Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ternyata, Tidak Hanya Kebakaran yang Dilindungi Asuransi Properti

by JTO on 14 Oktober, 2014

Apakah hanya kebakaran saja yang yang ditanggung oleh asuransi properti? Ternyata tidak. Banyak perlindungan lain yang bisa Anda dapatkan dan memberikan keuntungan ketika Anda memiliki asuransi properti. Rumah, toko, kantor, hingga pabrik yang Anda miliki akan aman. Apa saja perlindungannya?

Dibandingkan asuransi lain seperti asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi kecelakaan, dan asuransi jiwa, asuransi properti memang masih kurang popular di masyarakat. Padahal, asuransi ini memiliki nilai perlindungan yang cukup penting.

Misalnya saja bagi Anda pemilik rumah tempat tinggal, asuransi ini dapat melindungi seluruh barang-barang yang terdapat di dalam rumah. Bila risiko yang terjadi adalah kebakaran, asuransi ini akan melindungi rumah Anda dari sisi konstruksi yang sangat mungkin bahwa rumah tempat tinggal tersebut akan menjadi tidak layak untuk ditinggali.

Apalagi, bagi Anda yang memiliki properti bisnis yang melibatkan gudang, pabrik, serta perkantoran. Asuransi ini akan memberikan perlindungan bagi nilai kerugian untuk menjadi lebih besar lagi. Bukan saja bangunan dan benda-benda yang ada di dalamnya, properti bisnis biasanya terdapat barang-barang berharga berupa dokumen yang tidak dapat tergantikan. Karena itulah, kerugian finansial yang ditimbulkan biasanya akan lebih besar. (Baca juga: Langkah Tepat Memilih Asuransi Properti)

Lalu, sebenarnya perlindungan apa saja yang bisa didapatkan dalam asuransi properti?

Tergantung Jenis Properti

Ya, jawaban pertanyaan diatas adalah tergantung dari properti apa yang Anda miliki, dan jenis pertanggungan yang diinginkan. Dalam asuransi ini, properti yang yang dapat dilindungi dibedakan menjadi properti pribadi berupa tempat tinggal; properti bisnis seperti ruko, toko, kantor dan lainnya; dan properti industri seperti pabrik.

Asuransi Rumah

Asuransi yang melindungi properti pribadi atau tempat tinggal, biasanya disebut sebagai asuransi rumah. Asuransi ini memberikan berbagai perlindungan properti yang komprehensif bagi para pelanggan perorangan. Perlindungan tersebut bisa berupa asuransi standar untuk bangunan dan isi rumah, sampai produk asuransi rumah yang lebih kompleks dengan tambahan perlindungan finansial untuk memenuhi kebutuhan yang lebih spesifik. (Baca: Memilih Asuransi untuk Rumah Anda)

Kegunaan asuransi rumah adalah menyediakan perlindungan finansial terhadap bangunan dan isi rumah dari beberapa kemungkinan risiko seperti kebakaran, pencurian, kerusakan akibat suatu kecelakaan,badai/banjir, gempa bumi dan berbagai musibah lainnya.

Tidak hanya memberikan perlindungan standar, beberapa produk dari asuransi rumah juga memberikan berbagai tambahan perlindungan lainnya, yaitu;

  • Perlindungan barang-barang koleksi serta barang-barang berharga
  • Perlindungan akomodasi sementara (jika tempat tinggal Anda tidak bisa ditinggali lagi)
  • Personal liability yang memberikan perlindungan finansial terhadap rusaknya properti atau cidera badan yang dialami pihak ketiga dan biaya legal yang dikeluarkan terkait perlindungan ini
  • Perlindungan barang-barang pribadi yang di bawa ke luar rumah, seperti jam tangan, perhiasan, dan sebagainya
  • Perlindungan tanggung gugat yang timbul dari aktivitas-aktivitas olahraga, serta kerugian finansial akibat kehilangan atau rusaknya peralatan olahraga

Perlindungan Properti Bisnis

Bagi properti yang tergabung dalam suatu bisnis yang melibatkan gudang, pabrik, ruko serta perkantoran, jenis perlindungan yang diberikan biasanya lebih kompleks. Misalnya untuk pabrik, biasanya akan memiliki perlindungan tersendiri untuk mesin-mesin yang dimilikinya.

Untuk objek bangunan seperti pabrik, rumah sakit, gedung perkantoran, toko, gudang dan sebagainya, biasanya paket yang ditawarkan adalah paket asuransi ‘Property All Risk’ yang memberikan perlindungan menyeluruh terhadap objek dan kepentingan. Risiko-risiko yang dilindungi seperti;

  • Kebakaran, peledakan, petir, kejatuhan pesawat, asap
  • Kebongkaran/pencurian dengan kekerasan
  • Bencana alam (kecuali gempa bumi dan letusan gunung api harus ditutup dalam polis terpisah), Risiko lainnya yang tak terduga kejadiannya dan tidak disengaja

Jadi dengan kata lain, polis Property All Risk /Industrial All Risk akan menjamin semua risiko sepanjang risiko tersebut tidak dikecualikan. Namun, risiko yang dikecualikan tersebut pun dapat dimasukkan ke dalam polis jika Anda meminta klausul perlindungan tambahan.

Dalam polis standar asuransi kebakaran sendiri, terdapat beberapa risiko yang dikecualikan, yaitu;

  • Kebakaran atau ledakan dari api yang timbul sendiri (self contribution) atau akibat hubungan arus pendek (short circuit) atau yang timbul dari sifat barang itu sendiri (inherent vice); hal ini bisa dimasukkan dalam polis jika secara tegas dijamin dengan perluasan khusus
  • Pencurian atau kehilangan pada saat dan setelah terjadinya peristiwa yang dijamin polis
  • Kebakaran akibat perang, penyerbuan, aksi musuh asing, kegiatan menyerupai perang, perang sipil dan sejenisnya
  • Reaksi nuklir, kontaminasi atau pencemaran radioaktif
  • Kesengajaan, gangguan usaha, kebakaran hutan, semak, dan gambut

Sebagai informasi, umumnya polis untuk asuransi tempat tinggal sering disebut “Home Insurance”, sedangkan polis untuk asuransi bangunan lain sering disebut “Property Insurance”. Jadi, apakah Anda sudah asuransikan properti yang Anda miliki?

 

Jika belum, daftar sekarang juga di sini!

Tentang Penulis

JTO

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami