Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tip Desain Rumah Agar Terlihat Luas Meski Minimalis

by Tisyrin N. T on 23 November, 2017

Pasangan muda seringkali membeli rumah berukuran kecil yang harganya terjangkau. Meski kecil, apabila menerapkan desain rumah serta penataan yang tepat bisa membuatnya terlihat luas.

Rumah adalah tempat yang sempurna untuk bercengkrama bersama keluarga. Hunian yang nyaman tentu akan membuat anggota keluarga betah berada di dalamnya. Namun, kenyamanan sebuah hunian tidak selalu bergantung pada luas atau tidaknya bangunan.

Jadi, kenyamanan tetap dapat tercipta meskipun hunian terbilang kecil. Karena pada dasarnya, kebersamaan dengan keluarga juga sudah mampu menciptakan kenyamanan dan kebahagiaan, meski hanya melakukan hal-hal sederhana bersama-sama.

Cara menciptakan kesan luas ruangan

Rumah yang kecil dan sempit bukanlah alasan untuk tidak memperlakukannya dengan baik. Oleh karena itu, tak ada salahnya berupaya keras menciptakan suasana ruang hunian terlihat lapang dengan berbagai cara. Simak tip desain rumah dan penataannya berikut ini:

Gunakan warna yang muda, ringan, dan netral

Warna-warna yang muda, ringan, dan netral adalah pilihan yang tepat jika ingin ruangan terlihat luas. Gunakan warna seperti putih, kuning gading, krem, atau abu-abu terang untuk dinding. Begitu pula dengan furnitur, pilih warna yang terang agar dapat memantulkan cahaya.

Pasang wallpaper dengan warna cerah dan motif sederhana

Pilih wallpaper yang warnanya cerah serta memiliki motif sederhana. Jangan gunakan wallpaper yang memiliki motif rumit karena akan membuat ruangan terkesan sempit.

Memasang wallpaper bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan kesan wah. Meskipun yang kita miliki hanya rumah minimalis berukuran kecil, bukan berarti tidak bisa menciptakan kesan wah bukan?

Hindari atau kurangi penggunaan  sekat

Sekat hanya akan menciptakan kesan semakin sempit. Namun, jika memang harus menggunakannya, pilihlah yang tidak permanen agar mudah memindahkannya kapan pun. Antara dapur dan ruang makan misalnya, tidak perlu ada pembatas.

Pilih furnitur sederhana atau serbaguna

Untuk mendukung keinginan agar rumah terlihat luas, pilihlah furnitur yang sederhana alias tidak banyak detail. Ingat, jika rumah penuh sesak dengan furnitur maka akan terkesan sempit. Jadi, selektiflah dalam memilih furnitur yang benar-benar bermanfaat.

Alternatif lainnya adalah memilih furnitur serbaguna, misalnya kursi atau tempat tidur yang bagian bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan barang.

Memanfaatkan cermin

Cermin dengan ukuran yang besar akan memancarkan kesan luas, setidaknya dua kali lebih besar dari yang sebenarnya. Tempatkan cermin di beberapa ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, serta ruang keluarga.

Karpet polos

Hindari penggunaan karpet dengan motif yang ramai. PIlihlah karpet polos dengan warna yang solid. Tujuannya tentu menciptakan kesan lapang.

Contoh inspirasi desain rumah dari Instagram

Baru membeli rumah dan ingin menatanya dengan apik? Jangan khawatir, sebab kini inspirasi desain sebuah hunian dan penataannya bisa datang dari mana saja. Kini, media sosial Instagram bisa menjadi sumber inspirasi tentang berbagai hal, termasuk soal rumah. Inilah contoh akun Instagram inspiratif untuk urusan tersebut:

Rumah ala @kanyaka_wara_apsari

Tak sedikit pasangan muda yang memilih membeli rumah tipe 36 karena harganya yang terjangkau. Namun, rumah tipe ini terbilang sempit sehingga harus pandai mengaturnya agar tetap menciptakan kesan lega.

Kita dapat menemukan inspirasi untuk menciptakan kesan lega di rumah tipe 36 di Instagram @kanyaka_wara_apsari. Akun ini memiliki lebih dari 63 ribu pengikut. Rumah di akun Instagram @kanyaka_wara_apsari berdiri di atas tanah seluas 90 meter persegi, dengan luas bangunan 36 meter persegi.

Rumah tersebut terdiri atas dua kamar tidur, ruang keluarga, satu kamar mandi, dapur, ruang makan, dan taman.

Agar nampak luas, pemilik rumah memilih cat dinding dengan warna utama abu-abu muda. Selain dari segi warna cat dinding, pemilik rumah juga sangat memperhatikan pemilihan dan penataan furnitur.

Daripada menggunakan TV kabinet, pemilik rumah memilih menempelkan TV dan memasang small floating shelf di dinding untuk menyimpan perlengkapan yang berhubungan dengan TV. Meja makan juga disudutkan ke dinding agar tidak memakan banyak tempat.

Apabila biasanya area belakang dibuat tertutup secara permanen, pemilik rumah memiliki hanya memakai gypsum dan fiber glass untuk kembali menciptakan kesan lapang. Cahaya alami pun tetap bisa masuk ke area belakang. Area belakang terdiri dari dapur, ruang makan, ruang cuci dan jemur pakaian, serta taman belakang.

Rumah ala @beybidevlyn

Cara lain untuk membuat rumah tipe 36 menjadi terlihat lega adalah dengan melakukan renovasi tentunya. Hanya saja, renovasi yang salah malah bisa memperburuk penampilan rumah. Untuk inspirasi renovasi rumah tipe 36, bisa menengok akun Instagram @beybidevlyn yang memiliki lebih dari 40 ribu pengikut.

Rumah di Instagram @beybidevlyn sebelumnya memiliki tipe 36/78. Setelah direnovasi, rumah ini memiliki luas bangunan 84 meter (2 lantai). Rumah menjadi tampak luas karena memiliki langit-langit tinggi dan pemilihan warna cat tembok yang pas.

Hal lain yang membuat rumah terlihat lapang adalah ruang keluarga yang hanya menggunakan sofa lesehan dan karpet. Selain itu, jika biasanya dapur menggunakan kitchen set yang memakan tempat, dapur di rumah ini hanya dilengkapi floating shelf yang terbuka.

Pada salah satu kamar, terdapat tempat tidur berundak yang juga berfungsi sebagai tempat menyimpan barang. Pintu lemari pada kamar menggunakan kaca sehingga menciptakan kesan luas.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami