Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas

by Surtan Siahaan on 8 Januari, 2016

iphone bekas_kartu kredit - CekAja.com

Ada berbagai macam alasan yang menjelaskan kenapa iPhone menjadi pilihan orang dalam berkomunikasi. Mulai dari fitur yang keren, desain yang unik, aplikasi yang lebih update hingga kamera yang tajam dan jernih.

Namun, harga smart phone besutan Apple ini memang mahal. Tak heran banyak orang yang memilih membeli iPhone secara kredit atau dalam kondisi bekas. Dengan harga yang lebih murah, kita sudah bisa membawa pulang ‘hape’ trendi ini.

Tapi, kamu harus berhati-hati saat memilih iPhone bekas. Nah, agar tidak salah pilih dan akhirnya rugi, berikut ini tips membeli iPhone bekas yang bisa menghindarkan kamu dari kerugian:

Cek kelengkapan perangkat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memeriksa kelengkapan unit iphone yang akan kamu beli. Lakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu apa saja unit bawaan yang diperoleh. Riset bisa kamu lakukan ke website resmi apple atau forum-forum di dunia maya.

Cek serial number

Ini penting untuk memastikan iPhone yang kiamu beli bukan barang palsu. Jika iPhone yang kamu pegang asli, serial number tersebut pasti terdaftar.

(Baca juga: Barang yang Sebaiknya Kamu Beli Bekas di Tahun 2016)

Garansi dalam negeri

Agar tidak kerepotan nantinya, kamu harus memeriksa garansi iPhone. Pastikan perangkat tersebut memiliki garansi dalam negeri dan bukan garansi internasional seperti keluaran US atau Singapura.

Soalnya, Apple Service Center di Indonesia tidak akan melayani handset yang tidak dibeli di dealer resmi Indonesia. Cara mengeceknya mudah. cocokkan imei perangkat yang kamu pegang di iPhoneimei.info.

Cek icloud

Pastikan icloud tidak terkunci. Untuk memeriksanya, masuk ke dalam menu Settings > iCloud. Jika masih terkunci minta pemilik sebelumnya mengosongkan icloud. Kamu tentu tidak mau kan membeli perangkat yang tidak bisa kamu akses seluruh fiturnya?

Cek fisik

Sangat sulit memperoleh spareparts iPhone. Jadi teliti lebih dulu kondisi fisik iPhone sebelum membeli. Periksakeadaan konektor, layar, bodi. Unit-unit tersebgut tidak dapat diganti kecuali dengan barang non original.

Cek baterai

Jika penjual mengatakan baterai sudah pernah diganti, bisa dipastikan bahwa iPhone yang kamu pegang sudah cacat. Untuk itu pastikan soal ini pada penjualnya.

Cek touch screen

Saat membeli iPhone bekas, coba mengetik, menyentuh dan memeriksa ke seluruh sudut layar. Patikan fungsi touch screen masih normal. Untuk memeriksanya gunakan aplikasi kalkulator dengan tampilan lendscape.

Cek koneksi

Jangan lewatkan untuk mengaktifkan wifi, bluetooth, mic, speaker, 3.5mm jack untuk earphone. Coba lakukan rotasi untuk memeriksa apakah accelerometer berfungsi.

(Baca juga: Stop Kesalahan Ini Ketika Membuat Resolusi Keuangan Tahun 2016)

Cek kamera

Lakukan pengambilan gambar baik menggunakan flash maupun tidak. Periksa hasilnya.

Cek ambient light sensor

Fungsi sensor ini adalah meredupkan layar ketika berada di lingkungan gelap. Gunakan tangan untuk menutup sepertiga layar. Kemudian tekan mode sleep dan hidupkan kembali. Jika masih berfungsi layar lebih redup dari sebelumnya.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami