Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Terseret Kasus Narkoba, Intip 5 Sumber Cuan Ririn Ekawati

by Sindhi Aderianti on 9 Maret, 2020

Sabtu (7/3), Ririn Ekawati berinisial ditangkap polisi akibat kasus penyalahgunaan narkoba. Tak sendiri, pihak berwajib juga mengaman kan dua orang lain, yakni ITY (asisten Ririn) dan DN (teman dari ITY) di kawasan Jakarta Selatan. Sebanyak 38 butir pil happy five ditemukan sebagai barang bukti.

Sumber Penghasilan Ririn Ekawati

Dari hasil tes urine yang dilakukan, aktris sinetron itu terbukti negatif mengonsumsi narkoba. Sementara sang asisten, positif. Namun menurut keterangan lanjutan ITY, Ririn sempat mengonsumsi setengah pil tersebut darinya. Sehingga untuk memastikan hal ini, pemeriksaan rambut dan darah pun dilakukan di BNN Lido, Bogor.

Penemuan Xanax

Usai penangkapan terkait kasus narkoba, polisi kemudian memeriksa kediaman Ririn Ekawati. Kasatnarkoba Polres Jakarta Barat, Kompol Ronaldo Siregar menemukan obat Xanax di kumpulan obat milik mendiang suami Ririn, Ferry Wijaya. Ronaldo menambahkan, pihaknya masih mendalami kepemilikan obat penenang tersebut.

Xanax masuk psikotropika golongan 4, yang berarti obat-obatan terlarang dengan daya adiktif ringan dan hanya boleh digunakan dalam pengobatan tertentu. Misalnya untuk anastesi saat operasi, mengobati pasien dengan kelainan emosi, meringankan gangguan tidur, hingga menjadi obat rehabilitasi bagi pengguna narkoba psikoaktif.

Di samping Xanax, jenis psokotropika golongan ini juga meliputi diazepam, nitrazepam (dumolid, mogadon, BK), dan masih banyak lagi. Sebagai bukti tidak menyalahgunakannya, pasien harus memiliki resep dari dokter atau ahli kesehatan lain terlebih dahulu.

(Baca Juga: Cara Mudah Buat Surat Keterangan Bebas Narkoba)

Sumber Penghasilan Selangit Ririn

Ririn Ekawati mengawali karirnya sebagai pemain sinetron dan FTV sejak tahun 2008. Namun beberapa waktu belakangan, wanita berarah Kalimantan ini nyaris vakum dari dunia yang membesarkan namanya itu. Paling hanya sesekali tampil mengisi acara talk show saja.

Traveling ke luar negeri, OOTD dengan outfit bermerek, serta kongkow bersama para sosialita menjadi kegiatan yang lebih sering nampak di laman media sosialnya. Kalau begitu, dari mana sumber penghasilan Ririn?

Pastinya, ia tetap bekerja keras untuk menghidupi dua anaknya Jasmine Salsabila dan Abigail Cattleya. Bahkan tanpa mengandalkan sepeser pun warisan dari mendiang suami. Memang bukan dari syuting sinetron, tapi melalui sejumlah bisnis yang lebih menjanjikan berkut ini:

1. Bisnis alat berat

Ririn mengaku sudah lama memiliki bisnis di Kalimantan. Bisnis yang dijalaninya bertahun-tahun dengan  sang paman itu adalah penyewaan alat berat. Alat berat umumnya digunakan untuk proyek-proyek seperti logging kayu. “Di Kalimantan memang sudah lama. Jadi memang ada alat berat,” papar Ririn dari video di channel YouTube milik Ussy Sulistyawati yakni Ussy Andika. Dari bisnis tersebut, ia mengaku keuntungannya cukup untuk menghidupi keluarga tercinta.

2. Kopi kekinian

Lama menginginkan punya tempat ngopi, Ririn akhirnya berhasil mewujudkan angan-angan tersebut di akhir tahun 2019 lalu. Berawa dari kolaborasi dan menjadi brand ambassador kopi Lain Hati, ia pun berkesempatan membuka satu outlet terbesarnya di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Selain menu kopi, Lain Hati juga menawarkan beberapa menu non-coffee yang tak kalah sedap. Jadi untuk yang tidak bisa minum kopi karena alasan kesehatan, tetap bisa menikmatinya.

 3. Endorsement

Melihat aktivitasnya di Instagram, Ririn juga cukup getol melakukan banyak endorsement. Dari mulai produk fashion sampai kecantikan, pernah ia kerjasamai. Kegiatan ini juga menjadi salah satu sumber penghasilannya yang sangat menjanjikan. Tak perlu capek syuting, cukup foto sembari mempromosikan produk lewat media sosial, seorang artis bisa meraup pundi-pundi uang hingga puluhan juta rupiah untuk sekali post.

(Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Barang Fesyen Mewah Harganya Selangit)

 4. Usaha florist

Selain itu, pundi-pundi uang juga dihasilkannya dari berbisnis florist. Kurang lebih sudah 7 tahun ia menekuni usaha rumahan tersebut. Melansir Jawapos.com, Ririn mengaku bisnis florist bernama Lore Florist ini berawal dari hobi merangkai bunga. Sebelum memulainya, ia bahkan sempat mengambil kursus selama satu bulan. Hingga kini, Lore Florist memiliki sejumlah pelanggan tetap mulai dari bank sampai perusahan besar.

 5. Kos-kosan

Nagih berbisnis, lawan main Chelsea Islan dalam film ‘Di Balik 98’ ini juga menjajal bisnis kos-kosan. Dulu, ia memang pernah berpikir untuk memulai usaha yang menguntungkan dalam jangka panjang, namun tentunya dengan resiko minim. Pilihan akhirnya jatuh pada kamar indekos yang selalu dicari mulai dari kalangan mahasiswa sampai karyawan. Ia pun diketahui sudah membangun sejumlah kos-kosan di Samarinda dan Balikpapan.

Jadi, itulah deretan bisnis menjanjikan yang ternyata sudah lama ditekuni Ririn Ekawati. Wajar deh kalau gaya hidup dan penampilan kakak Rini Yuliati ini tetap high class. Untuk kasus narkoba yang menjeratnya sekarang, semoga cepat selesai dan ia terbukti bersih dari barang haram tersebut.

Ingin jadi entrepreneur sukses juga? Wujudkan dengan pinjaman online dari Kredit Pintar. Bukan sembarang pinjol, layanan peer to peer lending tersebut sudah resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuanan).

Tak perlu khawatir diperlakukan kurang menyenangkan akibat data yang bocor, karena semua informasi pelanggan sudah pasti terlindungi dan tidak akan disalahgunakan. Adapun persayaratan untuk bisa mengajukan pinjaman di Kredit Pintar antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Usia 18 – 55 tahun atau minimum 22 tahun dan maksimum 60 tahun.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku
  • Memiliki akun Bank sesuai dengan KTP
  • Berdomisili di Indonesia

Tunggu apa lagi, ajukan pinjaman Kredit Pintar lewat CekAja.com sekarang dan dapatkan pinjaman uang mulai dari Rp600 ribu – Rp2,3 juta dengan tenor hingga 60 hari. Pas untuk keperluan bisnismu.

(Baca Juga: Cek Ini, Pinjaman Modal Bagi yang Mau Franchise Kopi Janji Jiwa)

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.