Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tiket Kereta Mudik Masih Ada! Ini Jurus-jurus Mendapatkannya

by Achmad Fauzi on 6 Juni, 2018

Anda yang belum kebagian tiket kereta api untuk musim mudik tahun ini tak perlu khawatir. Masih ada peluang untuk mendapatkan tiket kereta api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) menyatakan masih terdapat tiket kereta api untuk tujuan tertentu di musim mudik Lebaran 2018.

Mudik adalah suatu tradisi rutin yang dilakukan kaum urban menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ada yang mudik menggunakan kendaraan pribadi dan ada pula yang memilih menggunakan angkutan umum.

Tak sedikit masyarakat memilih angkutan kereta api untuk mudik. ‎Karena selain cepat, mudik menggunakan kereta api juga bebas macet. Sehingga, Anda bisa tepat waktu untuk sampai ke kampung halaman.

Nah, m‎enurut Kepala Humas KAI Agus Komarudin, tiket kereta api mudik lebaran tahun ini masih tersedia banyak. Sehingga, Anda jangan takut tidak bisa pulang ke kampung halaman karena kehabisan tiket.

“Masih Ada (tiket kereta api mudik). Tanggal-tanggal tertentu seperti hari ini (5/6/2018) masih ada,” kata Agus saat dihubungi CekAja.com, Selasa (5/6/2018).

Berdasarkan informasi dari twitter PT KAI @KAI121, memang masih ada beberapa tiket kereta api mudik yang bisa Anda‎ pesan. Dalam informasi tersebut, terdapat beberapa tujuan keberangkatan masih tersedia, seperi keberangkatan dari Stasiun Gambir.

Rute Gambir-Bandung‎, Gambir-Solo, Gambir-Semarang, Gambir-Yogyakarta, Gambir-Malang, Gambir Cirebon, Gambir-Surabaya, Gambir-Tegal, dan Gambir-Cilacap. Rata-rata tiket kereta api dengan rute tersebut tersedia untuk tanggal 5,6,7, dan 8 Juni 2018. Tidak hanya itu, tiket kereta masih tersedia untuk tanggal 17-30 Juni 2018.

Nah, dengan masih adanya tiket tersebut, Anda bisa merayakan hari raya bersama sanak famili. Namun, bagaimana cara jitu untuk mendapatkan tik‎et kereta api yang masih tersedia? Nah, ikuti langkah-langkah berikut ini! (Baca juga: THR Cair? Ini Hal-hal Prioritas yang Harus Anda Alokasikan)

Manfaatkan channel penjualan tiket

Dahulu kala membeli tiket kereta api ‎hanya bisa dilakukan di loket tiket masing-masing stasiun. Namun kini, Anda bisa membeli tiket secara online. PT KAI pun sudah memiliki website untuk pembelian tiket yaitu www.kai.id atau bisa melalui aplikasi bernama KAI Access.

Namun, disarankan Anda jangan hanya menggunakan satu channel saja. Ada banyak channel lain seperti Traveloka, Tiket.com dan lainnya bisa Anda manfaatkan untuk membeli tiket kereta api.

Cek jaringan internet Anda

Sebelum Anda membeli tiket kereta api secara online, Anda harus pastikan jaringan internet Anda bagus atau tidak. Karena jaringan internet akan mempengaruhi proses pembelian tiket Anda. Gunakan jaringan internet yang lancar untuk menghindari diambilnya tiket yang Anda pesan oleh orang lain.

Jangan sampai jaringan internet Anda putus, maka proses yang sudah lalui bisa gagal. Sehingga, tiket Anda belum terpesan.

Siapkan kartu identitas Anda

Jangan lupa siapkan kartu identitas Anda sebelum membeli tiket kereta api. Dengan begitu, saat Anda harus mengisi data, Anda tak perlu lagi mencari-cari identitas di dalam dompet atau tas Anda. Sehingga, proses pembelian tiket Anda makin cepat dan mendapatkan tiket sesuai tujuan Anda.

Cari waktu pemesanan yang tepat

Anda juga harus memperhatikan masalah waktu pemesanan. Karena biasanya, pada waktu-waktu tertentu, pemesanan tiket kereta sangat penuh. Nah, Anda harus cari waktu yang tepat untuk memesan tiket.

Misalnya, Anda sebaiknya menghindari membeli tiket pada waktu pagi dan jam kerja. Dengan begitu, Anda harus memesan tiket kereta api di luar waktu-waktu tersebut.

Segera lakukan pembayaran

Jangan menunda pembayaran tiket Anda, karena pemesanan terbatas waktunya. Sehingga, setelah Anda memesan Anda haru cepat membayar tiket Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tiket sesuai tujuan Anda.

Itulah beberapa cara jitu untuk mendapat tiket kereta api. Sangat bermanfaat bukan? Nah, Anda juga bisa membeli tiket kereta api dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. (Baca juga: Fintech Dinilai Tak Akan 'Ganggu' Perbankan, Cek Faktanya!)

Namun, jika Anda belum memiliki kartu kredit, Anda bisa mengajukan kartu kredit secara online di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia menyediakan kartu kredit dari berbagai bank. Yuk, cek!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami