Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Terjerat Kasus Narkoba, Ini Deretan Bisnis Medina Zein yang Bikin Tajir

by Tisyrin N. T on 31 Desember, 2019

Belakangan, nama pengusaha Medina Zein tengah jadi bahan perbincangan. Setelah sebelumnya menggugat artis Irwansyah atas kasus penggelapan dana, kini Medina malahan terjerat kasus narkoba. Di luar kasus tersebut, wanita muda ini rupanya memiliki sederet bisnis di berbagai bidang. 

Kecantikan Wajah Operasi Plastik

Siapa Medina Zein?

Wanita bernama lengkap Medina Susani Daivina Zein ini lahir pada 23 Mei 1992. Medina adalah istri dari Lukman Azhari, adik kandung aktris Ayu Azhari. Kakak iparnya yaitu Ibra Azhari juga kembali terjerat kasus obat-obatan terlarang. 

Medina menikah dengan Lukman pada tahun 2017 lalu. Namun, sebelum menjadi bagian dari keluarga Azhari, ia pernah menikah muda di usia 19 tahun dan dikaruniai satu anak. Bersama Lukman, ia juga telah dikaruniai seorang buah hati. 

Medina adalah lulusan dari Akademi Kebidanan Stikes Budi Luhur, Bandung, Jawa Barat. Namun, ia kini dikenal sebagai pengusaha muda sekaligus selebgram hijabers populer. 

(Baca juga: 5 Ide Bisnis Kuliner Indonesia Menguntungkan di Luar Negeri)
Bisnis Medina Zein

Medina terbilang sangat sukses untuk ukuran wanita seusianya yaitu 27 tahun. Sederet bisnis yang ia kelola membuatnya mampu mengumpulkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit. Ia memiliki bisnis bidang kecantikan, kuliner, tour and travel, fesyen, hingga wisata.

Namun, siapa sangka, ia harus terjerat kasus narkoba.  Nah, inilah sederet bisnis yang mengangkat nama Medina Zein dirangkum dari berbagai sumber:

  • Produk dan klinik kecantikan

Medina nyemplung di bisnis kecantikan berkat pengalamannya mengikuti kursus kecantikan. Ia memiliki bisnis produk skin care dengan merek MD Glowing yang berjalan sejak tahun 2013. 

Bisnis skin care tersebut kian sukses karena meng-endorse selebgram. Gak cuma skin care, ia juga menjajal bisnis lipstik dengan mengeluarkan merek MD Cosmetics.

Ia juga punya usaha klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan seperti infus kromosom, injection, microdermabrasion, breast vacum, botox, aquaglow, chemical peeling, dermafiller hidung dagu pipi, dermaroller, double chin injection, hingga facial anti aging acne whitening. Kliniknya tersebar di Tangerang, Samarinda, Bogor, Surabaya, Jakarta, Makassar, dan Bandung. 

  • Oleh-oleh kue kekinian

Kamu ingat kan dengan betapa hebohnya bisnis oleh-oleh kue kekinian yang melibatkan para artis? Bisnis oleh-oleh kue kekinian artis jaya pada tahun 2016 dan 2017. Saat ini bisnis tersebut memang sudah terbilang meredup. 

Medina Zein adalah salah satu pemain dalam bisnis oleh-oleh kue kekinian artis ini.  Namun sayangnya, belum lama ini, bisnis tersebut malahan membuatnya melaporkan Irwansyah ke polisi karena dugaan penggelapan dana.

  • Travel umrah

Berawal dari kesulitan saat akan memberangkatkan umrah karyawannya, Medina lalu memutuskan untuk memulai bisnis travel umrah. Ia pun membuka MedinaZein Tour & Travel di bawah naungan PT Medina Global Travelindo. Dengan begitu, ia juga sekaligus lebih leluasa memberangkatkan karyawannya ke Tanah Suci. 

Selain menawarkan paket umrah, MedinaZein Tour & Travel juga menawarkan paket liburan ke Turki, Korea Selatan, Bangkok, dan sebagainya. 

  • Butik

Bisnis bidang fesyen memang menjanjikan dan tak lekang oleh waktu. Apalagi bisnis fesyen untuk muslimah yang peluangnya sangat terbuka lebar seiring dengan semakin banyaknya wanita memilih berpakaian secara islami. 

Media rupanya menangkap peluang tersebut. Di bidang fesyen, ia mendirikan Medina Zein Boutique yang menyediakan hijab, gamis, serta khimar. Selain dipasarkan melalui store di Bandung, ia juga memasarkan produknya secara online. Beberapa koleksi pakaiannya bahkan pernah ditampilkan di Amsterdam Modest Fashion Week. 

(Baca juga: Mau Bisnis Sama Teman? Contek Kiat Suksesnya!)
  • Vila di Bali

Masih ada lagi sumber uang Medina, yaitu bisnis vila di Bali. Melalui akun Instagram-nya terlihat bahwa vila tersebut bernama The Laras Villa Jimbaran by MZ.

Wah, banyak juga ya bisnis yang dimiliki seorang Medina Zein? Kamu juga mau jadi pebisnis sukses? Selain ide-ide segar, pebisnis sukses juga butuh dukungan modal yang memadai. Kalau kamu butuh tambahan modal untuk mengembangkan bisnismu, cek di CekAja.com untuk menemukan berbagai solusi finansial!

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.