Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Agar Tidak Rugi Saat Beli Mobil Mewah Bekas

by Surtan Siahaan on 24 Februari, 2016

Siapa sih yang tidak mau punya mobil mewah. Tidak cuma karena alasan gengsi, mengendarai mobil mewah seperti Mercedes, BMW atau Toyota Alphard juga lebih nyaman dan aman karena kualitasnya sangat baik.

Karena alasan-alasan itu, tidak sedikit orang yang punya dana kurang memilih mobil mewah bekas dibandingkan mobil kelas menengah namun baru. Maklum, perbedaan harga antara mobil mewah yang masih gres dengan bekas terpaut jauh.

Namun, membeli mobil bekas apalagi mobil mewah tidak mudah lho. Salah-salah, bukanya harga murah yang didapat namun kamu harus nombok lumayan banyak. Agar tidak rugi, ikuti tips membeli mobil mewah berikut ini:

Beli mobil eks taksi

Perusahaan taksi biasanya mengganti mobil operasionalnya secara berkala. Mobil yang lama biasanya dijual untuk menambah modal. Di Jakarta, beberapa operator taksi mewah menjadi incaran pemburu mobil mewah bekas.

Kenapa mobil bekas taksi dipilih? Jawabannya, selain karena harganya yang murah, perusahaan taksi rutin menyervis dan memperbaiki mobil. Karenannya, rata-rata mobil bekas taksi masih layak pakai.

(Baca juga: Pilih Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?)

Survei harga

Sebelum membeli, lakukan survei harga. Cari tahu berapa harga baru dari mobil tersebut. Mobil mewah bekas cenderung mengalami penurunan harga yang tajam, terlebih mobil buatan Eropa dan Amerika.

Servis record

Mobil jenis apapun akan mengalami penurunan performa jika tidak dirawat. Untuk mengetahui, apakah pemilik sebelumnya merawat mobil atau hanya bisa pakai bisa diketahui dari buku servis.

Semakin panjang dan rutin daftar servis, maka mobil tersebut akan semakin baik. Sebab, servis rutin merupakan pertanda jika pemilik sebelumnya adalah orang yang apik dan merawat barang.

Jangan tergiur penampilan

Mobil mewah baik baru maupun bekas terkenal dengan harga servis dan sparepart yang mahal. Biasanya, sales yang nakal akan menjebak pembeli yang tidak paham mesin dengan memperbaiki tampilan luar mobil.

Jangan pernah tergiur dengan mobil mewah dan tampilannya yang mulus sebelum benar-benar mengetahui kondisi mesin. Bisa-bisa mobil tersebut banyak kerusakannya hingga ongkos servis yang dikeluarkan sangat besar.

Bawa montir sendiri

Jika kamu tidak menguasai mesin mobil, sebaiknya gunakan jasa montir. Tapi jangan asal pilih montir ya. Kalau bisa gunakan jasa montir bengkel yang memang ahli pada merek kendaraan tertentu.

Oleh karenannya, sebelum berburu, tentukan dulu merek mobil apa yang akan kamu pilih. Ini berguna agar kamu bisa menyiapkan montir pribadi terlebih dahulu. Jika berencana membeli mercedes bekas, sebaiknya dekati montir bengkel mercedes.

(Baca juga: Daftar Mobil Murah Terbaik yang Bisa Kamu Beli di Tahun 2016)

Test drive

Jika harga sudah cocok, montir pun mengiyakan, jangan keburu senang dan membayar mobil tersebut. Jangan pernah membeli mobil bekas yang belum pernah kamu coba terlebih dahulu. Bisa jadi, ketika kamu coba mobil justru terasa tidak enak. Agar tidak menyesal, jangan pernah terburu-buru saat membeli mobil bekas apalagi mobil mewah.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami