Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Ternyata Kerugian yang Ditanggung Kalau Kamu Masih Merokok Sangat Besar. Ini Buktinya

by Rafly Aditia on 31 Mei, 2016

tips berhenti merokok _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Kecanduan rokok dianggap sebagai sesuatu yang merugikan. Bukan hanya bikin tubuh menjadi rentan terserang penyakit, tetapi juga bisa bikin dompet kering kerontang. Tanpa disadari sebenarnya hal tersebut dialami oleh semua perokok, tidak peduli tua, muda, miskin, ataupun kaya raya.

Semua perokok sebenarnya mengalami kerugian finansial. Tidak percaya? Berikut jumlah kerugian finansial yang kamu tanggung kalau kamu masih merokok.

Merokok selama satu tahun – Rp 7,3 juta

Dengan asumsi harga rokok Rp 20 ribu per bungkus, sementara kamu menghabiskan satu bungkus rokok setiap harinya, maka kerugian yang kamu tanggung apabila tahun ini kamu masih rerus merokok adalah senilai Rp 7,3 juta (Rp 20 ribu x 365 hari).

Padahal, uang sebanyak ini bisa dibelikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat seperti misalnya satu buah motor bekas atau juga bisa untuk biaya sekolah anak.

Untuk para pecandu berat – Satu mobil

Tidak sedikit orang yang kecanduan berat merokok. Satu bungkus rokok setiap hari rasanya tidak cukup untuk memuaskan hasrat ingin menghisap berbagai zat berbahaya di dalam rokok. Para pecandu berat minimal menghabiskan dua bungkus rokok setiap hari.

Apabila harga rokok senilai Rp 20 ribu dan kamu menghabiskan dua bungkus setiap harinya dalam 3 tahun seharusnya kamu bisa beli mobil. Gak percaya? Ini perhitungannya:

  • Rp 40 ribu x 365 hari = Rp 14,6 juta
  • Rp 14,6 juta x 3 = Rp 43,8 juta

Dengan uang senilai Rp 43,8 juta seharusnya kamu sudah bisa membeli mobil bekas tahun 1990an atau bahkan 2000an. Kalau mau beli mobil baru, uang sebanyak itu sudah bisa dijadikan untuk uang muka.

(Baca juga: 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dibeli dengan Uang Rokokmu)

Anak sekolah dan mahasiswa – Liburan ke luar negeri setiap tahun

Bukan hal yang aneh lagi kalau sekarang mahasiswa bahkan anak sekolah sekalipun yang sudah mengalami kecanduan merokok. Memang biasanya, kecanduan yang dialami tidak seberat orang-orang dewasa. Dengan asumsi mahasiswa atau anak sekolah menghabiskan setengah bungkus rokok setiap hari, maka selama total 182,5 bungkus rokok dihabiskan selama setahun

Masih dengan harga rokok yang sama yaitu Rp 20 ribu per bungkus, selama satu tahun kamu menghabiskan uang sebesar Rp 3,65 juta setiap tahun. Uang sebanyak itu sudah bisa membawa kamu pergi ke luar negeri, misalnya ke Thailand atau Singapura.

Ibu hamil – Kerugian tak ternilai

Pastinya kamu sudah mengetahui bahwa rokok sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Mengapa demikian? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia WHO, rokok bisa membahayakan kondisi janin. Mulai dari risiko bayi mengalami cacat, bibir sumbing, hingga keguguran akan menghantui bayi.

Bayangkan,hanya karena rokok kamu atau pasanganmu harus mengalami keguguran. Si kecil yang kehadirannya sudah diidam-idamkan bisa mengakhiri hidup lebih dulu sebelum dilahirkan ke dunia. Berapa kerugiannya? Tak ternilai!

(Baca juga: Cara Berhenti Merokok Dalam Seminggu Tanpa Terapi)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami