Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tidak Perlu Bingung, Intip Cara Mudah Bikin NPWP Berikut Ini

by Riri Anggraheni Eka Rimandasari on 10 April, 2016

tips bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Biasanya ketika hendak masuk kerja di perusahaan, pihak perusahaan akan meminta NPWP kamu. Ini tentu akan berkaitan dengan pembayaran pajak nantinya.

Mungkin kamu yang belum mengetahui cara bikin NPWP, akan berpikir membuat NPWP itu ribet. Padahal tidak sama sekali lho! Kamu juga tidak perlu bingung, cara membuatnya. Disini akan diuraikan cara bikin NPWP dengan mudah. Pahami ulasan berikut ya!

Membuat NPWP secara online atau langsung?

Bagaimana sih cara bikin NPWP? Metode online atau langsung ya? Sebenarnya, pendaftaran NPWP saat ini sudah sangat mudah, bahkan dapat Kamu lakukan di atas tempat tidur Kamu dengan layanan e-registration  dari kantor pajak.

Namun kemudahan ini masih terganjal regulasi yang sedikit memakan waktu yaitu 14 hari kerja sehingga untuk pendaftaran NPWP saya lebih menyarankan untuk membuatnya langsung ke kantor pajak karena pembuatan NPWP secara langsung ke kantor pajak hanya 1 hari kerja.

Membuat NPWP lewat konsultan atau urus sendiri?

Masih bingung nih, atau bikin NPWP lewar konsultan saja? Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengurusan NPWP banyak dilakukan oleh para “konsultan pajak” yang menawarkan kemudahan membuat NPWP. Biasanya, pelaku bisnis yang tidak memiliki banyak waktu adalah pengguna jasa konsultan.

Padahal jika Kamu tahu, pembuatan NPWP memang tidak sulit jika Kamu mau sedikit belajar. Segala materi tentang cara pembuatan NPWP sudah tersedia, silahkan Kamu pelajari.

Cara bikin NPWP secara cepat
  1. Datang lah sendiri ke Kantor Pajak terdekat di daerah Kamu  (bukan diwakilkan konsultan/notaris)
  2. Pastikan KTP Kamu sesuai dengan lingkup kerja Kantor Pajak tersebut, jika tidak sama silahkan Kamu membuat surat keterangan domisili terlebih dahulu.
  3. Persiapkan persyaratan NPWP dengan lengkap. Persyaratan NPWP bisa Kamu baca di sini Persyaratan NPWP Orang Pribadi.
  4. Sebagai tambahan, Kamu tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah tertentu karena pembuatan NPWP tidak dipungut biaya.
  5. Isi formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar, jika Kamu ragu silahkan isi sesuai yang Kamu tahu dan bisa Kamu lengkapi saat petugas memintanya. Silahkan download dan print formulir pendaftaran NPWP atau Kamu dapat mengambil langsung di Kantor Pajak.
  6. Serahkan formulir pendaftaran NPWP dan persyaratannya, jawab seperlunya saat ditanya petugas pembuat NPWP.
  7. Secara aturan,, NPWP Kamu akan langsung diproses saat itu juga jika sudah dinyatakan lengkap,namun yang perlu Kamu tahu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar harus dikirim lewat pos ke alamat yang Kamu cantumkan saat mendaftar. Namun, dalam kondisi tertentu seperti alamat yang sangat terpencil, kartu NPWP bisa langsung Kamu terima saat itu juga.

Setelah membaca uraian di atas, masihkah kamu bingung? Cara bikin NPWP mudah bukan? Kamu bisa mulai mengurusnya secepatnya. Jika kamu masih belum paham atau ragu, kamu pun bisa memahami artikel-artikel berkaitan dengan cara bikin NPWP yang mudah atau konsultasi.

Selain itu, untuk kartu NPWP akan dikirim ke alamat sesuai dengan tempat tinggal kamu melalui jasa pos setelah permohonan NPWP kamu diterima. Untuk lama pengiriman tergantung dari pihak pos. Mari jadi warga bijak dan bikin NPWP!

Tentang Penulis