Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tetap Sederhana Meski Duit Tak Berseri, Ini Gaya 4 Crazy Rich Termasuk Ciputra

by Tisyrin N. T on 28 November, 2019

Hidup berlimpah harta tentu membuat seseorang mudah untuk melakukan apa saja. Memiliki hunian bak istana, mobil mahal, hingga penampilan mewah. Namun, hidup berlimpah harta juga tak lantas menghalangi seseorang untuk tetap sederhana.

Pengusaha Pebisnis Dato Sri Tahir

Salah satu pengusaha kaya raya yang dikenal dengan kesederhanaannya adalah Ciputra. Ciputra baru saja meninggal dunia pada tanggal 27 November 2019 di Singapura pada usia 88 tahun. Nah, Inilah sekilas cerita yang dirangkum dari berbagai sumber tentang sisi sederhana beberapa orang tajir melintir:

Ciputra adalah sosok yang langganan masuk daftar orang terkaya Forbes di Indonesia. Ia punya harta hingga Rp18,32 triliun. Jaringan bisnisnya meluas dengan garapan utama di sektor properti yaitu meliputi perumahan, gedung perkantoran, hotel, apartemen, hingga pusat perbelanjaan. Bisnisnya juga telah merambah ke bidang kesehatan dan pendidikan.

Meski duitnya gak berseri, Ciputra rupanya punya sisi sederhana. Ia memiliki satu sepatu kesayangan yang sudah dikenakannya selama bertahun-tahun. Menurut penuturan cucunya  Cipta Ciputra Harun kepada media, sepatu kesayangan pria yang akrab disapa Pak Cik itu merek New Balance. Ciputra mengenakan sepatu itu ke berbagai acara.  

Dari segi kendaraan, Ciputra juga gak neko-neko. Bahkan, masih menurut cucunya, mobil yang sering ditumpanginya hanyalah Toyota Alphard seri lama. Untuk orang sekaya Ciputra, mobil jenis itu tentu terbilang sederhana.

Sang cucu juga mengungkapkan, Pak Cik mengajarkan kerja keras pada cucunya. Generasi ketiga keluarga Ciputra musti meniti karier dari bawah jika mau bergabung dengan Grup Ciputra. Jadi, gak ada cerita langsung jadi direktur.  

(Baca juga: Ciputra Tutup Usia, Ini Sikap yang Bisa Kamu Teladani!)
  • Tahir lebih suka mi instan daripada pesan makanan hotel

Siapa sangka, salah satu orang terkaya Indonesia Dato Sri Tahir lebih suka makan mi instan di kamar ketika bepergian ketimbang pesan makanan hotel? Ya, saat melakukan berbagai perjalanan bisnis, ia kerap membawa bekal mi instan.

Selain itu, Tahir juga senang membawa bekal sambal kalau bepergian ke luar negeri. Padahal, dengan uangnya yang triliunan, membeli makanan hotel tentu bukan sesuatu yang berat ya?

Tahir yang punya harta senilai Rp63 triliun juga terkenal sebagai seorang filantropis lho! Wah, mulia sekali ya?

  • Bob Sadino gemar celana pendek

Masih ingatkah kamu dengan sosok Bob Sadino? Pengusaha kaya ini juga telah berpulang. Ia meninggal dunia pada tahun 2015 lalu. Bob yang punya nama asli Bambang Mustari Sadino adalah pria kelahiran Tanjung Karang, Bandar Lampung, 9 Maret 1939. Ia adalah pengusaha di bidang pangan dan peternakan, yang memiliki jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

Hampir semua orang tau dirinya memiliki ciri khas dalam penampilan yaitu kegemarannya memakai celana pendek dan kemeja lengan pendek. Penampilannya yang terbilang sederhana ini membuatnya pernah diusir dari Gedung DPR lho!

(Baca juga: 5 Sifat dan Karakter Orang Kaya yang Patut Ditiru)
  • Armand Hartono gak gengsi makan di kantin

Coba bayangin apa aja yang bisa kamu lakukan kalau jadi anak dari orang terkaya di Indonesia? Armand Wahyudi Hartono yang merupakan anak dari Robert Budi Hartono rupanya punya sisi kehidupan yang sederhana. Robert Budi Hartono adalah pemilik grup Djarum yang berada di pucuk daftar orang terkaya Indonesia dengan harta lebih dari Rp200 triliun.

Armand yang kini menjadi petinggi di Bank Central Asia (BCA) rupanya gak gengsi makan di kantin sederhana saat di kantor. Ia menerapkan filosofi hidup orang Jawa yaitu mengerti rasanya cukup.

Ia juga selalu berusaha berhemat. Contohnya saja untuk penggunaan AC saat akan tidur. Menurutnya, seperti dilansir di media, cukup nyalakan AC sebentar saja. Apabila akan tidur dan sudah terasa dingin, matikan.

Di sisi lain, Armand pun memegang prinsip hidup SRI alias simpanan, riset, dan investasi. Kamu mau menirunya?

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.