Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tip Agar Cepat Merasa Nyaman di Kantor Baru

by Tisyrin on 10 Juli, 2017

tips kerja di kantor baru _ investasi - CekAja.com

Sehabis lebaran, tak sedikit karyawan yang langsung menikmati karier di tempat kerja yang baru.

Karyawan biasanya memilih meninggalkan kantor lama setelah lebaran karena ingin menyelamatkan jatah Tunjangan Hari Raya (THR) agar mendarat mulus ke kantong. Bicara mengenai pindah kerja, PR selanjutnya setelah mendapatkan tempat kerja baru adalah memperoleh kenyamanan di sana. Kenyamanan adalah faktor penting lain yang mempengaruhi betah tidaknya seseorang di tempat kerja.

Apabila sudah nyaman, hari-hari kerja pun terasa menyenangkan. Namun, apabila sebaliknya, hari-hari kerja akan terasa sangat menyiksa dan membuat seseorang ingin kembali mencari tempat kerja baru. Berikut ini beberapa cara yang dapat dipraktekan agar dapat memperoleh kenyamanan di tempat kerja baru.

Semangat dan bergairah

Tunjukan semangat dan gairah kerja. Cobalah untuk datang tepat waktu atau bahkan lebih pagi dari jam kerja normal. Istirahat yang cukup agar tidak terlihat lesu saat hari-hari pertama di kantor baru. Bekerjalah dengan cepat tetapi tetap teliti dan memperhatikan kualitas.

Jika seorang karyawan baru terlihat tidak bersemangat, tentu rekan-rekan kerja yang lain akan sungkan untuk bergaul. Jadi, berupayalah memancarkan energi positif di kantor baru, ini akan mempermudah proses beradaptasi pada masa awal bekerja.

Setelah berkenalan, jangan sungkan mengajak teman baru untuk mengobrol

Biasanya, karyawan baru akan diajak berkeliling kantor untuk memperkenalkan diri. Tunjukan rasa percaya diri dan jangan lupa untuk tersenyum. Meskipun mungkin namamu tidak akan langsung melekat di benak karyawan lain, setidaknya mereka telah merekam wajahmu dalam ingatan saat kamu memperkenalkan diri.

Selanjutnya, saat waktu luang, tak perlu sungkan untuk mengajak teman-teman baru untuk mengobrol satu per satu meski hanya basa-basi. Ingat, ajaklah berbincang di saat yang tepat misalnya jam makan siang, atau saat berjumpa di lift.

Bawa snack

Membawa snack ke kantor bisa jadi salah satu cara efektif untuk membuat teman-teman kerja cepat mengenalmu. Mereka akan memberimu cap yang baik dan mungkin saja menunggu momen kapan kamu kembali membawa snack ke kantor.

Kehadiran snack di tengah jam kerja bisa mencairkan suasana kerja di kantor yang terkadang tegang dan kaku. Saat ada snack, rekan-rekanmu akan langsung menyerbu, dan langsung menikmatinya. Dengan begitu, terciptalah suasana yang sedikit santai, sembari mengobrol ringan satu sama lain. Ini kesempatanmu untuk ikut nimbrung dalam obrolan.

Berteman di media sosial dengan rekan kerja

Selain di kantor, tak perlu sungkan bergaul di media sosial dengan rekan kerja. Hal ini akan mempererat keakraban dengan rekan kerja dan membantumu lebih mengenali rekan kerja di tempat baru.

Cari temen sehobi

Hobi akan menjadi bahan obrolan yang tiada habisnya. Di antara teman-teman baru di kantor, pasti ada saja yang memiliki hobi sama denganmu. Cari tahu siapa teman yang memiliki hobi sama sehingga kamu akan mendapatkan teman ngobrol yang asyik. Siapa tahu ternyata teman di sebelahmu punya hobi yang sama.

Cari tahu gaya berpakaian di kantor

Salah kostum saat hari pertama datang ke kantor baru akan membuatmu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, sejak proses interview pertama kali,  perhatikan baik-baik gaya berpakaian orang-orang di calon kantormu. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan gambaran bagaimana kamu harus berpenampilan ketika mulai bekerja nanti.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.