10 Tips Aman Masuk Kerja Saat Pandemi Corona yang Patut Dilakukan

Di saat seperti ini, sangat penting untuk kamu mengetahui sejumlah tips aman masuk kerja saat pandemi. Pasalnya, meskipun PSBB masih diterapkan di sejumlah daerah, namun bukan berarti semua karyawan bekerja dari rumah (WFH).

Beberapa bulan yang lalu, pemerintah juga mengeluarkan peraturan terkait kapasitas karyawan yang diperbolehkan masuk ke kantor.

Melansir news.detik.com, pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan, kalau gedung perkantoran baik pemerintah maupun swasta dibolehkan beroperasi dengan maksimal 25 persen dari total pegawai.

Meski peraturan tersebut sudah ditetapkan pemerintah, dan sudah diterapkan di banyak gedung perkantoran, namun bukan berarti kamu bisa bekerja seperti biasa.

Kamu tetap harus memperhatikan dan mengikuti sejumlah tips aman masuk kerja saat pandemi, agar terhindar dari risiko terpapar virus corona.

Untuk tahu lebih jelas apa saja tips aman masuk kerja saat pandemi tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Tips Aman Masuk Kerja Saat Pandemi

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa tips aman masuk kerja saat pandemi.

Yang mana, tips aman masuk kerja saat pandemi sendiri sebenarnya ada sangat banyak. Namun, kali ini CekAja.com merangkum 10 di antaranya dari berbagai sumber, sebagai berikut.

1. Selalu menggunakan masker

Tips aman masuk kerja saat pandemi yang pertama, yaitu selalu menggunakan masker. Ini menjadi hal penting yang harus diperhatikan, karena menggunakan masker dapat mencegah risiko terkena paparan droplet.

Dan untuk maskernya sendiri, kamu juga tidak bisa menggunakan sembarang jenis masker. Sebaiknya kamu menggunakan masker kain non medis, maupun masker medis apabila ketersediaannya masih banyak.

Sebab, kedua jenis masker tersebut mampu menahan virus corona masuk melalui beberapa bagian tubuh, seperti misalnya rongga hidung.

Masker sendiri perlu digunakan sejak kamu di rumah sebelum berangkat bekerja, selama perjalanan menuju tempat kerja, dan selama bekerja di kantor.

Ketika menggunakan masker, pastikan juga kalau masker tersebut memiliki ukuran yang pas dengan wajah. Sehingga bagian hidung, mulut dan dagu bisa tertutup dengan rapat.

(Baca Juga: Panduan New Normal untuk Pekerja)

2. Selalu membawa hand sanitizer

Berikutnya, kamu juga perlu membawa hand sanitizer. Tips aman masuk kerja saat pandemi yang satu ini penting dilakukan, sebagai langkah pencegahan dari risiko terpapar virus corona.

Hand sanitizer sendiri menjadi benda alternatif untuk membersihkan tangan, apabila kamu tidak bisa menemukan tempat cuci tangan ketika bepergian.

Kamu bisa menyediakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol, setidaknya 60 persen. Sebab, hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol 60 persen, ampuh membunuh virus corona dengan cepat dan efektif.

3. Hindari menyentuh barang di tempat umum

Untuk mencegah risiko terpapar virus corona, sebisa mungkin kamu hindari menyentuh barang di tempat umum.

Hal tersebut dikarenakan, tidak ada yang bisa menjamin kalau benda atau barang yang kamu sentuh tersebut higienis, dan tidak terpapar virus corona.

Sehingga, akan lebih baik jika kamu tidak menyentuh barang atau benda apapun di tempat umum, jika tidak diperlukan.

Kalaupun memang diharuskan untuk menyentuh barang atau benda di tempat umum, sebisa mungkin kamu langsung membersihkan tangan pakai hand sanitizer, atau mencucinya dengan sabun dan air mengalir.

4. Hindari menyentuh wajah

Selain menghindari menyentuh barang di tempat umum, kamu juga perlu hindari menyentuh wajah, terlebih jika kamu habis beraktivitas di luar ruangan dan menyentuh banyak benda.

Sebab, tanganmu sudah pasti mengandung banyak kuman dan bakteri, tidak terkecuali virus corona.

Maka dari itu, untuk mencegah risiko terpapar virus corona, ada baiknya kamu mencuci tangan terlebih dahulu dan memastikannya benar-benar steril, sebelum menyentuh wajah atau mengucek-ngucek mata.

5. Sebisa mungkin menggunakan kendaraan pribadi

Selama pandemi corona masih belum berakhir, sebisa mungkin kamu berangkat ke kantor menggunakan kendaraan pribadi.

Ini menjadi salah satu tips aman masuk kerja saat pandemi yang harus diperhatikan, karena kendaraan pribadi dapat menjaga dan melindungimu dari risiko terpapar virus corona.

Pasalnya, menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi untuk ke kantor sangat riskan dan berbahaya.

Bisa dibilang, kamu menempatkan diri dalam bahaya, sebab kamu berada ditengah kerumunan orang banyak yang tidak tahu apakah mereka semua sehat, atau ada yang terkena virus corona.

Oleh karena itu, dibandingkan harus menempatkan diri dalam bahaya dan meningkatkan risiko terpapar virus corona, ada baiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi sebagai transportasi untuk ke kantor.

6. Jaga jarak dengan rekan kerja

Melakukan jaga jarak dengan rekan kerja, ternyata juga menjadi tips aman masuk kerja saat pandemi yang harus dilakukan.

Hal tersebut karena, menjaga jarak dengan rekan kerja setidaknya sekitar 2 meter, dapat mencegahmu dari risiko terpapar virus corona.

Menjaga jarak sendiri tidak hanya perlu kamu lakukan di kantor saja, tetapi juga selama perjalanan menuju kantor dan lain sebagainya.

7. Tidak meminjamkan alat makan dengan rekan kerja

Tips aman masuk kerja saat pandemi yang satu ini, bisa dibilang merupakan tips yang krusial dan penting untuk dilakukan.

Sebab, alat makan adalah hal pribadi yang seharusnya tidak dipinjam orang lain, terlebih dalam kondisi seperti saat ini.

Apabila di kondisi tertentu kamu bersedia meminjamkan alat makan kepada rekan kerja, maka pastikan kalau kamu tidak menggunakannya kembali di waktu yang sama, dan alat makan tersebut sudah dicuci bersih oleh rekan kerja yang memakainya sebelum dikembalikan kepadamu.

Hal itu perlu kamu ketahui dan beritahukan kepada rekan kerja, guna menghindari penularan virus corona melalui benda.

8. Konsumsi makanan sehat dan bernutrisi

Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, nyatanya juga menjadi bagian dari tips aman masuk kerja saat pandemi.

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, nantinya tubuh akan lebih fit dan segar. Sehingga, kamu memiliki imun tubuh yang baik dan tidak mudah terkena berbagai macam virus, termasuk virus corona.

Untuk jenis makanan sehatnya sendiri, kamu bisa mengonsumsi daging segar, buah dan sayur-sayuran.

Selain itu, pastikan juga kalau kamu mendapat asupan cairan yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Tidak hanya itu saja, agar imunitas tubuh semakin kuat kamu juga bisa menunjangnya dengan konsumsi vitamin, madu dan lain sebagainya.

Rutin berolahraga dan istirahat yang cukup juga penting untuk diperhatikan. Karena pola hidup sehat juga dapat meminimalisir risiko terpapar virus corona.

9. Selalu cuci tangan dan mengganti pakaian

Ini mungkin bukan tips aman masuk kerja saat pandemi, namun ini menjadi bagian penting yang harus dilakukan dalam mencegah risiko penularan, khususnya ketika pulang kerja.

Sesampainya di rumah, pastikan kamu langsung mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum menyentuh benda apapun.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengganti pakaian yang digunakan dengan pakaian bersih, agar tubuh benar-benar terbebas dari kuman, bakteri maupun virus corona yang menempel di pakaian.

10. Selalu bersih-bersih saat pulang kerja

Sebenarnya, sebelum mengganti pakaian akan lebih baik jika kamu bersih-bersih badan dan mandi terlebih dahulu.

Selain membuat tubuh menjadi lebih segar, kamu juga membuat tubuh bersih kembali dari semua kuman, bakteri dan virus yang menempel.

Dengan begitu, kamu bisa beristirahat dengan tenang dalam kondisi tubuh yang segar. Bahkan, kualitas tidur mu pun akan lebih baik, karena kamu tidur dengan nyenyak.

(Baca Juga: Tips Mencari Lowongan Pekerjaan Saat Pandemi)

Itulah beberapa tips aman masuk kerja saat pandemi, yang sudah kamu ketahui secara lengkap dan jelas di pembahasan sebelumnya.

Semua tips tersebut penting untuk dilakukan, agar kamu terhindar dari risiko terpapar virus corona.

Karena jika kamu terpapar virus corona dan sudah dinyatakan positif, maka kamu harus ditangani secara khusus di rumah sakit selama beberapa waktu, sampai kamu dinyatakan sehat.

Itu tentu saja akan memakan banyak waktu dan biaya. Kamu mungkin akan kewalahan dalam hal biaya jika tidak menggunakan asuransi kesehatan.

Maka dari itu, sebelum hal itu terjadi ada baiknya kamu segera melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan memberikan banyak keuntungan, salah satunya yaitu menanggung semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Jika ingin menggunakan asuransi kesehatan, kamu pun tidak perlu bingung harus mengajukan kemana. Langsung saja ajukan secara online melalui CekAja.com.

Karena di sana tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga, dan dapatkan perlindungan kesehatan yang optimal!