Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tip Atur Waktu Agar Tetap Sehat Minum Kopi Selama Puasa

by Ariesta on 14 Juni, 2016

bahaya kopi _ CekAja.com

Bagi kamu yang miliki kebiasaan minum kopi, ibadah puasa Ramadhan tentunya akan mengubah rutinitas ini. Tidak mesti meninggalkan kebiasaannya, karena kamu bisa tetap sehat minum kopi.

Minum kopi di pagi hari merupakan kebiasaan wajib bagi banyak orang. Rasanya ada yang kurang jika belum minum kopi. Tapi selama puasa, jam rutinitas minum kopi yang kamu miliki tentunya akan berubah. Bagi orang yang sudah ketagihan kopi, tidak minum kopi di pagi hari membuat tubuh cepat lelah hinga sakit kepala.

Namun jangan khawatir karena ada kabar baik untuk kamu pencinta kopi. Ada cara untuk mengungi kopi tanpa membuatmu merasa ‘kesakitan’. Berikut cara untuk tetap menikmati kopi selama bulan Ramadan.

Kopi merupakan stimulan alami

Pernahkah kamu penasaran kenapa kamu merasa terjaga setelah minum kopi? Ini karena kopi mengandung kafein yang juga memberi rasa dan aroma yang unik. Lebih lanjut, kadein ini memberikanmu efek waspada dan membuat tubuhmu lebih segar saat lelah.

(Baca juga: 5 Makanan dan Minuman yang Sangat Baik Dikonsumsi Saat Berbuka)

Kopi juga mengandung antioksidan

Tahukah kamu kalau kopi juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah berbagai penyakit seperti penuaan dini dan penyakit jantung?

Setiap harinya, tubuhmu terpapar radikal bebas yang bisa merusak sel dan menigkatkan risiko terkena penyakit. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, tubuhmu jadi punya semacam tameng untuk menangkal efek radikal bebas.

Jadi, bagaimana menyesuaikan kebiasaan minum kopi selama Ramadhan?
Saat berbuka puasa:

Hindari berbuka puasa dengan secangkir kopi. Ini karena kafein akan memicu pelepasan asam lambung pada perut kosong yang pada gilirannya melukai lambung. Makanan paling ideal untuk berbuka puasa adalah kurma. Kurma menyediakan gula yang dibutuhkan tubuh, terutama otak, setelah berpuasa seharian.

(Baca juga: Minum Kopi Gratis Sepanjang Hari)

Tapi kamu tetap bisa menikmati secangkir kopi dua jam setelah berbuka puasa. Cara ini memberikan kesempatan bagi tubuhmu untuk menyesuaikan tingkat glukosa darah. Secangkir kopi mungkin berguna untuk membuatmu tetap fokus saat harus menyelesaikan pekerjaan sepulang salat tarawih.

Tengah malam:

Kalau kamu senang meneguk kopi di tengah malam, minumlah kopi dengan kadar kafein rendah sebelum tidur (karena secangkir kopi mengandung antioksidan yang berguna). Atau sebagai alternatif, kamu bisa memilih teh chamomile yang lebih sehat dan membuatmu rileks.

(Baca juga: Ini Bahayanya Terlalu Sering Minum Minuman Berenergi Saat Berbuka Puasa)

Saat sahur:

Kamu bisa menikmati kopi sambil makan sahur. Ini akan membuatmu tetap terjaga setelah salat subuh sehingga bisa langsung beraktivitas. Tapi ingat, seimbangi dengan asupan makanan yang sehat dan seimbang. Jangan lupa juga untuk memperbanyak minum air putih agar keseluruhan organ berfungsi dengan baik.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami