Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Ternyata, Bisnis Official Account Line Bisa Raup Untung Ratusan Juta Rupiah Perbulan. Begini Cara Kerjanya

by Rafly Aditia on 20 Februari, 2016

Kamu mungkin sering melihat berbagai quote, foto, hingga video-video yang menarik ketika membuka timeline di aplikasi Line Messenger. Biasanya konten-konten tersebut dikeluarkan oleh official account (OA). Kehadiran OA ini memang kerap membuat timeline menjadi ramai. Tapi tahukah kamu kalau OA merupakan bisnis sampingan yang cukup menjanjikan?

Bisnis OA memang belum dipandang oleh banyak mata. Padahal, untung yang didapat dari bisnis ini benar-benar menggiurkan. Gak percaya? Simak hasil wawancara tim CekAja.com bersama salah seorang pengembang bisnis Official Account yang cukup tenar di Line Messenger.

Modal minim bahkan gak sampai Rp 200 ribu

Menurut Aditya, pemilik official account ‘Why So Serious?’, modal untuk menjalani bisnis official account (OA) sangatlah minim. Di bilang, bisnis ini cocok buat kamu yang cuma punya modal smartphone dan budget pas-pasan tapi ingin membangun bisnis yang menjanjikan.

“Dulu saya promosi ke dua akun, yang satu bayar Rp 60 ribu untuk paid promote dan satu lagi Rp 100 ribu untuk paid promote juga. Jadi, total selama saya buat OA ini cuma ngeluarin Rp 160 ribu,” terang Aditya.

Dari karyawan sampai anak sekolah

Membangun bisnis official account di Line ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Adit sendiri masih berstatus sebagai karyawan. Bahkan menurutnya ada sebuah official acount Line terkenal yang dikelola anak SMA.

“Status saya saat ini adalah seorang karyawan. Bahkan ada official acount lain yang dikelola oleh anak SMA loh,” terangnya.

(Baca juga: Jumlah Tabungan yang Mesti Disiapkan Jika Ingin Berhenti Kerja dan Mulai Berbisnis)

Ada dua cara promosi

Untuk mengembangkan official account yang kamu bangun ada dua cara yang paling sering dilakukan yaitu Paid Promote dan Promote for Promote. Paid promote adalah promosi berbayar kepada official account lainnya. Sementara promote for promote adalah strategi saling promosi yang dilakukan antar official account secara cuma-cuma.

Pendapatan dari iklan mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 100 jutaan

Kalau bicara mengenai pendapatan bisa dibilang bisnis official account cukup menjanjikan. Karena, tanpa kerja yang rumit kamu bisa mendapatkan uang sampingan yang lumayan.

“Sekarang dengan status ‘Why So Serious?’ yang cuma punya sekitar 66 ribu adders lebih, saya dapat sekitar Rp 500 ribu per bulan. Ini saya dapat dari jasa iklan berbayar yang saya sediakan,” tukasnya.

Bahkan, kalau benar-benar dikelola secara baik dan dalam jangka waktu yang cukup lama, bisnis official account Line bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 100 juta perbulannya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.