Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Tips Aman Mencari Pinjaman Online Pribadi

by Satrya Agung on 16 Juni, 2016

pinjaman bank - CekAja.com

Kebutuhan uang secara mendadak memang sering dialami banyak orang. Meskipun telah mengelola uang dengan baik dan bisa menutupi kebutuhan di luar dugaan, tetap saja akan ada yang tidak mampu dicukupi.

Alternatif yang kerap kali dilakukan adalah dengan mengajukan pinjaman. Terdapat berbagai macam pilihan seperti menggunakan kartu kredit, meminjam ke bank, maupun mengajukan pinjaman KTA.

Seiring dengan perkembangan teknologi, dunia online seperti sudah mengambil peran yang besar bagi kehidupan masyarakat. Kali ini bukan hanya sekedar memperoleh berita atau chatting dengan teman-teman, dunia online juga mulai berkembang sebagai sarana pinjaman dana tunai cepat.

Jika dipikirkan dengan seksama, sepertinya hal yang mustahil dan tidak aman apabila meminjam uang dengan cara online. Lantas, apa yang harus diperhatikan agar aman mencari pinjaman online pribadi yang terpercaya dan tidak merugikan ? Simak tipsnya berikut ini.

Memeriksa latar belakang situs pinjaman online

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman dana secara online, Anda perlu memeriksa keamanan dan latar belakang dari situs tersebut. Ketika mengajukan, maka semua data pribadi Anda pasti akan masuk ke dalamnya. Jangan sampai dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anda perlu mengetahui reputasi dari situs tersebut, dan memastikan bahwa uang pinjaman akan diterima tanpa banyak halangan. Dunia online memang memberikan banyak kemudahan hingga keamanan pun menjadi taruhannya. Anda harus ekstra hati-hati dalam melakukan tindakan ini.

Tentukan cicilan setiap bulan sesuai kemampuan

Dalam mengajukan pinjaman, perlu mempertimbangkan kondisi keuangan Anda. Sesuaikan dengan kemampuan membayar setiap bulannya. Besarnya cicilan tersebut jangan sampai menjadi beban keuangan.

Pastikan Anda telah menghitung kisaran biaya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dan ditambah dengan kewajiban membayar cicilan. Pilihlah situs pinjaman online yang bisa menawarkan cicilan rendah dan tidak merugikan Anda. Kelancaran membayar cicilan sangat penting untuk diperhatikan.

Syarat mengajukan pinjaman online

Pastikan Anda mengetahui dan memahami setiap persyaratan untuk melakukan pinjaman. Perhatikan juga bahwa syarat yang ada seharusnya cukup mudah untuk dipenuhi. Umumnya yaitu mengharuskan untuk mengirim scan KTP, foto pribadi, slip gaji, buku tabungan, serta memiliki email.

Jika persyaratan dianggap sudah tidak masuk akal dan berlebihan, baiknya jangan diteruskan. Anda harus memahami betul setiap instruksi yang diberikan demi keamanan dan kelancaran proses tersebut.

Lama pencairan uang yang dipinjam

Untuk lama pencairan ini sebenarnya tergantung dari seberapa banyak nasabah yang mengajukan pinjaman ke situs tersebut. Namun ada yang bisa menjaminkan bahwa situs pinjaman online pribadi tersebut akan mencairkan uang yang hendak dipinjam paling lama 2 hari.

Anda akan diberikan informasi lebih lanjut oleh pihak yang bersangkutan. Pastikan untuk memilih tempat pinjaman yang bisa memberikan kepastian kapan uang tersebut akan dicairkan. Anda tentunya tidak ingin menunggu lama bukan ?

Memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang memang bukan perkara yang mudah terlebih lagi jika satu-satunya cara yang bisa ditempuh adalah melalui pinjaman online pribadi. Alternatif pilihan pinjaman memang banyak, tapi masing-masing pastilah memiliki kebijakan dan ketentuannya sendiri yang tak jarang sulit ditembus oleh masyarakat.

Terutama jika benar-benar sedang membutuhkan uang namun tidak juga disetujui oleh pihak bank. Dengan menggunakan situs online untuk meminjam uang memang memiliki resikonya tersendiri, tapi tidak perlu terlalu khawatir jika Anda berhati-hati dan memahami dengan baik peraturannya. Demikian tips aman yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan informasi tersebut.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.