Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Agar Pengajuan KPR Bank Mandiri Kamu Disetujui

by Satrya Agung on 26 April, 2016

tabungan beli rumah_kredit rumah kpr - CekAja.com

Buat kamu yang sedang atau akan mengajukan kredit rumah melalui Bank Mandiri berikut tips pengajuan KPR Bank Mandiri kamu agar disetujui.

Seringkali calon nasabah cepat merasa putus asa karena aplikasi permohonan kreditnya tak kunjung disetujui. Sama halnya dengan Bank Mandiri, semua prosedur dan tata tertib perusahaan pastinya wajib dipenuhi oleh petugas saat memproses dokumen aplikasi yang diajukan calon nasabah. Maka dari itu beberapa tips dan tata cara mengajukan KPR Mandiri ini perlu diketahui secara detail agar kejadian seperti di atas tidak terjadi pada diri kita. Berikut tips-nya:

Penuhi semua persyaratan umum

Pastikan semua persyaratan umum telah dipenuhi. Secara umum persyaratan pemohon KPR Mandiri adalah mimimal berusia 21 tahun atau paling tinggi 55 tahun pada saat jatuh tempo kredit dan bekewarganegaraan Indonesia atau WNI yang bertempat tinggal di Indonesia, Karyawan atau pegawai tetap dengan minimal masa jabatan 1 tahun.

Persyaratan tersebut adalah hal wajib yang perlu kamu penuhi sebelum memutuskan untuk melakukan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah dari Bank Mandiri.

Siapkan dokumen pendukung

Tips kedua agar pengajuan KPR Bank Mandiri disetujui yakni dengan mempersiapkan dokumen pendukung. Beberapa dokumen yang wajib disertakan antara lain:

  • Salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik pemohon dan pasangan.
  • Salinan Surat Pernikahan bagi yang sudah menikah, atau
  • Salinan Surat cerai bagi yang berstatus cerai.
  • Salinan Kartu Keluarga (KK)
  • Salinan Buku Tabungan atau rekening koran dalam 3 bulan terakhir terhitung bulan pengajuan.
  • Salinan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Slip gaji pada penerimaan upah terbaru.
  • Surat keterangan pekerjaan
  • Salinan buku keuangan bagi pengusaha/ profesional.
  • salinan surat ijin praktek bagi kalangan profesional.
  • Salinan Surat Hak Milik (SHM), atau
  • Salinan Surat Hak Guna Bangunan
(SHGB)
  • Salinan IMB maupun PBB
Pengisian aplikasi

Setelah semua dokumen di atas kamu persiapkan, Fotokopi sekali lagi sebagai arsip yang nantinya akan mempermudah dalam pengisian aplikasi pengajuan kredit. Kamu juga bisa datangi kantor cabang terdekat untuk menanyakan secara langsung apakah dokumen yang telah kamu persiapkan sudah lengkap atau belum.

Kamu juga dapat menanyakan jumlah pembiayaan maksimal dari pembelian rumah yang akan kamu lakukan. Biasanya Bank Mandiri akan memberikan pinjaman dana sebesar 60% sampai 80% dari nominal harga properti yang dibeli. Di tahun 2017 ini Bank Mandiri berani memberikan pinjaman hingga 90%. Ini merupakan sebuah kabar baik.

Kejujuran

Isi seluruh pernyataan dengan jujur dan apa. Karena ini akan berhubungan dengan jumlah tagihan yang akan dibebankan padamu nantinya. Jika kamu mengisi pendapatan atau gaji yang lebih dari yang sebenarnya maka tagihan yang akan muncul pun lebih besar dan ini pasti akan memberatkan. Percaya atau tidak banyak kasus para calon nasabah melakukan manipulasi dalam dalam hal nominal pendapatan yang mereka terima dan tidak mengaku jika memiliki kredit di perbankan lain. Dan ini bisa menjadi sangat fatal dan bisa jadi permohonan kredit kamu akan ditolak gara-gara pengisian yang sengaja dimanipulasi.

Dengan mengikuti seluruh tips pengajuan KPR Bank Mandiri di atas akan mempermudah aplikasi kredit kamu disetujui. Semoga artikel ini bermanfaat dan bagikan juga di media sosial yang kamu miliki agar orang lain bisa mendapatkan manfaat yang sama. Terima kasih.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.