THR Gak Cair? Coret Pengeluaran Ini dan Pakai Kartu Kredit BNI

3 min. membaca Oleh CekAja on

Kondisi pagebluk seperti sekarang memang membuat kepala pusing. Betapa tidak, pada saat yang sama, tubuh dan pikiran harus dalam keadaan fit guna menangkal datangnya corona. Tetapi di sisi lain, kebutuhan hidup tidak berubah, sementara THR gak juga cair karena ekonomi melambat.

Menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan pokok masyarakat biasanya akan meningkat. Hal itu erat kaitannya dengan tradisi lebaran yang selama ini dijalankan oleh umat islam di Indonesia.

Biasanya saat lebaran tiba, setiap orang berhias untuk menyambut hari yang disebut sebagai hari kemenangan.

Tidak hanya manusianya saja yang dibuat rapi, melainkan kondisi rumah juga akan disulap menjadi sebaik mungkin.

Makanan dan juga minuman yang tertata rapi di meja makan biasanya bakalan bertambah dan dihiasi menu-menu andalan. Itu juga mengapa istilah tunjangan Hari Raya ada di Indonesia.

Jika kamu menengok di negara lain, banyak negara yang tidak mengenal istilah tersebut. Nah jika THR belum cair juga sesuai dengan ketentuan pemerintah,yakni H-7 dari Lebaran, jangan sedih dulu.

Kamu bisa tetap lebaran dengan menguubah cara pandang kamu. Caranya adalah dengan mencoret pengeluaran yang tidak begitu penting dan tidak mengurangi kesucian Idul Fitri itu sendiri. Simak yuk

(Baca juga: Cari Tambahan THR, Jual Setup Pisang Dari KTA Bank Permata Yuk)

1. Dana Mudik

Dana Mudik - THR Gak Cair Coret Pengeluaran Ini

Sesuai dengan anjuran pemerintah, mudik masih dilarang untuk dilakukan. Jadi dana yang seharusnya dikeluarkan untuk mudik bisa kamu pangkas.

Jadi arus kas kamu juga tidak begitu berat. Ditambah, mudik membutuhkan biaya yang tidak sedikit ditambah, THR juga gak kunjung cair

Karena selain biaya transportasi, kamu juga harus memperhitungkan biaya lainnya seperti untuk biaya makan, biaya liburan di kampung, biaya tak terduga dan banyak lagi pos keuangan yang harus kamu persiapkan untuk menjaga tradisi lebaran tetap nyaman.

Karena dana mudik sudah kamu coret dari daftar pengeluaran, kamu bisa mengalokasikannya ke pos yang keuangan yang menurut kamu bakal melonjak dan itu penting. Ya, biaya makan.

Biasanya jelang hari raya Idul Fitri, sejumlah harga barang pokok akan mengalami kenaikan. Jadi kamu bisa mencadangkan dana mudik untuk antisipasi lonjakan harga bahan pokok.

2. Tak melulu harus baju baru

Tak melulu harus baju baru - THR Gak Cair Coret Pengeluaran Ini

Perayaan Idul Fitri merupakan momentum pengingat bagi umat muslim. Ganjaran dari ibadah puasa yang sudah dijalankan selama 1 bulan penuh adalah kembali suci, dan itu terjadi saat Idul Fitri.

Biasanya saat Idul Fitri, umat muslim akan mengenakan baju terbaiknya Tetapi ada anggapan baju yang dikenakan haruslah baru. Sehingga hal tersebut membudaya sampai sekarang.

Padahal tidak ada hubungannya kesucian lebaran dengan pakaian baru. Menggunakan pakaian terbaik adalah bentuk kebaikan dalam bersukacita saat Lebaran.

Tetapi membeli pakaian baru saat kondisi seperti ini seperti tidak tepat. Dengan memangkas pengeluaran untuk baju baru, maka tabungan kamu bisa tetap aman.

Karena kita tidak tahu kondisi pandemi ini akan sepanjang apa. Jadi langkah terbaiknya adalah melakukan langkah mitigasi agar semuanya bisa berjalan baik.

3. Halal bihalal virtual saja

Halal bihalal virtual saja - THR Gak Cair Coret Pengeluaran Ini

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tetap dijalankan selama perayaan Idul Fitri. 

Jadi kamu masih dilarang untuk melakukan kegiatan berkumpul. Lakukan halal bihalal secara virtual alias online. Kamu bisa video call bersama sanak saudara dan keluarga.

Lewat cara virtual juga, kamu bisa memangkas pengeluaran untuk halal bihalal secara konvensional. Selain itu, kamu juga tidak perlu memasok makanan untuk menerima tamu saat lebaran tiba. Hal tersebut cocok dilakukan kala THR kamu gak kunjung cair.

Terlihatnya memang kecil, tetapi percayalah kesemua hal itu jika dihitung secara akumulasi akan terlihat sangat besar. Bisa-bisa mencapai 70% dari dana THR yang biasanya kamu terima.

(Baca juga: Batal Pulang Kampung atau Mudik, Pakai THR Buat 5 Hal Ini)

Biar lebih aman pakai kartu kredit dari BNI

Karena THR gak juga cair, kamu bisa menggunakan fasilitas kartu kredit dari Bank BNI untuk mencukupi kebutuhan belanja.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan dana cashback dan diskon untuk pembelanjaan di Lotte Mart. Jadi pastinya uang belanja kamu akan menjadi lebih hemat.

Ajukan di CekAja.com dan temukan produk keuangan lainnyang yang kamu butuhkan.

Tentang kami

CekAja

CekAja