9 Tips Aman Saat Makan di Luar Rumah Ketika Pandemi Covid-19

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Mengetahui tips aman saat makan di luar rumah, rasanya sangat penting di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Sebab, hal tersebut dapat membantumu terhindar dari kemungkinan terinfeksi virus tersebut.

Dilonggarkannnya peraturan PSBB oleh pemerintah di beberapa daerah, bagi sebagian orang kini dijadikan sebagai ajang untuk kembali menikmati suasana luar, setelah melakukan karantina diri di rumah selama beberapa bulan.

Salah satu hal yang dilakukan oleh banyak orang, sejak masa PSBB dilonggarkan adalah berkunjung ke restoran favorit. Hanya saja, sebelum berkunjung ke restoran kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips aman saat makan di luar rumah.

Pada dasarnya, tips aman saat makan di luar rumah ada banyak. Namun garis besarnya adalah kamu harus menjaga kebersihan dan keamanan tubuh, dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, kamu juga harus membawa beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti hand sanitizer, masker, tisu basah, dan lain sebagainya. Jika sudah begitu, apakah kegiatan makan di luar rumah sudah aman?

Apakah Aman Makan di Luar Rumah?

Jika berbicara tentang keamanan makan di luar rumah sebenarnya belum bisa dikatakan aman. Maka dari itu, mengetahui tips aman saat makan di luar rumah sangat penting.

Sebab, makan di luar rumah sebenarnya sangat berisiko, khususnya bagi orang lanjut usia dan orang-orang yang memiliki penyakit kronis.

Hal tersebut sesuai dengan yang dikatakan para ahli, bahwa virus Covid-19 bisa sangat berdampak pada orang-orang berusia lanjut, yaitu 50 tahun ke atas dan pemilik penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan paru-paru.

(Baca Juga: Penularan Virus Corona Lewat Makanan)

Orang-orang tersebut sangat disarankan untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah dibandingkan ke luar rumah. Pasalnya, jika memaksakan diri untuk tetap beraktivitas di luar rumah, risiko yang akan didapat cenderung lebih besar.

Sebab, orang-orang tersebut memiliki imunitas tubuh yang rendah, sehingga akan sangat rentan terserang penyakit. Sementara, untuk orang-orang yang memiliki imunitas tinggi, jika ingin pergi keluar rumah sebaiknya pergi secukupnya saja.

Kemudian, orang-orang tersebut juga harus selalu memastikan kebersihan diri, dengan selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, hindari menyentuh area wajah dan berkunjung ke tempat yang ramai.

Tips Aman saat Makan di Luar Rumah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa mengetahui tips aman saat makan di luar rumah sangat penting, untuk menjaga diri agar terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Tips aman saat makan di luar rumah pun sebenarnya ada banyak, namun pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum sembilan tips dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak bersama-sama.

1. Pilih restoran dengan kebersihan dan keamanan yang ketat

Tips aman saat makan di luar rumah yang pertama adalah pastikan kamu memilih restoran yang menjaga kebersihan dan keamanan dengan ketat.

Karena, di tengah pandemi seperti saat ini, restoran sangat penting untuk mengambil langkah preventif, dengan memperketat sistem kebersihan dan keamanan, agar restoran tidak menjadi salah satu tempat terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Langkah preventif yang seharusnya dilakukan oleh setiap restoran, yaitu dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pengunjung masuk ke area restoran.

Setelah itu, pengunjung diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan terlebih dahulu dan duduk di tempat yang sudah disediakan.

Namun sayangnya, belum semua restoran menerapkan tindakan preventif semacam itu. Masih banyak restoran yang beroperasi dan mengabaikan protokol kesehatan.

Makanya, sebelum kamu memutuskan ingin makan diluar, pastikan dahulu bahwa restoran yang akan dituju sudah menerapkan tindakan preventif sesuai dengan protokol kesehatan.

2. Selalu gunakan masker atau face shield

Penggunaan masker atau face shield menjadi salah satu tips aman makan di luar rumah yang wajib kamu lakukan. Pasalnya, masker atau face shield dapat melindungimu dari paparan droplet yang mungkin berisi virus Covid-19, dari orang sekitar yang batuk atau bersin.

Masker dan face shield ini wajib digunakan oleh semua orang, tidak terkecuali pegawai restoran itu sendiri. Sebab, pegawai restoran juga bisa menjadi pihak yang menularkan virus Covid-19.

Untuk itu, pegawai restoran harus menggunakan semua perlengkapan tersebut, termasuk sarung tangan.

3. Membawa peralatan makan sendiri

Berikutnya, kamu juga harus membawa peralatan sendiri jika ingin makan di luar rumah. Tips aman saat makan di luar rumah yang satu ini, penting diperhatikan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Ketika kamu makan di luar rumah, baik di restoran atau pedagang kaki lima, kamu tidak bisa menjamin kalau semua peralatan makan yang disediakan restoran atau penjual, bersih dan higienis.

Sehingga, akan lebih baik jika kamu membawa peralatan makan sendiri, untuk mencegah risiko terjadinya penularan.

4. Memberi jarak antara meja dan kursi pengunjung

Tips aman saat makan di luar rumah yang keempat adalah memastikan bahwa restoran yang kamu pilih sudah memberi jarak antara meja dan kursi setiap pengunjung.

Seperti yang diketahui, bahwa virus Covid-19 bisa terbang hingga sejauh 1,8 meter atau kurang lebih sekitar enam kaki.

Sehingga, pihak restoran harus memberi jarak antara meja dan kursi pengunjung kurang lebih sejauh 2 meter, untuk memastikan bahwa setiap pengunjungnya aman dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Tetapi, jika kamu pergi ke restoran yang belum menerapkan physical distancing atau kamu makan di pedagang kaki lima, maka kamu bisa menerapkan sendiri physical distancing dengan memberi jarak antar tempat duduk kamu dengan pengunjung lainnya. Dengan begitu, maka protokol kesehatan tetap dilakukan dan kamu tetap aman.

5. Selalu cuci tangan dengan bersih

Selalu mencuci tangan dengan bersih juga menjadi bagian dari tips aman makan di luar rumah. Sebab, dengan mencuci tangan, virus Covid-19 yang mungkin ada ditanganmu, akan mati dan terbawa dengan air mengalir.

Oleh karena itu, kamu harus rajin mencuci tangan dengan bersih, setidaknya selama 20 menit setiap ingin makan dan sesudah makan.

Namun, jika di tempat kamu makan tidak ada air bersih atau air mengalir, maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang kamu bawa atau yang disediakan.

6. Pilih tempat di luar ruangan (outdoor)

Dibandingkan makan di dalam ruangan restoran, ada baiknya kamu memilih makan di halaman luar restoran (outdoor).

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga telah memberikan rekomendasi kepada orang-orang, untuk lebih memilih restoran yang menawarkan tempat duduk di halaman luar restoran.

Hal tersebut pasalnya sangat berguna, agar setiap orang dapat saling menjaga jarak dengan mudah. Tidak hanya itu, ruangan terbuka juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik untuk tubuh, sehingga risiko seseorang terpapar virus Covid-19 sedikit berkurang. Bagaimana, tips aman saat makan di luar rumah yang satu ini sangat berguna, bukan?

7. Hindari dahulu datang ke restoran AYCE

Meski menjadi salah satu aktivitas favorit banyak orang, namun makan di restoran All You Can Eat (AYCE) kini harus dihindari terlebih dahulu. Karena, tips aman saat makan di luar rumah ini mampu menjaga kamu dari kemungkinan terpapar virus Covid-19, dari satu orang ke orang lainnya.

Seperti yang diketahui, sistem penyajian dari restoran AYCE sendiri adalah prasmanan. Yang mana, setiap pengunjung akan mengambil makanan yang sudah disediakan sendiri, menggunakan peralatan yang digunakan bersama-sama dengan pengunjung lainnya.

Oleh karena itu, restoran yang mengusung konsep prasmanan bisa menjadi salah satu penyebab penularan virus corona.

8. Membawa pulang makanan yang dibeli

Tips aman saat makan di luar rumah yang kedelapan adalah dengan membawa pulang makanan yang dibeli atau take away. Ini menjadi salah satu cara yang sangat ampuh untuk mencegah penularan virus Covid-19, apabila restoran tidak menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, untuk benar-benar menjaga kebersihan makanan, kamu bisa membawa tempat makan dan minum sendiri dari rumah. Dengan demikian, kamu bisa meminta pihak restoran untuk meletakkan makanan dan minuman yang kamu pesan ke dalam wadah yang kamu berikan.

9. Jangan mengunjungi restoran saat jam sibuk

Tips aman saat makan di luar rumah yang terakhir adalah tidak mengunjungi restoran saat jam sibuk, seperti misalnya pada saat jam makan siang, malam hari dan weekend.

Hal tersebut dikarenakan, ketika restoran sedang ramai kamu tidak bisa menjaga jarak setidaknya 2 meter dengan pengunjung lainnya.

Terlebih, pemerintah sendiri telah memberikan anjuran kepada masyarakat, agar tidak berkunjung terlebih dahulu ke restoran yang ramai, guna meminimalisir penularan.

Namun, jika kamu memang ingin berkunjung ke restoran, sebaiknya kamu datang di waktu-waktu sepi pengunjung, seperti misalnya pagi hari sekitar jam 9-11 siang atau jam 2-4 sore.

(Baca Juga: Makanan Unik Bertema Corona)

Itulah beberapa tips aman saat makan di luar rumah yang perlu kamu ketahui dan terapkan. Semua tips tersebut dapat membantumu menjaga diri dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Pasalnya, virus Covid-19 bisa menyerang siapa saja, baik orang yang berusia muda atau tua, orang yang sehat maupun sakit semuanya memiliki peluang untuk terinfeksi virus Covid-19.

Namun, bagi orang-orang yang berusia lanjut dan memiliki penyakit kronis, risiko untuk terinfeksi virus Covid-19 akan lebih besar.

Maka dari itu, semua orang wajib untuk menjaga kesehatan dan kebersihan diri dengan cara mengikuti protokol kesehatan, agar terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Sebab, jika sudah terinfeksi, maka kamu harus langsung mendapatkan pengobatan dan perawatan khusus, agar tidak menularkannya kembali ke orang lain.

Dan proses pengobatannya pun tidak sebentar. Kamu harus dikarantina sampai semua virus Covid-19 yang ada di dalam tubuh benar-benar hilang. Bayangkan, berapa besar biaya yang harus kamu keluarkan selama pengobatan?

Bisa dibilang kamu harus mengeluarkan biaya hingga belasan juta rupiah atau bahkan lebih, selama proses pengobatan berlangsung apabila kamu tidak menggunakan asuransi kesehatan.

Namun, jika kamu memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu lagi khawatir perihal biaya. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Untuk itu, buat kamu yang belum memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa langsung membuatnya sejak dini secara online melalui CekAja.com.

Sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com menyediakan berbagai jenis produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com pun mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani