Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Tips Aman Bepergian Bebas Jambret di Saat Pandemi Corona

by Kyla Damasha on 14 Mei, 2020

Bagi yang saat ini masih ada yang diharuskan beraktivitas di luar rumah, tips aman bepergian bebas jambret sepertinya akan sangat perlu untuk diketahui.

tips aman bepergian bebas jambret

Dengan masih diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna menekan penyebaran virus corona Covid-19 di kalangan masyarakat Indonesia, perputaran ekonomi menjadi tidak stabil seperti sebelumnya.

Nah, dikarenakan perputaran ekonomi yang kurang stabil inilah, berbagai lapisan masyarakat turut merasakan akibatnya, terutama untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah.

Ketika pemasukan sedang tidak stabil namun tetap harus makan untuk bertahan hidup, maka bagi sebagian orang, mereka tak punya pilihan lain selain melakukan berbagai cara untuk mendapatkan uang. Salah satunya adalah dengan melakukan tindakan kriminal seperti begal dan jambret.

(Baca Juga: Cegah Pencurian, 10 Tips Menjaga Rumah dari Maling ini Wajib Diketahui)

Maka dari itu, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika tengah diharuskan untuk melakukan aktivitas di luar rumah, ada baiknya apabila kamu juga mengetahui beberapa tips aman bepergian bebas jambret yang akan kita bahas kali ini.

Pengaruh Pandemi Corona Covid-19 Terhadap Kondisi Finansial

Munculnya virus corona Covid-19 memang memberikan pengaruh yang cukup bersar di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Virus yang sangat mudah tertular dan menyebar dari sentuhan dan air liur membuat banyak orang mulai membatasi diri dalam berkontak fisik dengan orang lain.

Dikarenakan hal inilah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran virus yang sangat mematikan satu ini ialah dengan memberlakukan social dan physical distancing, diantaranya termasuk berdiam diri di rumah dan sebisa mungkin menghindari tempat yang mengundang kerumunan massa.

Karenanya, berbagai sektor bisnis pun menjadi mengalami penurunan dalam hal perputaran ekonomi, seperti Masyarakat tidak diperbolehkan untuk bepergian menggunakan pesawat dan bus antar-kota sementara waktu yang membuat bisnis pariwisata mengalami penurunan secara signifikan.

Tidak hanya itu, beberapa pusat perbelanjaan turut ditutup yang juga memberikan pengaruh terhadap bisnis ritel, begitu pula dengan pusat hiburan seperti konser dan pameran, serta bisnis kuliner yang hanya bergantung pada pesan antar karena tidak mengizinkan pelanggan untuk makan di tempat.

Nah, dengan kondisi seperti ini, jelas tingkat masyarakat konsumtif pun juga semakin menurun, yang membuat perputaran ekonomi menjadi tidak stabil secara keseluruhan. Masyarakat diharuskan untuk menjadi lebih hemat dan pemasukan mereka mungkin tidak sebesar sebelumnya.

Lalu, apa yang terjadi dengan rakyat kecil yang sebagian besar bekerja serabutan yang tentunya tidak bisa dilakukan dari rumah? Merekalah yang merasakan dampak paling besar.

Tips Aman Bepergian Bebas Jambret

Biasanya, wanita yang tengah berkendara seorang diri sering kali menjadi incaran para jambret. Walaupun ada pula, pria yang menjadi korban, tetapi wanita dinilai lebih rentan karena memiliki kekuatan fisik yang cenderung lebih lemah.

Selain itu, jambret juga biasanya menunggu para korban di tempat yang sepi yang disertai pula dengan modus-modus yang membuat aksinya semakin sempurna. Maka dari itu, jika kamu sering melakukan aktivitas di luar rumah seorang diri, ketahui dulu beberapa tips aman bepergian bebas jambret guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa sajakah itu?

1. Jangan Menggunakan Perhiasan yang Mencolok

Tipa aman bepergian bebas jambret yang pertama adalah dengan tidak menggunakan perhiasan yang mencolok dan bisa terlihat oleh orang dengan mudah. Karena, dari sinilah kamu bisa mengundang orang untuk melakukan tindakan kriminal.

Terutama jika sedang menaiki transportasi umum, usahakan untuk tidak terlalu memperlihatkan kalung, anting, atau gelang yang dinilai terlalu mahal. Gunakanlah perhiasan yang sederhana namun tetap bisa mendukung penampilanmu yang stylish.

2. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Tips aman bepergian bebas jambret selanjutnya adalah dengan membawa uang tunai secukupnya. Selain perhiasan, tas juga sering kali menjadi target para jambret karena banyak orang yang membawa barang-barang berharga mereka di dalam tas, termasuk dompet yang berisikan uang tunai.

Maka dari itu, usahakan untuk membawa uang tunai secukupnya dan lakukan berbagai transaksi menggunakan kartu. Pasalnya, jika kamu melakukan transaksi menggunakan kartu, kamu bisa dengan mudah mem-blocking kartu di bank yang bersangkutan sehingga penjambret tidak akan bisa menguras uangmu.

Tetapi, beda dengan uang tunai yang mungkin akan memberikanmu lebih banyak kerugian dalam hal materil.

3. Hindari Berkendara di Jalanan yang Sepi

Tips aman bepergian bebas jambret berikutnya adalah dengan sebisa mungkin menghindari jalanan sepi ketika berkendara. Meskipun cara satu ini mungkin akan membuat perjalananmu menjadi lebih jauh, tetapi cara satu ini tentunya jauh lebih aman dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Biasanya, para jambret akan menunggu calon korban mereka di jalanan sepi agar tidak menarik perhatian banyak orang.

4. Jangan Menggunakan Handphone ketika Berkendara

Tips aman bepergian bebas jambret yang mungkin tanpa disadari paling sering dilakukan oleh banyak orang, yaitu menggunakan handphone ketika berkendara maupun ketika berjalan kaki seorang diri. Di beberapa kasus penjambretan yang terjadi, nyatanya banyak korban yang sedang menggunakan handphone saat berkendara maupun saat berjalan kaki sendirian.

Nah, perlu diketahui bahwa handphone memang merupakan salah satu barang yang paling mengundang orang untuk melakukan penjambretan. Mengapa? Karena mau setua apapun handphone tersebut, barang itu tetap bisa menghasilkan uang apabila dijual.

5. Selalu Meletakan Posisi Tas dan Dompet di Tempat yang Aman

Meskipun kamu tengah berada di tempat keramaian, jangan pernah lupa untuk pastikan meletakan tas dan dompet yang aman dan bisa terjangkau oleh penglihatanmu. Sebagai contoh, ketika menaiki transportasi umum, maka peluklah tas di depan dada untuk tetap menjaga kewaspadaan.

Jika kamu sedang bepergian menaiki motor, maka gunakannya tas backpack yang tidak mudah diambil orang atau meletakan tas di sela-sela kaki. Sebisa mungkin, letakkanlah tas dan dompet di tempat yang setidaknya masih bisa terjangkau oleh penglihatanmu.

6. Tetap Waspada dan Observatif

Tips aman bepergian bebas jambret yang terakhir adalah untuk tingkatkan kewaspadaan dan tetap observatif dengan lokasi kamu berada. Kita tidak akan pernah tahu tentang kejadian apa yang tengah menanti kita. Mungkin saja kamu sudah menjadi target jambret ketka ke luar dari mall atau ketika turun dari mobil.

Maka dari itu, dalam hal ini kamu butuh kewaspadaan. Selalu peka dan amati lingkungan sekitar jika terlihat ada orang yang mencurigakan. Kamu juga perlu berhati-hati dengan suara yang datangnya tiba-tiba.

Sebagai contoh, jika kamu tiba-tiba mendengar ada orang yang berteriak “ban bocor” atau sejenisnya di tengah jalan, janganlah langsung berhenti untuk memberikan bantuan.

Selain itu, apabila kamu juga merasa diikuti oleh sebuah kendaraan dari belakang, cobalah untuk membawa kendaraanmu ke tempat keramaian dan berhentilah disana.

Atau jika kamu sedang berjalan kaki seorang diri, kamu juga bisa langsung menuju ke tempat keramaian dan membaur di dalamnya.

Pentingnya Asuransi Elektronik

Seperti yang telah berkali-kali disinggung sebelumnya, bahwa kita semua tidak ada yang tahu kapan suatu kejadian menimpa kita. Namun walaupun begitu, bukan berarti kamu bisa menganggap enteng yang namanya antisipasi. Karena justru dari antisipasi itulah, kamu bisa mencegah atau meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, seperti penjambretan.

Tahukah kamu? Penjambretan yang sebagian besar mengincar barang elektronik itu ternyata bisa diasuransikan lho. Barang elektronik yang memang tergolong mahal membuat barang satu ini menjadi incaran penjambret karena bisa menghasilkan uang yang lebih ketika dijual.

Hanya saja, pasti banyak diantara kita yang harus bekerja keras untuk mengumpulkan uang agar bisa memberi barang elektronik yang diinginkan. Sehingga, kehilangan barang elektronik, apalagi karena penjambretan, tentu bisa menjadi tragedi yang menyedihkan bagi sebagian orang.

(Baca Juga: Manfaat dan Jenis Asuransi Elektronik yang Perlu Kamu Ketahui)

Karena itulah, kamu perlu memiliki yang namanya asuransi elektronik. Lalu, apa sih yang dinamakan sebagai asuransi elektronik? Tak jauh berbeda dari jenis-jenis asuransi lainnya yang bersifat sebagai perlindungan, asuransi elektronik juga memberikan perlindungan terhadap barang elektronik dari berbagai kejadian yang bersifat merugikan.

Barang elektronik disini sangatlah beragam, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop. Dengan memiliki asuransi elektronik, maka kamu akan merasa jauh lebih aman karena segala risiko kerusakan bisa diproteksi melalui asuransi ini.

Di beberapa perusahaan asuransi bahkan juga sudah ada yang bekerja sama dengan layanan kredit barang elektronik untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen yang membeli produk. Jadi, agar kamu merasa lebih tenang ketika menggunakan barang elektronik, segera saja ajukan asuransi elektronikmu di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda