank pun beragam, dari memenuhi kebutuhan pokok seperti membayar uang sekolah atau kuliah anak, renovasi rumah, sampai untuk menutupi kebutuhan modal usaha. Lalu apa saja yang dilakukan agar pinjaman bank kita disetujui bank?

Lengkapi seluruh persyaratan

Setiap bank mempunyai standarisasi persyaratan yang harus dipenuhi. Ini wajib hukumnya. Permohonan pinjaman tidak akan diteruskan prosesnya jika ada beberapa persyaratan yang tidak dipenuhi. Untuk itu lengkapi seluruh persyaratan yang diminta. Periksa secara detail apakah semua berkas sudah terlampir.

Tanyakan secara terperinci apa saja yang dibutuhkan pihak bank. Dan buat daftarnya sehingga tidak ada yang terlupa. Jika ada dokumen yang tidak tersedia segera tanyakan pada pihak apakah ada alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengganti dokumen yang diminta tersebut.

Seperti jika yang diminta adalah slip gaji sedangkan kamu bukan seorang pegawai maka tanyakan apa penggantinya. Biasanya pihak bank akan memberi alternatif lain seperti fotokopi catatan rekening terbaru atau rekening koran.

Ketika semua persyaratan sudah lengkap akan menghemat waktu dan biaya. Kamu tidak perlu bolak-balik bank untuk melengkapi dokumen persyaratan yang diminta. Secara mendasar persyaratan yang diminta adalah fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM, fotokopi akta nikah, fotokopi kartu keluarga, fotokopi slip gaji, dan fotokopi buku tabungan.

Jaminan

Cara mudah pinjam uang di bank adalah dengan menggunakan jaminan. Jamianan atau agunan yang akan diserahkan pada bank haruslah mempunyai nilai yang lebih tinggi atau setidaknya sama dengan jumlah pinjaman yang diharapkan.

Tujuannya untuk sebagai penjamin pihak bank ketika debitur mengalamin kredit macet, hingga jaminan tersebut bisa dilelang dan menutupi kekurangan pinjaman yang tak terbayar.

Tidak semua barang bisa dijadikan jaminan. Jaminan dengan kendaraan bermotor memiliki usia kendaraan yang ditetapkan pihak bank. Karena pihak bank akan melakukan analisa atas penyusutan kendaraan tersebut, apakah masih bisa menutupi nilai pinjaman atau tidak.

Tidak dalam keadaan berhutang

Bank akan melakukan analisa data keuangan calon debiturnya. Jika terdapat catatan bahwa memiliki utang pada bank lain maka akan timbul pertanyaan. Pihak bank akan menganalisa apakah debitur masih mampu membayar utangnya atau tidak.

Mau Hitung KTA?
Nominal Pinjaman Rp.
Jangka Waktu
Bunga Pinjaman (FLAT) %
Estimasi Cicilan Perbulan Rp.
Estimasi Total Pinjaman Rp.

Status finansial

Segala catatan utang bank yang pernah dimiliki akan terdeteksi. Baik itu sejarah kredit rumah, kendaraan, atau utang lainnya. Jika si pemohon pinjaman pernah mengalami kredit macet maka akan sulit bagi bank untuk menyetujui. Walau catatan buruk di BI checking itu bisa dihapus, namun akan memakan banyak waktu hingga pengajuan disetujui bank.

Gunakan jasa CekAja.com

CekAja.com bisa menjadi solusi praktis, cepat dan tepat dalam pengajuan pinjaman pada bank. Ada banyak pilihan bank yang ditampilkan dengan tingkat bungat yang beragam. Debitur cukup memilih bank mana yang sesuai dengan kebutuhannya lalu selanjutnya tim CekAja.com yang akan melanjutkan pada bank tersebut.

Sudah banyak nasabah yang dibantu CekAja.com dalam penyetujuan pinjaman mereka. Bahkan CekAja.com juga memberi kenyaman dan keamanan yang mutlak dimana CekAja.com sudah menjalin kerjasama dengen OJK. Dengan bantuan CekaAja.com cara mudah pinjam uang di bank bukanlah hal yang mustahil.

Butuh tips lain agar pinjaman bank disetujui? Simak artikel berikut.

(Baca juga: Lakukan Ini Supaya Pengajuan Kredit ke Bank Selalu Disetujui)

Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.