Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Ternyata Ada Batasan Waktu Pemakaian Uang Elektronik di Jalan Tol 

by Achmad Fauzi on 12 Juni, 2018

Sejak Oktober 2017 lalu transaksi di jalan tol menggunakan uang elektronik. Tidak hanya di tol di Jakarta saja, tetapi tol di seluruh Indonesia kini menggunakan kartu elektronik. Namun, ternyata ada batasan waktu penggunaan kartu uang elektronik di dalam tol.

uang elektronik

Artinya, Anda harus keluar dari tol tersebut sesuai waktu yang diberikan. Jika tidak keluar, maka kartu uang elektronik tidak bisa digunakan untuk transaksi keluar tol.

“Kami memonitor durasi perjalanan pengguna jalan tol saat uang elektronik ditap di gerbang asal dan uang elektronik ditap di gerbang tujuan semata untuk evaluasi operasional kami,” ujar AVP Corporate Communication, Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya.

Jangan Terlalu Lama di Tempat Peristirahatan

Dengan adanya batasan waktu uang elekronik ini, akan menjadi pengingat Anda untuk tidak berlama-lama di tempat peristirahatan yang ada di dalam tol. Karena, seperti yang dikatakan di atas, ada risiko yang akan Anda hadapi jika berlama-lama di jalan tol.

Sebenarnya juga, aturan ini sudah lama diterapkan dan merupakan standar operasional prosedur (SOP) dalam pengoperasian transaksi elektronik. Salah satunya, telah berlaku di tol Purbaleunyi yang masa batas waktunya 4 jam. (Baca juga: Unik! Ini Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah!)

Uang Elektronik Tetap Bisa Digunakan

Meski uang elektronik Anda telah mencapai batas waktu di jalan tol, maka Anda tak perlu khawatir. Menurut Dwimawan Heru, uang elektronik Anda tetap bisa digunakan untuk transaksi di jalan tol. Hanya saja transaksinya tidak dilakukan dengan cara ditap, melainkan dengan cara manual menggunakan mesin EDC.

“Sebagaimana kami tegaskan diatas, uang elektronik tetap ditransaksikan  secara manual. Yaitu uang elektronik akan ditransaksikan Petugas kami diluar Gardu Tol Otomatis (GTO) menggunakan mesin EDC,” jelasnya.

Dengan demikian, pengguna jalan tol dapat menggunakan uang elektronik yang sama. Anda juga bebas menggunakan kartu dalam batas wajar, tanpa kekhawatiran uang elektroniknya menjadi expired. (Baca juga: 5 Kamera Mirrorless untuk Bekal Mudik dan Libur Lebaran)

Perlunya Asuransi Perjalanan

Dengan penjelasan di atas maka hal itu menjadi peringatan untuk tidak berlama-lama di jalan. Maka dari itu Anda harus berkendara dengan cepat, tetapi tetap perlu berhati-hati. Selain itu, Anda juga perlu mencari perlindungan lebih untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, salah satunya dengan mengajukan asuransi perjalanan.

Anda bisa mengajukan asuransi perjalanan di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia menyediakan berbagai pilihan asuransi perjalanan. Yuk mulai dari sekarang ajukan asuransi perjalanan Anda di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami