Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tips Alokasikan THR untuk Membuat Bisnis Sampingan

by Rafly Aditia on 24 Juni, 2016

pinjaman bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Akhir bulan telah tiba, pastinya momen pembagian gaji bulanan dan Tunjangan Hari Raya alias THR sangat ditunggu-tunggu. Buat kamu yang ingin menambah pemasukan di akhir bulan Ramadhan, bisa menggunakan uang THR untuk menjalankan bisnis yang potensial.

Sudah pasti, kalau ingin berbisnis perlu yang namanya pengaturan keuangan alias budgeting. Berikut tips gunakan THR untuk modal usaha di akhir bulan Ramadhan:

Minimal 30 persen

Kalau ingin berbisnis dan menghasilkan untung yang banyak di akhir bulan Ramadhan,. setidaknya sisihkan 30 persen dari uang THR yang diterima. Mengapa 30 persen? Karena banyak ahli keuangan di dunia merekomendasikan bahwa nilai yang tepat untuk investasi atau bisnis sekiranya 30 persen dari pendapatan.

Jadi, apabila bulan ini kamu dapat THR sebanyak RP 5 juta maka manfaatkan paling tidak Rp 1,5 juta untuk berbisnis. (Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Receh yang Aman untuk Lebaran)

Pilih bisnis yang tepat

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah memilih bisnis yang bakal kamu geluti ketika mendekati hari raya Lebaran Idul Fitri nanti. Banyak bisnis yang bisa jadi pilihan, misalnya bisnis kue kering, parsel, atau bisnis baju muslim. Bisnis yang berbau religi dan bersinggungan dengan kebutuhan saat hari raya jadi bisnis yang paling menjanjikan.

Lihat potensi, maksimal gunakan 60 persen uang THR

Apabila THR yang kamu miliki cukup banyak, lalu semua kebutuhan sudah tercover oleh gaji bulanan. Tidak ada salahnya untuk melebihkan bujet bisnis hingga 60 persen dari uang THR yang didapatkan. Tetapi, sebaiknya lihat dulu bagaimana potensi bisnis dan perputaran uangnya.

Kalau baru beberapa hari jualan kue, baju muslim atau parselmu laku keras dan makin banyak permintaan jangan ragu untuk menambah bujet bisnis tersebut.

Coba endorse artis sosmed

Di era internet ini, peran sosial media sangat membantu bagi kamu yang menjalankan bisnis bahkan mulai dari bisnis kecil dan menengah ke bawah. Bagaimana cara melakukannya? Simpel, kalau kamu ingin produk dikenal banyak orang dalam waktu singkat dan berharap banyak order yang datang. Bisa segera mengontak artis sosial media.

Setelah kamu kontak, coba tawarkan untuk endorsement dan promosi produk di laman sosial media mereka. Bujet endorsement bermacam-macam, tergantung seberapa banyak follower artis sosmed tersebut. Tetapi, menganggarkan 10-20 persen dari bujet bisnis yang dimiliki merupakan angka yang sangat masuk akal. (Baca juga: Tren Busana Muslim 2016 yang Bisa Kamu Beli di Lebaran Tahun Ini)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami