Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tiga Penyakit Langka yang Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan

by Rafly Aditia on 2 Januari, 2016

profesi yang disukai kaum hawa - CekAja.com

Di dunia ini ada sekitar 700 lebih penyakit langka. Penyakit-penyakit ini sebagian besar merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik. Penyakit langka juga biasanya tidak termasuk dalam cover asuransi karena berbagai macam alasan. Mulai dari ketidaktersediaan obat penyembuh, dan sebagainya.

Nah, untuk sekedar pengetahuan kamu, berikut ini ada tiga penyakit yang sangat langka di dunia dan tidak dicover atau ditanggung oleh asuransi kesehatan, antara lain;

Microcephaly

Microcephaly adalah penyakit yang sangat langka yang biasanya menyerang bayi saat lahir atau bahkan sebelum lahir sekalipun. Penyakit yang satu ini menyebabkan otak tidak dapat berkembang dan berfungsi dengan baik, bahkan dalam beberapa kasus otak berhenti tumbuh dan tidak berkembang sama sekali.

Banyak teori yang mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan oleh zat-zat berbahaya, radiasi dam masalah genetik. Biasanya, penderita Microcephaly juga akan mengalami down syndrome yang terlihat dari sering mengalami kejang, tubuh kerdil, masalah bicara dan yang lainnya.

(Baca juga: Hindari 7 Penyakit Ini dengan Rutin Berolahraga)

Penyakit Fields

Disebut penyakit fields karena diderita oleh dua orang perempuan kembar bernama Catherine dan Kirstie di negara Wales. Bisa dibilang ini merupakan penyakit yang paling langka di dunia, bahkan penyakit ini tidak memiliki nama medis untuk penyakit yang satu ini.

Bagi penderita penyakit fields, biasanya fungsi otot tubuh perlahan akan memburuk sehingga menyebabkan pergerakan menjadi terbatas bahkan untuk sekedar menulis saja menjadi sangat sulit bagi penderita penyakit fields.

(Baca juga: 5 Penyakit Ini Sering Muncul Saat Musim Hujan, Pastikan Asuransi Kesehatanmu Menanggungnya)

Progeria Hutchinson-Gilford

Penyakit ini biasanya dikenal dengan nama Progeria, penyakit langka ini menyerang 1 dari 8 juta anak di dunia. Biasanya beberapa saat setelah lahir, anak yang mengidap penyakit ini akan meninggal, kemungkinan hidup penderita Progeria sangat kecil dengan pencapaian paling hebat hidup sampai usia dua puluhan.

Progeria merupakan penyakit genetik dimana anak mengalami penuaan dini, penyakit ini bukan merupakan warisan dari orang tua atau apapun, penyakit ini juga belum ditemukan obatnya ioleh dokter. Mulai dari obat anti kanker, terapi hormon pertumbuhan dan lainnya tidak efektif menyembuhkan penyakit Progeria.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.