Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tip Agar Biaya Servis Kendaraan Tidak Bengkak

by Surtan Siahaan on 22 Maret, 2016

Bagi yang punya kendaraan, mungkin sering mengalami kejadian seperti ini: Saat menuju bengkel niat hati hanya ingin servis ringan dan ganti oli, begitu pulang dompet terpaksa bobol karena banyaknya suku cadang yang ternyata butuh diganti.

Alhasil, tabungan dana darurat yang sudah dikumpulkan sejak lama terpaksa dibongkar. harus Kondisi tidak terduga seperti ini memang mengesalkan, namun bukan berarti tidak bisa dicegah. Biaya servis sebenarnya bisa ditekan murah kok. Mau tahu carannya, simak 4 tip di bawah ini:

Selalu gunakan suku cadang asli

Mungkin kamu adalah orang yang cukup rajin menyervis kendaraan. Cara kamu mengendarai kendaraan juga wajar. Tapi, setiap ke bengkel, selalu saja ada spare part yang minta untuk diganti. Kalau seperti ini, bisa jadi kesalahannya ada pada kualitas suku cadang yang kamu beli.

Usahakan untuk selalu membeli suku cadang asli. Untuk memastikan suku cadang tersebut asli, belilah di dealer atau distributor resmi. Suku cadang palsu memang murah, namun percayalah umur mereka tidak akan seawet suku cadang asli. Kamu sebenarnya menghemat lebih banyak uang dengan berinvestasi pada suku cadang asli.

(Baca juga: 5 Alasan Wanita Harus Lebih Matang Siapkan Rencana Pensiun)

Gunakan BBM sesuai kebutuhan mesin

Jangan pelit pada kendaraan sendiri. Bukannya menghemat uang banyak, kamu justru bisa nombok banyak di akhir bulan. Nasihat ini juga berlaku di stasiun pengisian bahan bakar. Banyak pemilik kendaraan yang memaksa mengisi tangki kendaraannya dengan bensin beroktan rendah.

Padahal pabrikan kendaraan tersebut sudah menganjurkan penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi. Meski harganya murah, bensin beroktan rendah justru dapat membuat kinerja mesin menjadi tidak optimal.

Selain itu, karena tidak bisa menahan kompresi mesin yang tinggi, umur komponen akan semakin pendek. Kamu juga harus semakin sering menyervis kendaraan karena mesin lebih cepat kotor karena pembakaran yang tidak sempurna.

Pahami jadwal servis

Daya tahan sebuah mesin kendaraan bisa bertahan lama jika diservis secara rutin. Tidak cuma rutin, servis juga harus dilakukan sesuai jadwal. Banyak alasan kenapa servis harus dilakukan sesuai jadwal.

Pertama, agar garansi kendaraan tidak hangus. Kedua, untuk kendaraan baru, servis harus dilakukan sesuai jadwal agar tidak kehilangan layanan servis gratis. Sebab, jika servis dilakukan di luar jadwal, kamu harus membayar sendiri.

(Baca juga: Batman V Superman, Siapa yang Lebih Kaya dan Lebih Mahal?)

Rawatlah ban kendaraan kamu

Ban adalah suku cadang kendaraan yang punya peran vital. Kondisi ban yang jelek tidak hanya bisa mengancam keselamatan saat berkendara, namun tidak baik buat kesehatan finansial kamu.

Maklum, harga ban kendaraan yang bagus cukup mahal apalagi jika kamu menggunakan kendaraan roda empat. Nah, agar ban bisa awet dalam waktu lama, sebenarnya ada beberapa tip perawatan yang mudah untuk dilakukan.

Pertama, wajib untuk memerhatikan tekanan angin. Kedua, lakukan spooring dan balancing agar pengendalian tetap maksimal, ketiga gunakan sabun khusus saat membersihkan ban dan keempat, copot dan bersihkan sela-sela ban minimal sebulan sekali.

Tentang Penulis