Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli PS4 Bekas

by Surtan Siahaan on 31 Januari, 2016

Bagi penggemar game konsol, pasti setuju bahwa PlayStation 4 (PS4) adalah game konsol terbaik dari sisi resolusi dan kecepatan mesinnya. Tidak heran jika Sony selaku pabrikan PS4 berhasil membukukan penjualan tertinggi dibandingkan game buatan Microsoft, Xbox.

Sayangnya, harga konsol seri kedepalapan ini tidak murah. Apalagi jika kamu membelinya di Indonesia. Maklum, pajak yang dikenakan bisa membuat harga PS4 berlipat-lipat. Kalau kamu berminat memiliki PS4 namun hanya punya bujet terbatas, salah satu alternatifnya bisa membeli PS4 bekas.

Nah, agar tidak salah membeli, sebaiknya kamu baca dulu 4 tips ini:

Minta nota pembelian asli

Meski kelihatannya sepele, nota pembelian sangat penting karena berkaitan dengan garansi. Jika penjual tidak dapat menunjukkan nota saat pembelian pertama, sebaiknya urungkan saja niatmu membeli PS4 tersebut.

Soalnya, beberapa negara seperti Sony Computer Entertainment America (SCEA) mensyaratkan nota pembelian bagi pelanggan yang mau menggunakan layanan servis. Syarat nota penbelian ini dimaksudkan untuk mencegah barang yang bukan berasal dari store resmi sony.

(Baca juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas)

Cek sistem

Selanjutnya, untuk memastikan PS4 bekas tersebut bisa beroperasi dengan baik, lakukan pengecekan. Mainkan game dalam waktu lama untuk melihat kelemahan- kelemahan apa yang ada pada mesin PS4 tersebut.

Agar lebih yakin, lakukan serangkaian prosedur ini. Pertama, nyalakan mesin. Kemudian, koneksikan dengan internet dan minta penjual masuk ke akun PSN untuk mengetahui apakah sistem bisa terkoneksi dengan internet.

Setelah itu lakukan tes serangkaian permainan untuk memastikan mesin berfungsi dengan baik dan juga untuk mengetes fungsi kontroler. Siapkan DVD blue ray untuk makin memastikan fungsi mesin dalam membaca kaset. Terakhir, lakukan tes USB ports.

Auto eject

Pada mesin PS4 terdapat kelemahan yang mengganggu kenikmatan saat bermain. Penyakit ini disebut dengan auto eject di mana kaset akan keluar sendiri saat PS4 sedang dimainkan. Namun, penyakit ini hanya ada pada tipe PS4 di bawah 1206.

Tipe PS4 di bawah 1206 masih menggunakan sistem touch untuk menyalakan dan menukar kaset. Sementara pada tipe 1206, menggunakan tombol untuk menyalakan dan menukar kaset. Kesimpulannya, jika ingin membeli PS4 bekas, cari mesin dengan tipe 1206.

(Baca juga: Barang yang Sebaiknya Kamu Beli Bekas di Tahun 2016)

Pastikan paket lengkap

Sebelum memastikan untuk membawa pulang PS4 tersebut, pastikan lebih dulu apakah paket yang mau kamu beli tersebut masih lengkap. Pastikan power kabel, kabel HDMI, controller dan kelengkapan kecil seperti kabel USB untuk Controller.

Tentang Penulis