6 Tips Aman kencan Online Selama Pandemi, Biar Gak Dibohongi!

6 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Mau dapet pasangan sesuai kriteria saat pandemi, meski lewat aplikasi? Yuk, ikuti tips aman kencan online selama pandemi, biar kamu nggak merasa dibohongi!

Pasalnya, adanya pandemi Covid-19 memang membuat pencarian cinta seseorang, menjadi terbatas.

Namun, jangan sedih dulu, karena kini sudah banyak platform atau aplikasi kencan online, yang bisa membantumu mendapatkan cinta.

Intensitas Pengguna Aplikasi Kencan Online Meningkat Sejak Awal Pandemi

Meski aplikasi kencan online sudah ada sebelum pandemi, namun aplikasi kencan online sendiri, justru melaporkan adanya peningkatan jumlah pengguna, dan interaksi kencan online, semenjak awal pandemi.

Dilansir dari kumparan.com, kenaikan jumlah pengguna aplikasi kencan online di Indonesia sendiri, berada di angka 23 persen. Sementara untuk kenaikan durasi chat, naik 19 persen dari biasanya.

Pandemi Membuat Orang Sulit Dapat Penghasilan dan Melahirkan Banyak Peluang Kejahatan

Namun, penggunaan aplikasi kencan online juga patut diwaspadai loh. Pengguna harus tetap bisa jaga diri, agar terhindar dari penipuan hingga kejahatan.

Terlebih, pada saat pandemi sepert ini, banyak orang yang sulit mencari penghasilan, untuk menyambung hidup.

Sehingga, di situasi itu pula, melahirkan banyak peluang kejahatan, yang bisa saja dilakukan dengan menggunakan aplikasi kencan online, untuk membohongi korbannya.

(Baca Juga: 10 Cara Buat Hubungan Cinta Makin Dalam dengan Pasangan)

Sehingga, para pengguna aplikasi kencan online, setidaknya harus mengetahui sederet tips aman kencan online selama pandemi.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa sudah ada banyak korban, yang tidak berhati-hati ketika menggunakan aplikasi kencan online.

Berikut beberapa tindak kejahatan yang dilakukan penjahat, dengan memanfaatkan aplikasi kencan online, demi keuntungan bahkan sampai melukai korban.

  • Membohongi korban dengan identitas palsu, agar korban tertarik
  • Memeras pasangan kencan online
  • Diculik, diperkosa, hingga dibunuh teman kencan
  • Pelaku menularkan penyakit (HIV, Covid-19 dan lainnya)

Nah, untuk tidak menjadi korban selanjutnya, lebih baik ikuti tips aman kencan online selama pandemi berikut ini, agar terhindar dari segala bentuk penipuan atau kejahatan.

Tips aman kencan online selama pandemi ini, juga diharapkan agar kamu bisa mendapatkan teman kencan atau pasangan, yang baik sesuai kriteriamu meski sulit untuk bertemu karena pandemi.

6 Tips Aman Kencan Online Selama Pandemi

1. Pastikan pilih aplikasi kencan online yang aman

Tips aman kencan online selama pandemi yang pertama, adalah memastikan aplikasi kencan online, yang dipilih aman.

Selain aman, kamu juga harus kenali aplikasi, mulai dari cara menggunakannya, kekurangan hingga kelebihannya.

Terlebih, saat ini aplikasi kencan online juga sudah banyak bermunculan, dan tentunya juga dengan fitur serta fasilitas masing-masing.

Di sini, kamu perlu memperhatikan disetiap testimoni pengguna sebelumnya. Apakah aplikasi tersebut benar-benar aman, atau sering terjadi penipuan?

Ketahui juga, bagaimana aplikasi tersebut menyaring kebenaran pengguna, dari data yang digunakan ketika membuat akun.

Pasalnya, selama pandemi intensitas orang menggunakan aplikasi kencan online semakin tinggi. Sehingga, banyak yang membuat akun dengan data pengguna yang asal.

2. Hindari mencantumkan identitas yang bersifat pribadi

Tips aman kencan online selama pandemi selanjutnya dengan menghindari mencantumkan identitas, yang sifatnya pribadi.

Sebut saja seperti nama lengkap, karena kamu bisa menggunakan nama panggilan, nama depan saja, atau inisial.

Sebisa mungkin, jangan cantumkan nama lengkap. Begitu juga dengan identitas pribadi lainnya, seperti nomor telepon, KTP, nama orang tua, alamat, tempat bekerja, nama sekolah atau universitas.

Pasalnya, dengan identitas kamu yang lengkap, akan mempermudah pelaku penipuan, menjerat korbannya. Karena ia, bisa melacak semua informasi tentang kamu, dengan mudah.

3. Cek foto profil dan deskripsi calon teman kencan

Nah, ketika sudah mulai menggunakan aplikasi kencan online saat pandemi seperti ini, kamu harus pintar-pintar menyaring calon teman kencanmu.

Agar tidak dibohongi, sebaiknya ikuti tips aman kencan online selama pandemi, denga cara mengecek foto profil dan deskripsi atau bio, calon teman kencanmu.

Pastikan, foto yang ia gunakan berkualitas bagus atau HD, dan bukan menggunakan foto orang yang terkenal, misalnya foto artis.

Jika ia niat untuk mendapatkan teman kencan juga, pastinya ia akan mengupload lebih dari satu foto, untuk memastikan bahwa dirinya bukan penipu.

Selain foto, deskripsi atau bio calon teman kencanmu, juga perlu diperhatikan.

Misalnya, ia menuliskan deskripsi yang amat meninggi, misalnya ia merupakan seorang CEO perusahaan, pemilik restoran atau kuliah di universitas ternama di dunia, dan lainnya.

Nah, hal tersebut patut untuk kamu curigai, serta hindari calon teman kencan seperti itu. Karena, hal tersebut sulit untuk dipercaya, pada sebuah aplikasi kencan online.

4. Tetap berpikiran terbuka

Aplikasi kencan online, sebenarnya sama seperti media sosial. Karena di aplikasi tersebut, kamu bisa bertemu dengan siapa saja, dengan jarak yang jauh maupun dekat.

Aplikasi tersebut juga sangat fleksibel, karena kamu bisa dengan mudah, mengganti nama, foto, hingga deskripsi.

Sehingga, sangat mungkin untuk bertemu dengan orang yang menggunakan akun palsu. Namun, karena tujuan utamamu menggunakan aplikasi ini untuk menemukan pasangan, jadi kamu tidak perlu parno.

Di tips aman kencan online selama pandemi, kamu hanya cukup menjadi orang yang memiliki pemikiran terbuka. Dengan kepercayaanmu sendiri, kamu bisa kok menemukan pengguna asli, asal tetap hati-hati.

Misalnya kamu menemukan akun palsu sekalipun, dan orang tersebut mencoba merayu, kamu bisa menolaknya dengan halus, dan langsung saja hapus ia dari daftar kandidat.

Menolak dengan cara yang kasar, dikhawatirkan akan membuat pelaku naik darah, dan menerormu dengan berbagai ancaman. Jadi, tetap tenang dan jangan panik.

5. Perhatikan pola interaksi dan gaya komunikasi

Tips aman kencan online selama pandemi yang berikutnya ini, ketika kamu sudah mulai memasuki proses komunikasi, yakni dengan memperhatikan pola interaksi dan gaya komunikasinya.

Biasanya, seseorang yang baru berkenalan akan merasa canggung, dan hanya menyapa dengan menyebut nama. Ketika, di antara kamu dan dia merasa cocok setelah ngobrol dengan intens dan cukup lama, mungkin komunikasi akan terus berlanjut.

Namun, perlu diwaspadai, jika baru diajak ngobrol beberapa hari, tanpa bertemu, ia langsung menyatakan perasaannya. Di sini kamu perlu berhati-hati dalam menjawab segala pertanyaannya.

Jika ia dengan mudahnya menyatakan perasaan, coba pikirkan lagi! Apakah kamu benar-benar menjadi satu-satunya, orang yang berinteraksi dengan nya?

Siapa tahu, hal tersebut hanya modus, sebelum melakukan kejahatan. Jadi, sekali lagi, jangan mudah percaya dengan orang baru, apalagi belum pernah bertemu langsung ya.

Jika kamu bingung harus menjawab apa, kamu bisa konsultasi ke teman dekat, yang mungkin berpengalaman, atau ke keluargamu. Tanyakan, apakah orang tersebut benar-benar ingin serius berkenalan, atau cuma modus.

6. Beri nomor telepon, jika sudah benar-benar pasti kalau calon teman kencan bukan penipu

Agar komunikasi lebih lancar, biasanya kamu dan teman kencanmu, akan bertukar nomor telepon.

Namun, sebelum memberikan nomor teleponmu, pastikan tips aman kencan online selama pandemi ini, kamu lakukan.

Yakni, harus benar-benar pengguna yang asli, berniat baik, identitasnya bisa dipercaya, dan tidak memiliki niat buruk.

(Baca Juga: 3 Tips Sukses Jomblo Menemukan Jodoh Saat Corona)

Setelah kamu yakin, baru kamu bisa memberikan nomor teleponmu. Ketika sudah ia sudah mendapatkannya, biasanya komunikasi kalian akan semakin lancar.

Terlebih, karena selama pandemi kita sulit untuk bertemu orang asing, di sini kamu bisa memanfaatkan fasilitas video call, di Whatsapp atau Line.

Jadi, tanpa bertemu dengannya secara langsung, kamu bisa mengetahui rupa dan cara bicaranya melalui video call. Cara tersebut juga dilakukan, untuk menekan penyebaran covid-19, selama masa perkenalan.

Nah, itu dia beberapa tips aman kencan online selama pandemi, agar kamu tidak mudah dibohongi, dan komunikasi dengan teman kencan, bisa lancar sesuai harapan.

Pakai Aplikasi Kencan Online Berbayar Agar Lebih Aman

Adapun, agar lebih aman, kamu juga bisa menggunakan aplikasi kencan online, dengan fasilitas yang lebih premium. Namun, tentu saja aplikasi tersebut harus berbayar.

Dengan berbayar, aplikasi tersebut akan memastikan, bahwa pengguna tersaring secara ketat. Sehingga, kamu bisa mendapatkan teman kencan, tanpa takut menemukan yang palsu.

Di aplikasi kencan online premium, kamu bisa berlangganan, dengan biaya yang bervariasi. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan mudah, seperti dengan kartu kredit.

Dengan kartu kredit, segala jenis pembayaran akan terasa lebih praktis, termasuk untuk membayar langganan aplikasi kencan online premium.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di CekAja.com!

Di masa pandemi seperti ini, kartu kredit menjadi alat pembayaran, yang sangat membantu karena sangat praktis.

Jadi, segera miliki kartu kredit terbaik, sesuai kebutuhan dan keinginanmu, yang bisa dipilih di CekAja.com, dan ajukan secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!