Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

THR Cair? Yuk, Cek Kiat Belanja Lebaran Hemat!

by Tisyrin N. T on 4 Juni, 2018

Apakah dompet Anda menggemuk karena Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair? Setelah menerima THR, belanja kebutuhan Lebaran biasanya menjadi agenda wajib. Namun, berhati-hatilah karena Anda bisa kebablasan sehingga THR ludes dalam sekejap.

belanja Lebaran _ kartu kredit - CekAja.com

Aturan tentang pencairan THR termuat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016. Pasal 5 ayat 4 aturan tersebut menegaskan pengusaha wajib membayarkan THR paling lambat 7 hari sebelum hari raya berlangsung.

Nah, jika Anda sudah mengantongi THR, yuk simak berbagai tip di bawah ini agar belanja berbagai keperluan Lebaran bisa lebih hemat!

Cek lemari

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mengeluarkan uang untuk belanja kebutuhan baju baru adalah mengecek lemari. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui item fesyen apa saja yang Anda butuhkan. Selain itu, tentukan pula berapa bujet yang Anda alokasikan untuk membeli kebutuhan Hari Raya.

Dengan mengetahui secara persis kebutuhan Anda, Anda pun tidak akan asal membeli baju dan tidak mudah tergoda berbagai diskon yang ada. Anda akan fokus mencari item yang Anda butuhkan. Membeli berdasarkan kebutuhan bukan keinginan adalah kunci mendasar untuk bisa lebih hemat.

Bayangkan jika Anda berbelanja tanpa tahu persis apa yang akan Anda beli, Anda akan mudah sekali tergoda berbagai model item fesyen terbaru. Alhasil, belanjaan menumpuk dan uang pun cepat sekali menipis. (Baca juga: Tenang, BI Yakin Bunga Kredit Tidak Akan Naik Dalam Waktu Dekat Ini)

Cek promo e-commerce

Belanja online bisa jadi pilihan jitu untuk belanja kebutuhan Lebaran. Sayangnya, jika waktu belanja online terlalu mepet, maka Anda bisa menemui berbagai kendala mulai dari ekspedisi yang padat hingga stok barang yang kosong.

Karena itulah, jika Anda berniat berbelanja online untuk kebutuhan Lebaran, pilihlah waktu jauh-jauh hari sebelum Lebaran. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa dan bisa mendapatkan barang sesuai incaran.

Nah, menariknya, toko online biasanya akan memanfaatkan momen Ramadan untuk menawarkan berbagai diskon menarik. Tentu saja jika Anda memanfaatkan tawaran tersebut, Anda bisa menghemat uang belanja.

Cek diskon di pusat perbelanjaan

Saat mendatangi pusat perbelanjaan, utamakan untuk memilih baju atau barang lainnya yang sedang diskon. Memang, biasanya, baju-baju diskon diletakan dalam boks khusus sehingga Anda akan kesulitan dalam memilih yang paling sesuai.

Kuncinya adalah Anda harus sabar memilih yang terbaik diantara tumpukan baju diskon tersebut. Belum lagi, Anda akan berebut dengan pembeli lainnya. Jika beruntung, Anda bisa menemukan baju yang sesuai kebutuhan tanpa membayar mahal.

Begitu juga ketika membeli aneka kue kalengan untuk parcel maupun konsumsi sendiri, Anda bisa memilih produk-produk yang sedang diskon agar lebih irit. (Baca juga: Rekrutmen CPNS 2018 Dibuka Bulan Juli, Ini Posisi Yang Dicari!)

Cek promo kartu kredit

Anda tentu memiliki kartu kredit bukan? Kartu kredit bisa lho membuat Anda lebih hemat ketika belanja kebutuhan Hari Raya yang seabreg. Caranya, dengan mengecek promo kartu kredit yang sedang berlangsung.

Lumayan bukan jika Anda bisa memanfaatkan promo berupa potongan harga dari kartu kredit untuk membeli produk terbaru yang Anda butuhkan? Atau, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas cicilan sehingga lebih ringan dalam melakukan pembayaran.

Namun hati-hati, dengan kemudahan penggunaannya, Anda juga bisa lebih mudah tergoda untuk langsung menggesek kartu kredit ketika menemukan barang incaran. Karena itu, tetap fokus pada kebutuhan Anda dan bujet yang sudah Anda siapkan.

Cek midnight sale

Mendekati lebaran, mal juga kerap menggelar program midnight sale yang menyajikan diskon gila-gilaan. Jika Anda mengincar barang bermerek tapi tak ingin tekor, Anda wajib berburu barang ke midnight sale. Agar tak ketinggalan, cari informasi jadwalnya jauh-jauh hari.

Lagi-lagi, meskipun Anda berhadapan dengan diskon yang menggiurkan, Anda jangan mudah tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan. Tetaplah fokus untuk mencari apa yang Anda butuhkan.

Ketika akan mendatangi midnight sale, gunakan alas kaki yang nyaman agar mudah bergerak. Ingat, pengunjung midnight sale biasanya membludak, jika Anda menggunakan alas kaki yang kurang nyaman, bisa-bisa Anda kalah dengan pengunjung lainnya.

Cek baju lama, lakukan mix and match

Cara yang satu ini bahkan akan membuat Anda tak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk membeli baju baru. Anda hanya perlu mengecek kembali koleksi baju Anda. Carilah baju-baju yang jarang Anda gunakan, dan Anda bisa melakukan mix and match dengan cara yang tidak biasanya Anda lakukan.

Dengan padu padan yang baru, Anda akan tercengang karena merasa sedang menggunakan pakaian baru. Carilah referensi mix and match melalui majalah atau akun-akun media sosial yang berkaitan dengan fesyen. Selamat mencoba! (Baca juga: Jangan Bercanda Soal Bom di Pesawat Jika Tak Ingin Masuk Penjara)

Bagi Anda yang belum memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan secara online di CekAja.com. Segera ajukan kartu kredit  terbaik agar tak ketinggalan berbagai promo menarik.

CekAja.com adalah e-commerce finansial nomor satu di Indonesia yang menyediakan berbagai produk finansial dari lembaga keuangan terpercaya.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.