Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tingginya Peluang Usaha Warnet Di Desa

by Satrya Agung on 24 Februari, 2016

pakai gadget di kantor_kartu kredit - CekAja.com

Saat ini sudah lebih dari setengah masyarakat Indonesia yang terhubung dengan internet. Ini menunjukkan bahwa minat masyarakat sangatlah tinggi. Sebagian besar pengguna internet ini berselancar dari telepon genggam mereka.

Meski pengguna internet yang telah tinggi, namun peluang usaha warnet masih terbuka lebar terlebih bagi kamu yang tinggal di pedesaan. Kendala yang mendasar di pedesaan adalah sinyal yang lemah. Ini disebabkan masih kurangnya jumlah BTS yang mampu mencakup seluruh wilayah.

Dan walau mereka berinternet dari handphone, tapi rata-rata bahkan kebanyakan gadget yang dimiliki masih mempunyai keterbatasan atau dengan kata lain handphone yang low end. Meski demikian potensi untuk meraup rupiah dari bisnis membuka warnet masih terbuka lebar.

Sebelum mewujudkan niatan ini, terlebih dahulu lakukan pengecekan sinyal provider di desa kamu. Lakukan pengetesan terhadap beberapa provider yang ada. Lalu buatlah penilaian provider mana yang lebih kuat sinyalnya dan yang paling cepat loadingnya.

Saat pengecekan jangan hanya melihat dari sinyal yang diperoleh, tapi juga saat browsing. Selain mencoba browsing media sosial, kamu juga mencoba mengakses website yang berbasis video serta gambar yang beresolusi tinggi.

Setelah menemukan provider yang paling bagus, sekarang saatnya menentukan lokasi. Seperti prinsip dasar bisnis, tempat yang strategis adalah yang ramai. Jika kamu tinggal di sekitaran alun-alun, pasar, atau daerah ramai lainnya tentu akan sangat bagus.

Atau rumah kamu dekat dengan tongkrongan anak muda sana, maka ini juga bisa menjadi pilihan. Hindari menyewa tempat karena kamu belum bisa memastikan pendapatan dan pengeluaran dari usaha ini.

Jika memiliki dua aspek di atas maka kamu mempunyai peluang usaha warnet yang menjanjikan. Maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan komputer beserta modemnya. Pilihlah komputer yang mempunyai RAM dan graphic yang memadai. Agar pelanggan kamu puas dengan loading data yang cepat. Walau pun mungkin sebagian masyarakat di sana belum begitu paham, tapi alangkah baiknya kamu memberikan pelayanan yang maksimal.

Salah satunya dengan komputer yang baik. Dan perlu diingat bahwa calon pelanggan kamu mayoritas adalah anak muda. Tidak masalah jika tahap awal kamu membeli komputer bekas untuk mengirit pengeluaran. Asal spesifikasi yang ditawarkan cukup baik.

Sebagai patokan, kemungkinan yang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar desamu adalah browsing berita online, berkirim email, facebook, twitter, youtube dan social media lainnya. Dengan perkiraan ini maka akan diketahui bahwa komputer yang dibutuhkan tidak perlu setinggi komputer gaming.

Selanjutnya adalah instalasi jaringan. Buat kamu yang masih awam dengan bidang ini, bisa mempelajarinya dari google. Ada banyak tutorial yang menjelaskan cara menyeting dan instalisasi jaringan.

Sebagai tahap awal, cukup sediakan 5 komputer client dan 1 komputer server. Sediakan juga printer yang bisa scanning juga. Karena kebutuhan orang untuk print atau scan pasti ada. Akan jauh lebih baik jika kamu menyediakan jasa editing, pengetikan, serta menjual alat tulis.

(Baca juga: Bisnis Dadakan Ini Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kaya)

Kemudian sediakan meja-meja kecil ala Jepang. Ini adalah trik agar kamu tidak perlu menyiapkan kursi yang mana membutuhkan biaya lagi. Cukup dengan karpet sederhana sebagai alas lesehan.

Terakhir kamu buat spanduk 3 x 1 meter yang dipasang di depan warnet. Isi spanduk selain nama warnet, juga memberikan informasi jasa apa saja yang kamu sediakan. Dan jangan lupa, sediakan juga minuman ringan.

Sekarang kamu telah siap memulai bisnis baru. Dan yakinlah bahwa peluang usaha warnet masih menjajikan sebagai sumur pundi yang siap ditimba. Selamat mencoba.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.