Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tiga Biaya yang Sering Dilupakan Para Traveler saat Liburan

by Rafly Aditia on 11 Januari, 2016

Liburan bersama keluarga, pasangan, atau bahkan teman-teman menjadi agenda yang wajib ada paling tidak dua kali dalam setiap tahunnya. Selain berguna untuk merefresh kembali pikiran yang telah letih karena terus bekerja, liburan atau traveling juga sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas kamu di kemudian hari nantinya.

Nah, apabila kamu ingin berlibur maka kamu harus menyiapkan beberapa hal penting, terutama masalah uang. Ya, kamu harus mempersiapkan uang untuk hal-hal seperti tiket pesawat, kereta, bus, atau transportasi lainnya untuk mencapai tempat tujuan dan kembali pulang ke daerah asal, selain itu juga harus menyiapkan uang untuk biaya menginap kamu selama berlibut, dan yang lainnya.

Namun, tanpa disadari sebenarnya ada beberapa biaya yang sering lupa dimasukkan dalam rencana keuangan liburan. Tanpa sadar, biaya itu juga akhirnya membuat kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada sebelumnya apabila kamu tidak merencanakan biaya-biaya tersebut. Apa saja sih biaya yang dimaksud? Berikut daftarnya:

1. Uang tip

Bagi kamu yang berpergian dan menginap di hotel atau menggunakan jasa tour guide dan sebagainya, sebaiknya kamu menyisihkan uang lebih untuk liburan kamu untuk uang tip. Tidak perlu terlalu besar jumlahnya, kamu cukup menyediakan misalnya sebesar 100-200 ribu rupiah yang terdiri dari uang sepuluh ribuan dan dua puluh ribuan.

Jangan sampai kamu tidak memberikan uang kepada pegawai hotel yang membersihkan kamar kamu hanya karena kamu tidak memiliki uang kecil.

(Baca juga: Tips Liburan Akhir Tahun ke Luar Negeri Tanpa Kuras Kantong)

2. Recehan untuk pengamen

Bagi kamu para backpacker yang liburan dengan budget minim, pastinya kamu mengincar kuliner di pinggiran jalan yang memiliki harga murah dengan rasa yang meriah. Di tempat-tempat tersebut biasanya akan ada banyak pengamen yang akan menghibur waktu kamu selama menyantap makanan, untuk itu sediakan uang receh agar kamu bisa memberi lebih banyak pengamen.

Dibandingkan kamu memberi uang lima ribu atau sepuluh ribu rupiah kepada seorang pengamen, lebih baik kamu memberikan uang seribu rupiah kepada sepuluh pengamen bukan?.

3. Oleh-oleh tambahan

Kalau yang satu ini sih sebenarnya pintar-pintarnya kamu saja saat berada di tempat belanja buah tangan atau oleh-oleh untuk orang-orang terdekat kamu. Tetapi, sering sekali saat kamu membeli oleh-oleh kamu mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan dengan perkriaan kamu yang sebelumnya. Untuk itu, mulai sekarang sisihkan uang lebih yang bisa kamu pakai saat ingin membeli oleh-oleh tambahan.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami