7 Tips Agar Anak Doyan Sayur Paling Jitu dan Mudah Dilakukan

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Jika kamu merasa mencari tips agar anak doyan sayur itu susah, eits kamu salah besar! Sebab, kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa tips agar anak doyan sayur yang terjamin ampuh.

Mengingat cita rasa dari sayur itu sendiri kurang lezat, maka kamu harus bisa mengolahnya dengan benar agar anak doyan makan sayur.

Terlebih, penampilan dari sayur itu sendiri pun jika diolah biasa saja kurang sedap dipandang. Sehingga, sangat wajar apabila anak merasa kurang tertarik dengan sayur, atau bahkan tidak ingin mencobanya sama sekali.

Nah, adanya tips agar anak doyan sayur ini berguna untuk membantumu, mencari solusi agar anak-anak mau mulai mengonsumsi sayur-sayuran, demi memiliki tubuh yang sehat serta perkembangan yang baik.

Faktor Penyebab Anak Tidak Suka Makan Sayur

Sebelum mengetahui tips agar anak doyan sayur, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan anak tidak suka makan sayur.

Adapun beberapa faktor penyebab tersebut, di antaranya yaitu:

  • Tidak dibiasakan sejak kecil
  • Anak mengalami food neophobia, atau rasa takut mencoba makanan baru
  • Karena alasan biologis, seperti misalnya tubuh anak yang memerlukan energi besar, yang tidak bisa didapatkan dari sayuran
  • Rasa dari sayuran yang hambar cenderung pahit
  • Karena alasan psikologis, seperti misalnya sayuran yang selalu diasosiasikan sebagai kenangan yang penuh dengan pemaksaan dan amarah
  • Cara mengolah sayur yang tidak benar, membuatnya memiliki tekstur dan cita rasa yang tidak lezat
  • Orang tua yang jarang menyajikan menu sayur-sayuran
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Menambah Nafsu Makan Anak)

Tips Agar Anak Doyan Sayur

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau CekAja.com akan memberikan beberapa tips agar anak doyan sayur yang teruji ampuh, dalam meningkatkan daya tarik anak untuk makan sayur-sayuran.

Di bawah ini, CekAja.com telah merangkum tujuh tips agar anak doyan sayur, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut.

1. Melatih anak makan sayur sejak dini

Tips agar anak doyan sayur yang pertama adalah dengan melatih anak makan sayur sejak dini. Ini merupakan hal utama yang wajib dilakukan, untuk membiasakan anak mengonsumsi sayur-sayuran.

Sebab jika tidak dibiasakan sejak kecil, maka anak akan susah untuk disuruh mengonsumsi sayur-sayuran.

Terlebih, jika anak sudah bertemu dengan makanan lezat, maka kemungkinan besar anak akan semakin tidak mau mengonsumsi sayuran.

Hal tersebut tentu dikarenakan, sayuran memiliki rasa yang hambar cenderung pahit. Berbeda dengan makanan lain yang digemari anak-anak, yang umumnya memiliki rasa manis.

Maka dari itu, untuk mengimbangi konsumsi makanan lain dengan sayuran, kamu bisa melatih anak makan sayur sejak anak sudah mulai MPASI.

2. Mengolah dan mengkreasikan sayur menjadi makanan favorit anak

Selain menyenangkan, mengolah dan mengkreasikan sayuran menjadi makanan favorit anak juga merupakan salah satu tips yang bisa dilakukan.

Pasalnya, tips agar anak doyan sayur yang satu ini mudah dilakukan. Kamu cukup memasukkan beberapa jenis sayuran ke dalam menu makan anak.

Seperti misalnya anak suka makan nasi goreng, maka kamu bisa memasukkan beberapa jenis sayur, seperti kacang polong dan wortel ke dalam nasi goreng.

Bagaimana, sangat mudah bukan? Selain lezat, nasi goreng pun menjadi salah satu kudapan yang menyehatkan.

Agar anak semakin bersemangat menyantap makanannya, kamu juga bisa membentuk nasi goreng menjadi bentuk-bentuk yang lucu. Contohnya seperti nasi goreng bentuk hati, bintang, bulan, maupun bentuk yang menyerupai karakter kartun favorit anak.

3. Beri contoh pada anak

Memberi contoh pada anak pun menjadi bagian dari tips agar anak doyan makan, yang perlu kamu lakukan.

Pasalnya, jika kamu selaku orang tua juga tidak membiasakan diri makan sayuran, khususnya di depan anak, maka anak akan berpikir kalau makan sayur bukan lah hal yang penting.

Jika sudah begitu, maka anak akan lebih memilih makanan lain yang lebih lezat, dibandingkan makan sayur yang memiliki cita rasa hambar cenderung pahit, namun menyehatkan.

Oleh karena itu, agar anak doyan sayur, kamu sebagai orang tua harus memberikan contoh terlebih dahulu.

Kamu bisa melakukannya dengan mengajak anak makan sayur bersama-sama, atau membuat jadwal makan sayur bersama keluarga sambil bermain, yang nantinya akan menjadi sebuah rutinitas.

4. Beri kesan kalau makan sayur adalah hal yang menyenangkan

Sebagian besar orang, termasuk anak-anak mungkin akan tertarik untuk mencoba sesuatu hal, apabila hal tersebut terlihat menyenangkan.

Konsep tersebut sejatinya bisa diterapkan pada kegiatan makan sayur anak-anak. Yang mana, agar anak-anak doyan sayur, maka anak-anak harus melihat dan merasakan bahwa makan sayur adalah kegiatan yang menyenangkan.

Kamu bisa membangun kesan menyenangkan tersebut, sejak anak-anak masih di usia balita. Jadikan saja beberapa jenis makanan, sebagai karakter kartun atau hewan, lalu bangun sebuah cerita.

Andaikan saja anak menjadi seekor dinosaurus, yang baru bisa mengejar tyrannosaurus rex apabila sudah memakan lima miniatur brokoli.

Jika anak tertarik dengan cerita tersebut, maka dijamin anak akan sangat gembira memakan semua brokoli, yang menjadi sumber energi dinosaurus untuk bisa berlari mengejar tyrannosaurus rex.

Bagaimana, cukup menyenangkan bukan? Tips agar anak doyan sayur yang satu ini bisa langsung kamu coba di rumah, untuk mengisi waktu luang bersama anak.

5. Libatkan anak dalam memilih dan mengolah sayur

Kamu pasti sudah tidak asing dengan istilah tak kenal maka tak sayang, bukan? Tahu tidak, kalau ternyata istilah itu bisa kamu gunakan untuk anak yang nggak doyan makan sayur.

Sebab, anak mungkin merasa makan sayur itu tidak penting, karena ia tidak tahu namanya dan manfaatnya untuk tubuh.

Maka dari itu, untuk melatih dan membiasakan anak makan sayur, kamu bisa memulainya dengan mengajak anak ke pasar atau supermarket membeli sayur-sayuran untuk dimasak hari itu.

Di sana, anak biasanya akan bertanya terkait sayur maupun buah-buahan yang dijumpainya. Dengan begitu, pengetahuan anak akan sayur dan buah pun bertambah.

Kemudian agar semakin menyenangkan, kamu juga bisa melibatkan anak dalam proses memasak.

Anak bisa diperbantukan untuk mencuci sayuran dengan air mengalir, serta mencicipi rasa dari sayuran yang dimasak.

Dengan begitu, maka ketertarikan anak terhadap sayur akan tumbuh secara perlahan, dan anak pun akan mulai mengonsumsi sayuran.

Jika sudah begitu, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan tips agar anak doyan sayur yang satu ini secara rutin, tentunya menyesuaikan dengan mood dan keinginan anak.

6. Ajak anak makan sayur bersama temannya

Tips agar anak doyan sayur yang keenam adalah dengan mengajak anak makan sayur bersama temannya.

Karena seperti yang diketahui, makan bersama teman adalah hal yang menyenangkan. Anak bisa sambil bermain, ngobrol, maupun bercanda tawa ketika makan.

Sehingga, makan makanan apapun bersama teman akan tetap terasa menyenangkan, meskipun anak harus makan sayur yang tidak ia sukai sekalipun.

7. Sajikan sayuran yang terdiri dari berbagai macam warna

Memadukan berbagai macam warna sayur pun bisa kamu lakukan loh, untuk menarik perhatian anak-anak agar doyan makan sayur.

Tips agar anak doyan sayur yang satu ini bisa dilakukan, dengan membuat satu menu makanan yang dibuat dari campuran berbagai jenis sayur berwarna cerah dan kontras, seperti wortel, brokoli, bayam ungu, tomat ceri dan lain sebagainya.

Karena adanya perpaduan berbagai macam sayuran berwarna kontras tersebut, dapat meningkatkan daya tarik dan rasa penasaran anak, untuk mencoba menu sayuran yang telah dibuat.

Namun sebelum disajikan, pastikan terlebih dahulu kalau menu sayuran yang dibuat, memiliki cita rasa lezat yang sesuai dengan selera anak.

8. Berikan hadiah jika anak mau makan sayur

Tips agar anak doyan sayur yang terakhir, yaitu memberikan hadiah apabila anak mau makan sayur.

Sebab, apresiasi ini diperlukan untuk menciptakan kesan menyenangkan, ketika anak berhasil mencoba sayur yang tidak ia suka.

Dengan diberikannya hadiah, maka anak merasa bahwa dirinya sudah berhasil melakukan hal yang ia takuti atau tidak suka.

Sehingga, kedepannya anak akan merasa lebih tertantang, untuk mencoba jenis sayuran lainnya yang belum pernah dimakan.

Tetapi ketika ingin memberikan hadiah, pastikan kamu memberi hadiah yang bermanfaat. Jangan sampai, kamu memberikannya hadiah berupa makanan lezat yang tidak sehat.

Karena jika kamu memberikan hal itu, maka kamu sama saja menyuruh dan membiarkan anak, untuk mencoba serta mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

(Baca Juga: Ragam Menu MPASI Menyehatkan)

Itulah beberapa tips agar anak doyan sayur yang bisa kamu coba terapkan di rumah. Semua tips tersebut, tentunya sangat mudah dilakukan dan menyenangkan.

Terlebih, semua tips itu memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh anak agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, baik itu penyakit ringan maupun penyakit berbahaya.

Sebab, jika anak tidak dibiasakan mengonsumsi sayuran dan makanan sehat lainnya, maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak mungkin tidak tercukupi.

Sehingga, anak pun memiliki peluang yang besar untuk terkena berbagai jenis penyakit. Dan apabila hal itu terjadi, tentu tidak hanya anak yang dirugikan karena merasa sakit dan tidak nafsu makan.

Tetapi, orang tua pun harus mengeluarkan biaya yang cukup besar, untuk pengobatan dan perawatan anak selama sakit.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu melindungi anak dan anggota keluarga lainnya dengan asuransi kesehatan.

Karena, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama sakit.

Dengan demikian, nantinya kamu tidak perlu lagi merasa terbebani dengan besarnya biaya pengobatan.

Jadi, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuan asuransi kesehatannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga dan dapatkan perlindungan kesehatan yang maksimal!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani