Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

THR Jangan Dihabiskan ya. Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

by Gito on 18 Mei, 2020

Tidak terasa. Ramadan akan segera usai dan Idul Fitri di depan mata. Uang Tunjangan Hari Raya (THR) juga sudah di tangan, tetapi tetap jangan mudik ya. Kamu tetap bisa merasakan suasana lebaran dengan kecanggihan teknologi yang ada kok. Uangnya bisa kamu gunakan untuk kehidupan setelah hari raya. Pun tidak cukup, kamu bisa pakai dana pinjaman online lewat Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata untuk memenuhi kebutuhan.

tips menyisihkan dana darurat

Letupan rasa gembira menyambut hari kemenangan saat Idul Fitri tiba, membuat banyak orang lupa diri. Padahal pandemi Covid-19 masih terjadi. Hal itulah yang akhirnya membuat suasana puasa dan juga lebaran pada tahun ini menjadi sedikit berbeda.

Jadi ada baiknya jika dana THR yang kamu dapatkan, tidak dihabiskan begitu saja. Simpan untuk kebutuhan hidup setelah hari raya. Nah Digibank by DBS memberikan kiat agar kondisi keuangan kamu tetap survive pasca lebaran.

(Baca juga: Cari Tambahan THR, Jual Setup Pisang Dari KTA Bank Permata Yuk)

1. Periksa Kembali Keuangan Kamu

Periksa Kembali Keuangan Kamu - THR Jangan Dihabiskan ya Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

Langkah pertama adalah mengecek kembali dana yang kamu miliki. Daftar semua dana yang kamu miliki, namun pastikan dana yang telah disisihkan untuk investasi tidak diotak-atik.

Pisahkan antara kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, antara kebutuhan yang mendesak dengan kebutuhan yang dapat ditunda.

Buat daftar dan catat apa saja yang dapat dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan kamu.

Nah jika kamu memiliki mobile banking ataupun internet banking, hal itu akan memudahkan kamu dalam memeriksa kondisi keuangan secara detil.

2. Susun Kembali Anggaran

Susun Kembali Anggaran - THR Jangan Dihabiskan ya Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

Setelah mengetahui besaran nilai posisi keuangan, saatnya mendaftar pengeluaran yang masih harus ditanggung, paling tidak sampai jadwal penerimaan gaji berikutnya.

Pengeluaran itu termasuk cicilan rutin dan pos pengeluaran rutin. Gunakan Kartu Kredit Digibank dan fitur Spending Tracker di Aplikasi digibank by DBS untuk memonitor pengeluaran setiap saat.

Bila arus kas bulanan ternyata tidak mampu menutup seluruh beban pengeluaran, kamu diperbolehkan menggunakan sebagian dana darurat untuk menutupinya.

Dengan catatan, kelak ketika mendapat pendapatan lagi, dana darurat tersebut perlu diganti hingga nilainya bisa kembali ideal.

3. Batasi dan Tetapkan Pengeluaran

Batasi dan Tetapkan Pengeluaran - THR Jangan Dihabiskan ya Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

Tetapkan berapa biaya yang boleh kamu keluarkan dan hindari belanja barang yang tidak perlu, sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran.

Biasakan diri untuk menggunakan uang secukupnya dan jangan mudah tergoda untuk melanggarnya. Lakukanlah hal yang lebih penting dan berguna untuk menekan nafsu belanja, seperti membuka deposito atau reksadana.

4. Tabung dan Sisihkan Uang

Tabung dan Sisihkan Uang - THR Jangan Dihabiskan ya Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

Kebanyakan orang berpikir menabung adalah menyisihkan uang yang tersisa dari penghasilan setelah terlebih dahulu membelanjakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pola pikir ini harus dibenahi.

Jika yang menjadi prioritas adalah ‘belanjanya’ dahulu, maka sampai kapanpun kita tidak akan pernah bisa menabung.

Rahasia menabung yang benar, harus dimulai dengan pola pikir yang benar. Menabunglah terlebih dahulu, baru membelanjakan sisanya.

Apapun yang terjadi, menabung harus menjadi prioritas utama setelah menerima penghasilan. Apa yang tersisa setelahnya silakan kamu habiskan, bukan sebaliknya.

5. Disiplin

Disiplin - THR Jangan Dihabiskan ya Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Hemat

Pepatah mengatakan, bisa karena terbiasa. Awalnya dipaksa, lama-lama jadi biasa. Agar lebih mudah mendisiplinkan diri dalam mengelola keuangan, kenalilah diri lebih baik lagi.

Jika kamu tipe orang yang tidak bisa memegang uang dalam jumlah banyak, maka bagilah menjadi beberapa bagian kecil.

Bagilah penghasilan bulanan kamu ke dalam 30 hari, sehingga jumlahnya akan jauh lebih kecil. Barulah kamu menabung secara konsisten dengan penuh kedisiplinan. Setuju?

(Baca juga: Cek Mitos atau Fakta 5 Hal yang Membatalkan Puasa)

Masih tidak cukup? Pakai Pinjaman Darurat dari Bank Permata

Jika ternyata kebutuhan pasca lebaran meningkat, kamu bisa mengakses CekAja.com untuk mendapatkan fasilitas kredit tanpa agunan dari Bank Permata.

Prosesnya pencairannya cepat dan juga mudah, sehingga kamu bisa menggunakannya sesegera mungkin.

Selain itu, suku bunganya juga kompetitif dengan tenor yang mencapai maksimal 5 tahun. Agar mudah melakukan cicilannya, kamu bisa langsung menyisihkan sejumlah uang saat tanggal gajian.

Hal itu dimaksudkan agar kamu bisa tetap baik dalam mengatur keuangan dan tidak ada tunggakan cicilan pembayaran.

 

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit