Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tidak Ingin Gemuk? Hindari 9 Makanan Minuman Ini Setelah Jam 9 Malam

by Ariesta on 29 Juli, 2016

“Kalau setelah makan lalu langsung tidur, badan jadi cepat gemuk.” Nasihat ini ibarat panduan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan alias langsing. Penjelasan logis dari pantangan ini adalah lemak yang tidak terbakar (karena tubuh dalam kondisi tidur) inilah yang akhirnya membuat berat badan bertambah.

Tidak hanya itu saja, ternyata ada makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi setelah pukul 9 malam, baik oleh mereka yang sedang berdiet maupun tidak. Jika kebiasaan buruk ini diulangi, metabolisme dan sistem endokrin dalam tubuhmu ibarat menemui mimpi buruk setiap malamnya. Hasilnya tidak hanya penampilan yang jadi tidak menarik, perut bisa buncit, dan juga masalah kesehatan jangka panjang.

Berita baiknya, sebenarnya tidak masalah untuk mengonsumsi sesuatu sebelum tidur—asalkan kamu memilih makanan yang tepat dan mendukung diet sehat. Berikut yang harus kamu hindari.

Susu

susu

Susu mengandung laktosa dan laktosa adalah gula. Kamu yang sedang diet pasti sangat menghindarinya. Meskipun mengandung kalsium dan protein yang menyehatkan, minum susu sebelum tidur bisa mengakibatkan masalah pencernaan  bagi orang yang alergi laktosa.

Selain itu orang yang tidak toleran terhadap laktosa akan merasa sulit tidur karena gula darah menjadi kacau. Saat begadang inilah orang cenderung lapar sehingga malah makan lebih banyak. Namun bagi kamu yang tidak masalah dengan laktosa, susu malah membuat tidurmu semakin nyenyak.

Pasta

pasta

Kalau berniat menaikkan berat badan, mengonsumsi karbohidrat sangat membantu. Namun kamu yang ingin berat badan turun, kelebihan kalori akan bersarang di pinggang. Pasta adalah salah satu sumber karbohidrat yang padat kalori. Sepiring kecil pasta saja bisa mengandung hingga 400 kalori.

Waktu aman mengonsumsi pasta adalah sebelum atau sesudah olahraga, atau ketika tubuhmu memerlukan asupan karbohidrat dalam jumlah banyak. Karbohidrat tetap penting karena sebagai sumber tenaga yang tersimpan dalam sel otot.

Cokelat

cokelat

Jika sensitif, cokelat bisa membuatmu susah tidur. Cokelat tidak hanya mengandung gula tinggi dan lemak, tapi juga kafein. Mereka yang tidak cukup tidur mudah mengalami kenaikan kortisol yang bisa menyebabkan kerusakan jaringan otot. (Baca juga: Kebiasaan Buruk dan Kebiasaan Baik Miliarder Dunia Terkait Makanan yang Bisa Kamu Pelajari)

Pizza

pizza

Pizza ibarat godaan besar bagi orang yang sedang dan mereka yang sedang membentuk otot. Jika ingin menyantap sepotong dua potong pizza, jangan lakukan setelah jam sembilan malam.

Pizza mengandung sangat banyak kalori. Menyantapnya sebelum tidur berarti membiarkan karbohidrat dan sejumlah besar lemak jenuh mengendap di perut sepanjang malam. Dengan tingkat insulin yang tinggi dari karbohidrat yang baru saja kamu konsumsi dan semua kelebihan lemak yang tidak terbakar,  jangan heran kalau pinggang jadi melebar beberapa inci.

Cabai

cabai

Cabai memang punya banyak manfaat, salah satunya karena bisa meningkatkan tingkat metabolisme. Tapi jika dikonsumsi sebelum tidur bisa menyebabkan mulas, sehingga tidurmu akan terganggu karena bolak balik ke kamar mandi.

Jika ingin makan yang hangat sebelum tidur, konsumsilah semangkuk kecil sup sayuran dengan udang. Udang menyediakan protein sedangkan sayuran memiliki kadar kalori rendah.

Daging dalam porsi besar

daging

Asam amino memang dibutuhkan untuk memperbaiki jaringan otot selama tidur. Protein juga tidak terlalu berpengaruh pada kadar gula darah sehingga cocok bagi yang tengah berdiet.

Namun protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga membuat tidurmu tidak nyenyak. Jika ingin mengonsumsi daging, jangan makan lebih dari 20-50 gram maksimal dua jam sebelum tidur.

MSG

msg

MSG memiliki efek stimulasi yang sama seperti kafein sehingga membuatmu susah tidur. Mengonsumi chiki kemasan jelas bukan pilihan baik sebelum tidur.

Seledri

seledri

Seledri bertindak sebagai diuretik dalam tubuh yang berarti membuatmu buang air kecil banyak. Tidur nyenyak sangat dibutuhkan untuk pembangunan otot dan perbaikan hormon. Dan sering terbangun di tengah malam mengacaukan proses ini. Kalau ingin makan sayuran sebelum tidur, pilihlah brokoli karena mengandung karbohidrat rendah. (Baca juga: Hindari Enam Makanan Ini Jika Tidak Mau Terkena Risiko Kanker)

Jus buah

buah

Minuman terakhir yang harus dihindari setelah pukul sembilan malam adalah jus jeruk, grapefruit, dan cranberi. Buah-buahan tersebut bersifat asam dan dapat menyebabkan mulas bagi orang yang sensitif. Buah-buahan juga mengandung gula, dengan atau tanpa serat, akan membuat insulin naik selama tidur.

Tentang Penulis