Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

7 Cara Belanja di Midnight Sale Jadi Lebih Untung

by Surtan Siahaan on 21 Desember, 2017

anggaran belanja - CekAja.com

Bagi pehobi belanja, gelaran midnight sale tentu jadi target wajib yang tidak bisa dilewatkan. Berbagai pusat perbelanjaan mengadakan diskon besar-besaran untuk berbelanja hingga tengah malam.

Gelaran midnight sale memang selalu mengiringi momen-momen khusus. Mulai dari hari raya Lebaran, Imlek, Hari Raya Natal, Tahun Baru, dan momen lainnya. Biasanya, mereka yang tidak siap untuk mengikuti gelaran ini, akan mudah terjebak untuk berbelanja gila-gilaan.

Belanja boleh-boleh saja. Tapi ingat harus tetap terkontrol karena tantangan ekonomi di tahun depan akan semakin berat. Nah, untuk rekan CekAja yang berencana mengikuti midnight sale, berikut ini tip-nya agar tetap hemat saat belanja. Yuk, cek artikelnya dan pelajari.

Datang lebih awal

Saat berada dalam kondisi buru-buru biasanya orang akan sulit untuk berpikir jernih. Hal ini pun sering terjadi ketika mengikuti gelaran diskon midnight sale.

Namun, menghindarinya cukup mudah. Sebuah gelaran diskon belanja di malam hari ini biasanya dimulai pukul 11 malam. Di jam tersebut, pasti ramai dengan pengunjung yang berebut atau mengantri di ruang pas.

Agar kita tidak terjebak antrean dan berakhirnya sesi gelaran diskon belanja yang dilakukan, upayakan untuk datang paling awal sehingga kita bisa mendapatkan barang incaran tanpa terburu-buru. Jadi, saat lonceng waktu belanja dimulai, kita tinggal berlari ke kasir. (Baca juga: Tips Berburu Midnight Sale Akhir Tahun untuk Wanita)

Sudah punya target barang yang ingin dibeli

Hal yang menarik saat pada gelaran belanja ini adalah potongan harga yang terkadang bisa mencapai 80%. Semula, kita akan berpikir jika belanja akan jadi lebih hemat.

Namun, kenyataan yang terjadi justru kita kalap belanja dan membeli barang-barang yang sebenarnya belum atau tidak terlalu kita butuhkan.

Tak jarang karena melihat barang bagus dengan harga murah kita relakan untuk membeli menggunakan kartu kredit. Padahal, untuk membayarnya nanti jelas kita akan kesulitan.

Karena itu hindari masalah klasik ini dengan menyiapkan daftar barang belanjaan. Tuliskan apa saja barang yang benar-benar ingin dibeli dan diperlukan, serta patuhi daftar yang sudah dibuat tersebut.

Dengan cara ini, kita tidak lagi tergoda untuk belanja barang-barang di luar kebutuhan kita meskipun harga yang ditawarkan sangat menggiurkan.

Gunakan e-money yang sudah ditetapkan saldonya

Setelah membuat daftar belanja, buatlah estimasi bujet belanja yang sesuai dengan kondisi keuangan kita. Selanjutnya, masukkan sejumlah uang sesuai dengan bujet tersebut ke e-money. Hal ini untuk mencegah godaan yang tidak diinginkan untuk kita kebablasan dalam mengeluarkan uang.  (Baca: Kenali Jenisnya, Ini Cara Aman Transaksi E-Money)

Dengan cara ini juga, kita jadi lebih disiplin karena jumlah uang yang dibawa terbatas. Apapun godaan yang kita temukan sepanjang berbelanja, kita tidak akan membeli di luar kemampuan atau estimasi bujet yang sudah ditetapkan.

Ajak teman yang jadi pengawas saat berbelanja

Jika rekan CekAja bukan orang yang disiplin dan mudah tergoda oleh bujukan gimmick marketing, ajaklah orang lain yang bisa mengontrol untuk turut serta berbelanja.

Biarkan dia memegang daftar belanja namun uang tetap kita pegang. Tapi ingat, jangan membawa orang yang hobi belanja dan punya karakter sama dengan kita seperti lemah pada godaan diskon. Bukannya hemat, bisa bisa kalian berdua malah kalap dan belanja gila-gilaan.

Widget TRV Insurance

Buat pengingat di handphone

Semakin lama kita berada di sebuah pusat perbelanjaan, semakin besar pula godaan yang kita temui. Untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya cara adalah membatasi waktu berbelanja seefektif mungkin.

Untuk itu, sebelum berangkat menuju mal atau pusat perbelanjaan, tentukan dulu berapa lama kita akan berada di sana.

Kalau perlu, atur pengingat di jam atau handphone yang bisa jadi pengingat. Agar waktu belanja jadi lebih singkat, ada baiknya untuk mendatangi pusat perbelanjaan yang sudah sering kita datangi.

Manfaatkan kartu keanggotaan

Di sinilah gunanya memiliki kartu keanggotaan di sebuah gerai belanja. Selain bisa mengumpulkan poin belanja yang bisa ditukar dengan cashback, bonus (piring, mangkok, payung), atau undian berhadiah, terkadang pusat perbelanjaan memberi promo khusus berupa tambahan diskon bagi mereka yang memiliki kartu keanggotaan.

Bila belum memiliki kartu keanggotaan, ada baiknya untuk membuat sebelum gelaran berlangsung. (Baca juga: Cara Memilih Kartu Kredit Banyak Diskon Belanja di Supermarket)

Gunakan keuntungan kartu kredit

Di poin sebelumnya, penggunaan e-money memang cukup bermanfaat dalam membatasi pengeluaran. Tapi jangan salah, gelaran midnight sale biasanya diikuti penawaran berbagai keuntungan jika kita belanja dengan menggunakan kartu kredit.

Maksudnya, ketika kita berbelanja dengan menggunakan kartu kredit tertentu, khususnya yang sudah bekerjasama dengan gerai belanja yang kita datangi, maka keuntungan besar akan didapatkan. Mulai dari diskon belanja, cashback, cicilan nol persen, hingga reward spesial.

Karena itu, sebelum belanja setidaknya kita mengetahui jenis kartu kredit apa saja yang tawarkan banyak keuntungan di saat belanja akhir tahun. Alasannya agar benefit yang bisa didapatkan bertambah banyak.

Bahkan, bila sekalipun tidak mendapatkan diskon, kita bisa mengumpulkan poin yang di hari berikutnya bisa kita tukarkan dengan beragam manfaat.

Nah, bagi rekan CekAja yang belum memiliki kartu kredit, kini daftar kartu kredit online jadi jauh lebih mudah. Cukup luangkan waktu sejenak menggunakan smartphone atau gadget kesayangan.

Tentang Penulis