Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ternyata 5 Presiden Indonesia Anak Motor Lo! Ini Buktinya

by Gito on 2 Desember, 2019

Hobi mengendarai sepeda motor selama ini identik dengan anak muda. Maklum, dalam aktivitas tersebut terkandung filosofi kebebasan juga kreativitas yang umumnya melekat di kaum muda. Tetapi bukan berarti kaum tua tidak ada yang menggeluti hobi tersebut, 5 Presiden di Republik ini yang pastinya sudah tidak muda, ternyata menggeluti hobi sepeda motor. Seperti pepatah bilang, age is just a number.


Mengendarai sepeda motor memang tidak semudah membayangkannya. Perlu ketrampilan dan juga kewaspadaan yang tinggi untuk bisa melewati rintangan dan hambatan yang sewaktu muncul di jalanan.

Kamu juga harus memiliki ketenangan mental dan juga kesehatan fisik saat mengendarai si kuda besi kesayangan. Namun mengendarai motor bagi sebagian orang tidak hanya aktivitas menunggang besi beroda dan bermesin saja, ada juga yang memaknainya sebagai gaya hidup.

Mereka biasanya bergabung bersama dengan kelompok yang juga memiliki visi yang sama, sehingga terciptalah komunitas motor. Sebut saja Brotherhood, BB1%MC, HDCI dan beberapa klub motor besar lainnya yang lahir dari kesamaan visi dan kemudian menjadikannya sebuah gaya hidup dan tujuan hidup.

Bahkan 3 orang nomor satu di negeri ini juga diketahui menggeluti dunia sepeda motor. Mereka acap terlihat sedang menunggang motor kesayangannya di jalan raya, atau istilah mudanya sekarang sunmori, sunday ride morning. Simak yuk!

1. Presiden Soekarno

Presiden pertama di Republik ini ternyata juga memilki kedekatan emosional dengan sepeda motor, khususnya Vespa. Dia memberikan hadiah Vespa kepada Kontingen Garuda II yang dikirim ke Kongo untuk misi perdamaian pada tahun 1960.

Oleh karena itu, Vespa tersebut hingga sekarang dikenal sebagai Vespa Kongo. Meskipun tergolong lawas, tetapi motor ini memiliki nilai sentimentil yang tinggi. Oleh karena itu wajar jika sekarang harga Vespa tersebut masih cukup tinggi.

(Baca juga: Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Termudah Lewat HP)
2. Presiden Soeharto

Memerintah selama kurang lebih 32 tahun di Indonesia, Presiden Soeharto juga memilki hobi motor untuk aktivitas hiburannya. Tunggangan kesukaannya adalah Suzuki VS 400 Intruder dan juga Harley Davidson Road Kings.

Kedua motor besar tersebut memilki kapasitas mesin masing-masing 399 cc dan 1.340 cc. Keduanya kerap digunakan oleh Soeharto untuk berkeliling istana bersama menterinya atau dengan putranya.

Dibalik keruwetannya menjadi orang nomor satu di Indonesia, Soeharto masih tetap mengendarai motor kesayangannya untuk melepas lelah dan penat.

3. Presiden BJ Habibie

Terkenal di dunia penerbangan, tak membuat BJ Habibie kehilangan hobinya di dunia sepeda motor. Selain memiliki koleksi mobil mercedes benz dari segala tipe, Presiden ke tiga Republik Indonesia itu juga hobi menunggang sepeda motor.

Andalannya adalah Harley Davidson Badboy. Motor berkapasitas 1.340 cc itu bahkan juga sering digunakan Habibie untuk menempuh perjalanan ke Ciawi untuk bermain golf dari kediamannya di Jakarta.

Kecintaannya pada motor juga ditengarai oleh saran dokter yang menyatakan bahwa guncangan saat mengendarai sepeda motor baik bagi proses pemulihan jahitan pasca operasi jantungnya.

4. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

Dengan postur tubuhnya yang tinggi dan juga besar, Susilo Bambang Yudhoyono terlihat pas sekali mengendarai sepeda motor kesayangannya, Harley Davidson Road Glide Screaming Eagle tahun 20004.

Motor besar berkapasitas 1.690 cc itu memang didesain untuk perjalanan jarak jauh alias touring. Memiliki berwarna dasar hitam dan memiliki aksen merah.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sendiri sudah terlihat beberapa kali menunggang kuda besinya. Dibalik ketenangannya saat berbicara, ternyata SBY juga memiliki sisi lain yang sama seperti pria pada umumnya.

(Baca juga: 7 Sepeda Motor yang Paling Banyak Ditunggu di 2019)
5. Presiden Joko Widodo

Pria yang saat ini menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia memesan khusus motor tunggangannya dari rumah modifikasi Elders Garage yang bekerja sama dengan Kick Ass Chopper.

Motor berjenis Chopper itu merupakan karya anak bangsa yang memiliki kapasitas 346 cc. Bahan motor tersebut adalah Royal Enfield Bullet 350 yang didatangkan dari India.

Motor tersebut sudah beberapa kali di gunakan oleh Joko Widodo untuk touring bersama dengan rombongan kepresidenan. Selain itu kamu juga tidak lupa bukan aksi Joko Widodo saat menunggang Yahama FZ1 saat  pembukaan Asean Games 2018 lalu.

Nah kamu yang penasaran sama motor-motor milik Presiden, kamu juga bisa memiliki jenis yang sama. Namun tentunya kocek yang harus di rogoh cukup dalam.

Karena kebanyakan dari kepunyaan Presiden memiliki kapasitas mesin yang tidak kecil dan juga unik. Kamu bisa manfaatkan fasilitas dari bank jika memang sudah sangat menginginkannya. Ajukan di CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit