Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tetap ke Gym Saat Wabah Corona, Amankah?

by Gesti Weningtyas on 24 Maret, 2020

Menjaga kesehatan saat wabah Corona berlangsung adalah hal yang wajib dilakukan. Apalagi, virus Covid-19 ini merupakan endemik di seluruh penjuru negara, bukan hanya di Indonesia saja.  Berolahraga, merupakan salah satu cara untuk menjaga stamina agar tetap fit. Banyak orang suka berolahraga di gym, amankah ke gym saat wabah Corona berlangsung?

Tetap ke Gym Saat Wabah Corona, Amankah?

Virus corona diketahui menyerang sistem pernafasan dan orang dalam kondisi sehat yang tertular tidak memiliki gejala. Meski demikian, orang yang terlihat sehat tersebut, masih bisa menularkan virus corona kepada orang lain. Sementara jika stamina maupun daya tahan tubuhnya baik, tubuhnya bisa menyembuhkan diri sendiri. Imun tubuh akan menyesuaikan, dan besar kemungkinan orang telah memiliki imun sendiri, sehingga kemungkinan kambuh akan sangat kecil.

Sementara gym yang merupakan tempat berolahraga adalah salah satu tempat yang berisiko tinggi bisa menularkan berbagai virus maupun bakteri, mengingat banyak orang yang menyentuh dan berolahraga menggunakan alat gym secara berbarengan. Tidak semua orang akan cuci tangan, dan belum tentu juga tempat tersebut sudah steril dari virus.

Gym merupakan tempat yang cukup sempurna untuk menjadi salah satu lokasi penyebaran virus karena disana banyak keringat yang menyebabkan permukaan alat gym menjadi lembab. Selain itu, banyaknya orang yang berkumpul dan melakukan kegiatan bersama adalah hal yang saat ini dilarang oleh otoritas pemerintah setempat. Oleh karena itu, menghindari pergi ke gym sebenarnya adalah langkah yang lebih aman dalam menghindari virus Corona, apalagi mengingat tingginya resiko yang bisa kamu hadapi. Akan Tetapi, apabila tetap ingin berolahraga di gym, kamu tetap bisa melakukannya dengan melakukan serangkaian tips berikut agar tetap aman.

Tips Aman Berolahraga di Gym
1. Gunakan Sarung Tangan

Untuk mencegah menempelnya virus dari berbagai peralatan gym, kamu bisa memakai sarung tangan. Pasalnya, tanganmu adalah anggota tubuh pertama yang menempel pada alat-alat olahraga yang tersedia, dan peralatan tersebut tentunya juga sudah dipegang oleh puluhan orang lainnya, yang belum tentu mereka tidak tertular virus. Karenanya, menggunakan sarung tangan adalah upaya untuk mencegah virus maupun bakteri menempel. Jangan lupa cuci tangan segera setelah kamu melepas sarung tangan.

2. Bawa Hand Sanitizer

Pastikan kamu juga membawa hand sanitizer kemanapun kamu pergi, salah satunya ke gym. Hand sanitizer bisa membantumu untuk membersihkan tangan sementara, sebelum kamu memegang alat gym, maupun sesudah berolahraga. Selain itu, jika kamu suka memakai handuk saat nge-gym, maka hindari memegang handuk ke arah muka. Sebab banyak orang yang tidak sadar menyentuh muka selama beberapa kali. Padahal, seperti yang diketahui bahwa virus Corona ini akan menempel di tangan dan bisa menyerang langsung apabila kita lupa mencuci tangan kemudian menyentuh wajah.

3. Membawa Semprotan Desinfektan

Beberapa gym mungkin akan membersihkan peralatannya secara berkala, namun tak ada salahnya jika kamu membawa cairan desinfektan. Saat ini kamu bisa membuat cairan desinfektan sendiri dengan menggunakan larutan desinfektan yang dijual bebas. Pasalnya, seperti yang kita ketahui, virus corona ini bisa bertahan di benda mati hingga tiga jam. Menyemprotkan cairan desinfektan pada alat-alat gym sebelum kita gunakan adalah salah satu upaya agar olahraga di gym bisa tetap aman.

4. Cuci Tangan Setelah Gym

Setelah berolahraga pastikan kamu mencuci dengan bersih tanganmu dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik. Pastikan kamu mencuci tangan sebelum maupun sesudah gym. Jangan lupa untuk melakukan gerakan cuci tangan yang benar agar bisa membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan.

5. Pergi ke Gym di Jam Sepi

Jika kamu sudah terbiasa ke gym, pasti kamu juga hafal kapan waktu berolahraga di gym yang ramai, maupun waktu yang sepi.  Sebaiknya, pilih hari dan jam tertentu dimana tidak banyak orang yang berolahraga di gym langgananmu. Dengan demikian, kamu akan terhindar dari kerumunan banyak orang. Sehingga, kamu dapat melakukan social distancing. Jadi, meski kamu berolahraga dan bertemu banyak orang, sebaiknya batasi juga sentuhan fisik.

6. Hindari ke Gym Saat Sakit

Sebaiknya jangan pergi ke gym jika kamu sedang sakit, demam, pilek maupun flu. Lebih baik istirahat di rumah agar tidak menularkan penyakit ke orang lain.  Selain itu, apabila kamu sedang sakit, otomatis daya tahan tubuhmu sedang kurang baik. Sehingga jika kamu tetap keluar rumah untuk ke gym, bisa jadi sakitmu itu tidak sembuh, malah makin memburuk. Jadi, hindari ke gym saat kamu sedang sakit, ya. Istirahat di rumah dan makan makanan yang bernutrisi agar sakit cepat pulih.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa tetap aman saat olahraga di gym. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan dan jangan sampai menularkan virus ke orang lain, adalah salah satu cara agar wabah segera berakhir. Jika kamu ingin lebih aman, maka berolahraga di rumah adalah solusi yang tepat ketika virus corona ini merebak. Sebab, banyak juga tempat gym yang memilih untuk menutup gymnya agar mengurangi pertemuan banyak orang. Namun ada juga beberapa tempat gym yang membatasi beberapa orang saja yang boleh masuk dan berolahraga, tentunya hal ini untuk kebaikan kita bersama, dalam melawan virus corona.

Buat kamu yang ingin berolahraga dengan aman, kamu bisa tetap berolahraga di rumah tanpa harus datang ke gym. Tidak semua olahraga meningkatkan stamina ini harus melulu menggunakan peralatan gym. Kamu bisa melakukan beberapa gerakan sederhana dengan melihat tutorial yang ada di youtube atau media sosial lainnya. Sebab, tak bisa ditampik bahwa berolahraga adalah hal yang dibutuhkan oleh banyak orang.  Berikut ini merupakan gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah bersama keluarga, maupun sendiri:

1. Naik Turun Tangga

Meskipun terlihat sepele, gerakan naik turun tangga ini cukup membakar kalori. Dengan naik turun tangga, otot kaki dan tulangmu jadi terlatih dan makin kuat.

2. Push Up

Pasti sudah tak asing dengan push up. Gerakan push up ini juga mudah dilakukan. Kamu bisa memulainya dengan berbaring tertelungkup, kemudian mengangkat badan dengan menggunakan dua tangan, dorong kuat-kuat dari posisi berbaring hingga tangan tegak lurus dari tubuh. Lakukan beberapa kali saja, tubuhmu bakal berkeringat.

3. Sit Up

Olahraga sit up ini menjadi banyak andalan para wanita untuk mengencangkan otot perut, alhasil perut pun jadi nggak gendut dan menggelambir. Cara melakukannya juga sangat mudah, kamu cukup berbaring di lantai, kemudian letakkan tangan di belakang kepala, lalu angkat dan biarkan badan dalam posisi duduk, setelah itu, berbaring lagi, dan duduk lagi. Pastikan kakimu dalam posisi tertekuk.

4. Squat

Squat adalah olahraga yang cukup ringan, tapi akan memberikan efek yang cukup besar pada pinggul dan kakimu. Caranya juga mudah, pertama berdirilah dengan kaki yang lebih lebar dari bahu, pastikan pinggulmu sejajar di atas lutut dan rentangkan lengan lurus, supaya sejajar dengan permukaan tanah. Kedua telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian, posisi selanjutnya seperti akan duduk di kursi. Semakin dalam jongkok yang kamu lakukan, maka tarikan yang bertumpu pada lutut pun makin kuat.

5. Melatih Keseimbangan

Selain beberapa gerakan kardio, kamu juga bisa melatih keseimbangan dengan gerakan yang cukup sederhana. Pertama, posisikan tubuhmu seperti akan merangkak. Jaga punggungmu agar rata. Kemudian, angkat lengan kanan ke depan dan kaki kiri ke belakang secara bersamaan. Setelah itu, arahkan lutut ke arah dada dan siku menyentuh lutut.

6. Yoga

Melakukan gerakan Yoga juga bisa membantumu untuk tetap fit dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kamu tidak harus keluar ke studio yoga, melainkan bisa melakukannya di rumah, misalnya dengan melihat beberapa contoh gerakan yoga yang tersedia di youtube.

7. Lari di Tempat

Olahraga satu ini sangat simpel dan bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk orang dewasa maupun anak-anak. Kamu juga tidak perlu banyak ruang untuk melakukan lari di tempat. Cukup lari di satu tempat saja, selama beberapa menit bakal bikin kalori terbuang dan ngos-ngosan. Badan pun jadi lebih segar dan hawa-hawa mager alias malas gerak hilang seketika. Tak percaya? Coba saja.

8. Berjemur

Selain berolahraga di dalam rumah, kamu juga disarankan untuk berjemur minimal tiga kali dalam seminggu agar terhindar dari virus Corona.  Luangkan waktu 10 hingga 15 menit saat berjemur. Sinar matahari mengandung vitamin D dan menghirup udara segar di luar rumah juga akan membantu menambah daya tahan tubuh.

Nah, demikian adalah beberapa pilihan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan di rumah, agar tetap sehat dan fit. Berolahraga di dalam rumah adalah pilihan yang tepat dan lebih aman ketimbang pergi ke gym saat wabah corona ini berlangsung. Kamu juga bisa memanfaatkan peralatan olahraga gym yang sederhana seperti sepeda statis atau treadmill jika sudah memiliki kedua alat olahraga tersebut. Jika belum, kamu bisa melakukan beberapa gerakan sederhana di rumah. Pasalnya, peneliti menyebutkan adanya kemungkinan bahwa virus corona ini bisa bertahan di udara selama 10 hingga 30 menit. Sehingga, mengurangi keluar rumah tentunya akan menghindari paparan dari virus corona.

(Baca Juga: Punya Duit Banyak Gak Bikin Deretan Artis Ini Kebal Corona)

Apabila kamu masih tetap ingin pergi ke gym, maka pastikan pakaianmu tertutup rapat dan gunakan masker. Sebaiknya hindari menggunakan angkutan umum, dan  pakai kendaraan pribadi ke gym. Setelah itu, jangan lupa bawa hand sanitizer dan lakukan protokol cuci tangan dengan benar seperti yang telah diuraikan dalam tips aman pergi ke gym. Hal ini merupakan salah satu upaya kita untuk melakukan perlindungan dari virus corona.

Upaya lainnya yang mungkin bisa kamu lakukan adalah memiliki asuransi kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga dari kemungkinan kerugian financial yang diderita akibat virus corona. Kamu bisa memilih beberapa asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan terkait hal tersebut. Namun, jangan lupa untuk selalu melihat dan membaca polis dengan teliti, termasuk syarat dan biaya premi asuransi kesehatan yang harus dibayarkan. Pastikan sesuai kemampuan, jadi segera bandingkan produk asuransi kesehatan di Cekaja.com dan ajukan sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang Penulis