Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Tip Agar Bisa Beli Hewan Qurban Setiap Idul Adha

by Rafly Aditia on 24 Agustus, 2017

idul adha _ CekAja.com

Makna Idul Adha sangat mendalam. Di hari raya ini, umat muslim yang mampu secara finansial melakukan ibadah haji ke tanah suci Mekkah dan menyembelih hewan qurban.

Hari raya Idul Adha merupakan hari raya umat muslim yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijah. Di hari raya ini, para umat muslim yang mampu secara finansial, akan melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Selain itu, juga melakukan penyembelihan hewan qurban.

Di Indonesia, ada beberapa daerah yang memiliki tradisi sendiri dalam merayakan Idul Adha, sebut saja tradisi unik seperti Grebeg Gunungan di Yogyakarta, Jemur Kasur di Banyuwangi, hingga Apitan di Semarang. Namun satu yang pasti, dalam setiap Idul Adha, di daerah manapun akan tetap melaksanakan penyembelihan qurban yang merupakan simbol peringatan hari raya umat muslim tersebut.

Hukum berqurban memang tidaklah wajib, namun sunnah bagi umat muslim. Di mana bagi mereka yang mampu berqurban merupakan salah satu cara beribadah. Mengingat harga hewan seperti kambing, domba, atau sapi tidaklah murah, maka untuk mereka yang mampu, berqurban secara rutin sangat dianjurkan oleh kebanyakan ulama, sementara untuk yang tidak mampu maka tidaklah wajib.

Cara Kumpulkan Uang Agar Bisa Berqurban Setiap Tahun

investasi reksadana _ investasi - CekAja.com

Dalam berqurban, umat muslim dilarang mengalami ketakutan harta berkurang, modal usaha menipis, apalagi khawatir sampai tidak dapat menghidupi keluarga. Pasalnya, justru dengan berqurban maka harta yang dimiliki akan semakin berkah dan dapat membawa kebaikan di lain hari.

Maka dari itu, banyak yang memaknai Idul Adha dengan berusaha sebisa mungkin agar dapat berkurban setiap tahun. Tentu alasannya adalah dengan niat yang utama yaitu beribadah. Pertanyaannya, bagaimana bila kita hanya memiliki gaji pas-pasan, tapi ingin berqurban setiap tahun? Berikut ini adalah strategi atur uang  yang bisa dilakukan.

Mulai dengan Rp5 ribu per hari

Cara pertama yang bisa dilakukan oleh kita adalah membuat tabungan khusus untuk tujuan beli hewan kurban. Tidak perlu besar-besar, mulailah dengan mengumpulkan uang setiap hari sebesar Rp5 ribu. Sudah tentu jumlah uang tersebut tidak besar. Dibanding mengeluarkannya untuk keperluan yang tidak berguna, kita bisa memulai disiplin untuk menabung terus Rp 5 ribu per hari selama satu tahun atau 12 bulan penuh.

Dalam waktu sebelas bulan maka kita dapat mengumpulkan uang sekitar Rp1,8 juta dimana uang sebanyak itu tentunya sudah bisa membeli satu ekor kambing yang dapat dijadikan hewan untuk berkurban di waktu Idul Adha.

Sisihkan bonus

Cara ini sangat mungkin untuk dilakukan bagi karyawan yang setiap tahunnya selalu mendapatkan bonus tahunan. Agar bisa membeli hewan kurban setiap tahun, yang perlu kita lakukan adalah dengan cara menyisihkan bonus tahunan, bonus performa, atau bonus hari raya Idul Fitri yang biasanya dibagikan dalam jumlah yang cukup besar (yang sesuai dengan kebijakan perusahaan masing-masing).

Bayangkan, apabila kita mendapatkan bonus performa dari perusahaan sebesar 1 kali gaji dalam di akhir tahun, maka minimal uang sebesar satu kali gaji sudah ada di tangan. Bila gaji kita berstandar UMR (Upah Minimum Regional), maka uang sebesar Rp3 juta sudah dimiliki. Dengan uang tersebut, kita sudah bisa membeli satu ekor kambing atau domba.

Ajak patungan

Di sini, kita ingin berkurban namun memiliki bujet yang lebih terbatas. Maka kita dapat menyiasatinya dengan cara membeli sapi secara patungan. Harga sapi dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat untuk dikurbankan rata-rata sebesar Rp12 juta.

Mengingat dalam hukum Islam diperbolehkan untuk berkurban hewan sapi secara urunan dengan maksimal sebanyak 7 orang, maka uang yang dibutuhkan hanya sekitar Rp1,7 juta saja. Tentunya dengan menggunakan metode pertama yaitu menabung sebanyak Rp 5 ribu per hari selama setahun, atau menyisihkan pendapatan bulanan sekitar 5% setiap bulannya, uang sebesar itu akan terkumpul dengan mudah.

Yang penting disiplin dan punya niat

Apapun metode atur uang yang dilakukan, tanpa adanya poin ini tentu semua tidak akan terlaksana. Jumlah uang yang ditabung memang relatif kecil yaitu sekitar Rp5 ribu per hari atau setara dengan 5% setiap bulan dari gaji yang dimiliki. Tapi jika tidak disiplin dan tidak dibarengi niat yang kuat maka bisa saja hal ini gagal dilakukan.

Maka dari itu, ingat terus bahwa niat anda adalah beribadah kepada Tuhan lewat berkurban di hari raya Idul Adha. Di mana tindakan yang dilakukan adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

(Baca juga: Strategi Terbaik untuk Amankan Uang untuk Beli Hewan Kurban)

Strategi Bisa Dapat Harga Hewan Qurban yang Murah

tips kaya _ investasi - CekAja.com

Karena tidak diperbolehkan membeli hewan kurban dengan menggunakan pinjaman atau utang, maka cara terbaik agar uang terkumpul untuk membeli hewan qurban adalah dengan cara menabung. Makna Idul Adha yang begitu dalam memang menjadi satu alasan mengapa umat Islam sebisa mungkin berusaha untuk dapat berkurban.

Selain itu, ada beberapa tip tambahan agar bisa membeli hewan kurban lebih murah dibanding harga pasar. Simak tip berikut!

Cari hewan qurban di daerah

Biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan di kota besar. Memang, kendalanya adalah kita perlu bertanya tentang ongkos transportasi dalam pengantarannya. Namun, membeli hewan kurban di daerah bisa memberikan keuntungan terutama kalau kita berniat untuk membeli dalam jumlah banyak sekaligus.

Lakukan pembelian di jauh-jauh hari

Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan agar mendapatkan hewan kurban terbaik dengan harga yang murah adalah dengan membelinya dari jauh-jauh hari. Biasanya harga hewan qurban seperti sapi, kambing, atau domba akan lebih murah sebesar 30% beberapa bulan sebelum hari raya idul adha.

Sudah tahu tip atur uang agar dapat membeli hewan kurban setiap tahun? Selain mengetahui tip mengumpulkan uang untuk hewan kurban, mengerti arti dan makna Idul Adha, jangan lupa juga untuk memperhatikan hewan kurban yang ingin dibeli, pastikan sesuai dengan syarat-syarat yang benar.

(Baca juga: Syarat Beli Hewan Kurban)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami