Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Tips Aman Pakai Kartu Kredit Bagi Milenial, Selaraskan dengan Cek Saldo Maybank

by CekAja on 9 April, 2019

Kecanggihan teknologi seharusnya membuat generasi milenial lebih peka dengan urusan finansial. Banyak urusan keuangan yang bisa dengan mudah dilakukan berkat pemanfaatan teknologi, mulai dari urusan mengecek saldo tabungan, berinvestasi, mencari pinjaman, sampai mengulik informasi soal kartu kredit yang paling pas dengan kebutuhan kamu.

buka bersama hemat _ kartu kredit - CekAja.com

Kendati demikian, ternyata masih banyak generasi milenial yang sudah memiliki kartu kredit namun ceroboh dalam menggunakannya karena terjebak dalam gaya hidup boros. Untuk terhindar menjadi salah satu diantaranya, cermati tips-tips ini agar kamu bisa menggunakan kartu kredit secara tepat guna:

1. Pastikan kondisi finansial

Hal pertama yang mesti kamu lakukan ketika menggunakan kartu kredit adalah memastikan kesiapan kondisi finansial. Rutinlah memeriksa saldo tabungan secara teratur untuk menghitung kemampuan membayar tagihan kartu kredit sebelum kamu gunakan.

Jika kamu adalah nasabah baru Bank Maybank (BII), kamu bisa mengecek saldo tabungan dengan beberapa cara ini:

  • Cek Saldo Bank Maybank via ATM

Cara cek saldo yang satu ini paling sering dilakukan generasi milenial. Kamu tinggal mengunjungi mesin ATM dan menggunakan kartu ATM serta PIN. Selanjutnya, pilihlah menu informasi rekening untuk mengakses informasi saldo tabungan kamu.

  • Cek Saldo Bank Maybank SMS+ Banking

Maybank juga memiliki aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi perbankan kamu. Agar bisa mengakses aplikasi tersebut, kamu harus memiliki user ID dan password terlebih dahulu.

Kunjungi kantor cabang terdekat atau manfaatkan fitur ATM untuk melakukan proses registrasi. Jika kamu sudah berhasil login di aplikasi mobile tersebut, maka kamu bisa segera mengecek saldo tabungan.

  • Cek Saldo Bank Maybank Internet Banking

Kalau kamu lebih menyukai akses aplikasi bank melalui laptop, gunakan fasilitas internet banking Maybank. Cara penggunaannya serupa dengan SMS+ Banking, kamu mesti memiliki user ID agar bisa login. Ketika sudah berhasil login, kamu bisa mengecek saldo tabungan dan melakukan transaksi lainnya secara mudah.

2. Pilih kartu kredit yang bermanfaat

Semua produk kartu kredit pasti berusaha menawarkan berbagai keunggulan. Namun, tidak semua keunggulan tersebut bermanfaat bagi kamu.

(Baca juga: Kartu Kredit Khusus Penggila Bola, Apa Saja Kelebihannya?)

Jadi, kamu harus bersikap proaktif ketika mencari tahu tentang manfaat kartu kredit. Beberapa manfaat yang sering kita butuhkan antara lain bunga yang ringan, promo cicilan 0%, dan bebas biaya tahunan. Dengan demikian, kamu bisa memanfaatkan kartu kredit tersebut semaksimal mungkin bila sudah memilikinya.

3. Nominal limit kecil saja

Kamu tak perlu terburu-buru menggunakan kartu kredit dengan limit yang besar. Karena penggunaan kartu kredit yang aman dihitung berdasarkan pendapatan rutin yang kamu dapatkan.

Limit kartu kredit yang kecil akan membantu kamu menyesuaikan penggunaannya. Sehingga kamu tak mudah tergoda bersikap konsumtif karena limit kartu kredit yang besar.

Jika nanti kartu kredit kamu mendapatkan kenaikan limit, dipastikan kamu dituntut untuk lebih bijak memanfaatkannya untuk hal-hal yang benar-benar penting.

4. Jangan hanya bayar tagihan minimal

Tagihan kartu kredit yang dikirimkan bank biasanya akan memuat biaya minimal yang mesti kamu bayarkan. Hal tersebut mungkin membuat kamu berpikir untuk tidak terburu-buru melunasi seluruh tagihan.

Padahal, membayar biaya minimal berisiko membuat utang menumpuk dan kamu tergerak untuk semakin konsumtif. Hingga akhirnya tagihan kartu kredit tersebut mencapai limit dan kamu semakin kesulitan melunasinya.

5. Manfaatkan cicilan 0 persen

Salah satu promo kartu kredit yang bermanfaat untuk mendukung kondisi finansial kamu adalah cicilan 0 persen. Promo tersebut memungkinkan kamu untuk mengajukan kredit produk elektronik atau barang-barang lainnya tanpa bunga kredit sama sekali.

Sehingga kamu hanya perlu membayar jumlah uang yang sama dengan membeli secara tunai. Namun, selalu ingat untuk membayar tagihannya tepat waktu supaya kamu tidak dibebani oleh denda atau akumulasi bunga akibat keterlambatan pembayaran.

6. Gunakan promo lainnya

Selain promo cicilan 0 persen, biasanya kartu kredit juga bekerja sama dengan merchant-merchant tertentu untuk mengadakan promo diskon khusus. Bahkan, diskonnya bisa mencapai angka 50 persen dengan syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi.

Untuk memaksimalkan penghematan, sebaiknya manfaatkan promo tersebut. Jangan malas mencari informasi tentang merchant-merchant yang sedang memberlakukan promo khusus dalam kurun waktu tertentu.

7. Hindari tarik tunai dari kartu kredit

Ternyata tak sedikit orang yang sering memanfaatkan kartu kredit untuk mengambil uang tunai. Kebiasaan tersebut menunjukkan kondisi finansial yang labil hingga tidak memiliki uang tunai dalam jumlah cukup.

Sebaiknya kamu tidak memulai kebiasaan ini saat menggunakan kartu kredit. Karena nantinya kamu tetap harus membayar tagihan kartu kredit beserta bunganya. Jika kesulitan membayar, maka tagihan kartu kredit akan terus-menerus terakumulasi dengan bunga.

8. Pakai satu kartu kredit saja

Keputusan untuk menggunakan lebih dari satu kredit memang menjadi hak kamu. Tetapi satu kartu kredit sudah cukup untuk menunjang kebutuhan finansial. Karena memiliki banyak kartu kredit berarti harus siap dengan tagihan yang menumpuk bila kamu menggunakannya secara berlebihan.

(Baca juga: 4 Cara Cek Tagihan Listrik, Bayarnya? Pakai Kartu Kredit Aja)

Pilihlah kartu kredit dengan fasilitas terbaik yang bisa digunakan hingga taraf internasional. Jika kamu menggunakan kartu kredit dengan benar, biasanya limit kartu kredit tersebut akan ditingkatkan secara bertahap. Satu kartu kredit dengan limit besar pasti lebih dari cukup untuk gaya hidup kamu.

Kartu kredit bukanlah benda haram yang membuat kamu terlilit utang. Jika kamu tahu cara menggunakannya secara bijak, kartu kredit justru akan memberikan banyak kemudahan finansial.

Temukan artikel dan tips menggunakan kartu kredit lainnya dari CekAja.com, yang juga siap membantumu menemukan kartu kredit sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

eCommerce Finansial Pertama di Indonesia

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami