Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tinggal di Kawasan Bising, Begini Tips Agar Rumah Hunian Tetap Tenang

by Surtan Siahaan on 21 Mei, 2016

Pekan lalu, sengketa antara penghuni Sudiman Mansion, hunian elit di pusat Kota Jakarta, dan tempat hiburan malam Lucy in The Sky yang letaknya berdekatan mencuat ke publik. Penghuni mansion yang rata-rata ekspatriat protes lantaran bising yang ditimbulkan oleh klub malam itu merembes masuk dalam hunian mewah mereka. Akibatnya, penghuni mansion merasa tidak bisa hidup dengan nyaman. Bahkan, sejumlah penghuni yang memiliki anak kecil mengaku tidak bisa istirahat karena anak mereka tidak bisa tidur.

Kondisi serupa pasti dialami banyak orang. Khususnya kamu yang terlanjur membeli rumah di kawasan bising seperti pinggir jalan. Nah, daripada stres karena kurang istirahat sebenarnya ada tips yang bisa diterapkan untuk menangkal bising masuk. Dijamin, setelah menerapkan strategi ini, saat tinggal di dalam rumah kamu tidak akan mendengar polusi udara yang datang dari jalan. Berikut ini bocoran caranya:

Panel akustik

Jika tingkat suara bising benar-benar ekstrem, gunakan panel akustik untuk meredam suara. Panel yang diaplikasikan pada dinding ini mirip seperti yang biasa digunakan studio musik. Penggunaan panel akustik dijamin akan meredam kebisingan dengan maksimal. Ruangan yang dikelilingi panel akustik akan menjadi kedap suara. Namun, untuk menggunakan panel akustik biaya yang dibutuhkan cukup mahal. Tapi bila lebih kreatif sedikit, kamu bisa menggunakan potongan-potongan papan kayu bekas sebagai panel akustik di dinding kamar atau ruangan yang ingin kedap suara. Biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah.

(Baca juga: Ini Triknya Bila Kamu Ingin Beli Rumah di Tengah Kota Jakarta dengan Harga Miring)

Drywall

Drywall atau yang lebih dikenal dengan papan gipsum adalah alternatif yang jauh lebih murah dibandingkan panel akustik. Agar polusi suara bisa diredam secara maksimal, coba aplikasikan drywall pada tempat-tempat yang sangat perlu seperti kamar bayi atau ruang kerja.

Pintu kayu

Bila kamu tinggal di apartemen, mungkin sedikit susah bila ingin mengganti dinding luar bangunan. Sebab, renovasi yang mengubah tampilan luar biasanya dilarang. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mengganti daun pintu dengan bahan kayu yang berat dan tebal. Tidak hanya efektif meredam bising, pengaplikasian daun pintu kayu juga tidak mengubah tampilan apartemenmu.

(Baca juga: Sedang Punya Cicilan Kredit Rumah? Ini Tandanya Kamu Butuh Refinancing KPR)

Weather stripping

Teknik satu ini juga cocok digunakan bagi kamu yang tinggal di apartemen. Weather stripping adalah cara meredam bising dengan menerapkan improvisasi pada jendela yang menghadap jalan. Dengan weather stripping, kamu sebenarnya hanya mengisi celah-celah pada jendela menggunakan karet khusus untuk meredam suara. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kaca tiga panel yang efektif meredam kebisingan.

Tentang Penulis