Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tiga Perusahaan Ini Punya Kebijakan Cuti Melahirkan Paling Asyik

by Ariesta on 15 Desember, 2015

Tahun ini, banyak perusahaan besar di Amerika yang memberikan keleluasaan cuti bagi wanita maupun pria yang baru punya anak. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah Facebook, Google, YouTube, Twitter, Reddit, Microsoft, dan Netflix yang memperbolehkan karyawan mengambil cuti 18 minggu dan tetap digaji.

Meski terkesan tidak menguntungkan di dunia bisnis, kenyataannya kebijakan tersebut malah meningkatkan moral pegawai, daya ingat, sampai produktivitas. Kabar baiknya, kebijakan ini tidak hanya diadopsi oleh perusahaan besar. Tiga perusahaan di bawah ini mengharuskan para karyawan untuk membuat ikatan emosional dengan anak mereka daripada datang ke kantor.

(Baca juga: Strategi Persiapkan Tabungan Biaya Kesehatan Kehamilan dan Persalinan)

Happy Family

Happy Family merupakan perusahaan makanan bayi organik berbasis di New York. Sesuai dengan nama perusahaannya, Happy Family menawarkan cuti enam bulan bagi karyawannya yang baru menyambut kelahiran anggota keluarga baru. Ini artinya, tiga bulan merupakan cuti dan dibayar. Sedangkan tiga bulan selanjutnya mencakup kerja dari rumah beberapa hari dalam seminggu atau membawa bayi ke tempat pengasuhan di kantor.

“Mengadopsi kebijakan ini merupakan hal yang masuk akal,” kata Shazi Visram, pendiri dan CEO Happy Family. “Jika aku seorang karyawan di suatu perusahaan dan hanya memiliki tiga atau empat minggu cuti melahirkan, aku akan lebih memilih keluar dari pekerjaan.

MSEP (Manufacturing, Sales, Equipment, Products), LLC

MSEP merupakan perusahaan yang memproduksi produk-produk anti bahan kimia seperti pembersih lantai, hand sanitizer, produk bayi, sampai produk untuk melukis. Kebijakan perusahaan mereka adalah dua bulan cuti dibayar bagi pria maupun wanita. Pria diperbolehkan untuk cuti agar bisa mendukung istri yang baru melahirkan secara fisik maupun emosional.

“Perusahaan kami merupakan bisnis keluarga dan misi perusahaan memang berfokus pada kesejahteraan keluarga. Lewat kebijakan ini, kami berharap kami bisa mengilustrasikan  betapa pentingya keluarga,” kata pendiri dan CEO MSP, Donna Seeman.

(Baca juga: 12 Cara Menurunkan Perut Gemuk Setelah Melahirkan)

Blue Corona

Blue Corona adalah perusahaan pemasaran digital yang melayani usaha kecil menengah. Perusahaan ini memiliki 35 karyawan yang terbagi di dua kantor yakni di Maryland dan di North Carolina. Baik karyawan pria maupun wanita dapat mengambil enam minggu cuti dibayar dalam rangka kelahiran, adopsi, mengurus anak, atau bahkan untuk mengurus anggota keluarga yang sakit.

Selain itu, perusahaan ini juga menawarkan pilihan untuk mengambil tambahan empat minggu cuti tanpa dibayar. “Sebagai perusahaan kecil, kami yakin apa yang kami lakukan adalah benar,” kata CEO Ben Landers.

Landers menilai kebijakan tersebut merupakan hadiah bagi para karyawannya yang telah bekerja keras dalam membesarkan startup. “Kami juga menawarkan bagi hasil, makan siang gratis setiap Jumat, lingkungan kantor yang kasual, dan penghargaan atas hasil jerih payah. Kami yakin visi perusahaan kami cocok bagi orang-orang dengan family-minded,” pungkasnya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami